Kota Semarang Nomor 1 Kasus Kematian Covid-19 Terbanyak

Kota Semarang menjadi daerah dengan kasus kematian Covid-19 terbanyak se-Indonesia menurut laporcovid19.

 Ilustrasi pemakaman jenazah positif Covid-19. (Dok.Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemakaman jenazah positif Covid-19. (Dok.Solopos)

Solopos.com, SEMARANG — Angka kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Kendati pemerintah telah menyatakan adanya penurunan kasus harian Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir seiring turunnya level PPKM di sejumlah daerah.

Tim koalisi warga LaporCovid-19 bahkan menyebut ada sekitar 45 kabupaten/kota di Indonesia yang angka kasus kematiannya lebih dari 1.000 jiwa. Dari 45 kabupaten/kota itu, angka kematian paling tinggi ada di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Dikutip dari akun Instagram @laporcovid19, Kamis (23/9/2021), Kota Semarang menempati urutan teratas dengan jumlah kasus kematian Covid-19 di Indonesia mencapai 6.474 jiwa. Sementara urutan kedua ditempati Jakarta Selatan dengan 4.520 kasus kematian. Jakarta Pusat menempati urutan ketiga dengan kasus kematian mencapai 3.382 jiwa.

Baca Juga: UKSW dan TNI Gelar Vaksinasi Massal Bagi Pelajar dan Masyarakat Umum

Sedangkan urutan keempat kembali ditempati daerah di Jateng, yakni Kabupaten Klaten dengan 2.900 kasus. Kota Surabaya berada di urutan kelima dengan 2.533 kasus. Disusul Kota Depak, Jawa Barat (Jabar) dengan 2.097 kasus kematian dan Jakarta Timur di urutan ketujuh dengan 2.067 kasus.

Di posisi kedelapan ada Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan 1.879 kasus kematian. Diikuti Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) dengan 1.858 kasus dan Jakarta Barat di urutan kesepuluh dengan 1.814 kasus.

Jangan Terlena

Masih tingginya kasus kematian ini pun membuat LaporCovid-19 meminta agar masyarakat dan pemerintah tidak terlena. Selain mengimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan protokol kesehatan, LaporCovid-19 juga meminta pemerintah untuk melakukan pembatasan, terutama terhadap warga negara asing sebagai langkah pencegahan masuknya varian baru.

Baca Juga: Ini Daftar Objek Wisata di Jateng yang Wajib Tunjukkan Aplikasi PeduliLindungi

“Ribuan nyawa telah gugur akibat pandemi Covid-19. Ada 45 Kota/Kabupaten yang mencatatkan lebih dari 1.000 kematian. 3T harus ditingkatkan. Jangan justru terus menurun. Pandemi urung usai. Pemerintah dan masyarakat jangan terlena. Akses masuk harus dibatasi, agar varian virus baru tidak masuk. Percepat vaksinasi, terutama untuk kelompok rentan,” tulis akun @laporcovid19 di Instagram.

Sementara itu, berdasarkan data yang diumumkan Satgas Covid-19, ada tambahan 160 kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia per 23 September 2021. Sedangkan jumlah kasus keseluruhan mencapai 4.201.559, dengan perincian 4.012.448 kasus sembuh, 47.997 kasus aktif, dan 141.114 kasus kematian.


Berita Terkait

Berita Terkini

Toloong...9 Anak Buah Kapal Hilang Ditelan Ombak Laut Bali

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) melakukan pencarian terhadap 9 orang ABK KM Liberty 1 yang hilang ditelan ombak,

Dicolek Soal Tarif PCR Rp96.000, Puan Justru Apreasiasi Jokowi

Puan mengingatkan tarif Rp300.000 masih akan membebani rakyat karena harga tiket transportasi massal banyak yang lebih murah dari harga tes PCR.

Begini Kronologi Polisi Kutalimbaru Cabuli Istri Tersangka Narkoba

Hadi mengaku saat ini Kapolsek beserta kanit serta enam penyidik Polsek Kutalimbaru telah dibebastugaskan.

Syarat PCR untuk Naik Pesawat Resmi Digugat ke PTUN

Joman menganggap Inmedagri yang dikeluarkan Tito Karnavian soal syarat PCR untuk naik pesawat melanggar Undang Undang Dasar (UUD).

Ini Gelar Sukmawati Soekarnoputri Setelah Menganut Agama Hindu

Putri Presiden Sukarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, resmi menjadi penganut agama Hindu setelah menjalani prosesi upacara Sudhi Wadani.

Sejarah Hari Ini: 27 Oktober 1928, Kongres Pemuda II Dihelat di Jakarta

Aneka peristiwa terjadi di dunia pada 27 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya terkait dimulainya Kongres Pemuda II di Jakarta.

5 Bocah Main Air di Sungai, 1 Hilang

Keceriaan lima bocah itu berubah menjadi malapetaka setelah terdengar suara teriakan minta tolong dari para korban.

Ustaz di Lampung Unggah Video Dibegal, Eh Ternyata Abal-Abal

Karena menyebut nama Lampung, video rekayasa pembegalan itu dianggap membikin resah.

Tarif PCR di India Murah Banget Rp160.000an, Ternyata Ini Sebabnya

Budi Gunadi menekankan pemerintah tidak akan memberikan subsidi harga tes PCR karena harganya sudah cukup murah dibandingkan negara lain.

Presiden Minta Kantin dan Tempat Parkir Diwaspadai, Ada Apa Ya?

Seiring dengan pembelajaran tatap muka yang sudah dimulai, Presiden meminta kewaspadaan tinggi di kantin dan tempat parkir.

Babat Polisi Jahat, Kapolri: Saya Ingin Polri Dicintai Masyarakat

Kapolri ingin polisi menjadi kebanggaan dan dicintai masyarakat.

Lagi 1 Juta Dosis Vaksin Sinovac Diterima Pemerintah Indonesia

Indonesia saat ini adalah salah satu negara dengan capaian vaksinasi tertinggi di dunia dan tetap menjaga ketersediaan vaksin.

Sukmawati: Sukarno Pancasilais, Bebaskan Agama Anak-Anaknya

Sukarno merupakan sosok yang sangat Pancasilais, yang mengajarkan kebinekaan harus menjadi prinsip utama bagi warga negara Indonesia.

Misteri Meninggalnya Atlet Voli Wanita Afghanistan, Ini Fakta Terbaru

Para pemimpin perempuan Afghanistan juga mengklaim merasa terancam. Namun, kebangkitan Taliban dengan memegang kekuasaan juga telah menimbulkan misinformasi.

Angka Kematian Covid-19 Melonjak, Rusia Lakukan Lockdown Parsial

Rusia mencatat angka kematian Covid-19 tertinggi, di tengah lonjakan kasus baru yang memicu otoritas memberlakukan kembali langkah penguncian (lockdown) parsial.