Kuliah Perdana ITNY : Generasi Z Harus Bisa Berkompetisi dalam Perkembangan Teknologi

Menjelang dimulainya Tahun Akademik 2021/2022, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan kuliah perdana.

 Kuliah Perdana bagi Mahasiswa Baru dengan tema “Merdeka Belajar di Era Pandemi” pada Kamis (23/9/2021) secara virtual. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Kuliah Perdana bagi Mahasiswa Baru dengan tema “Merdeka Belajar di Era Pandemi” pada Kamis (23/9/2021) secara virtual. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Menjelang dimulainya Tahun Akademik 2021/2022, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan kuliah perdana bagi mahasiswa baru dengan tema “Merdeka Belajar di Era Pandemi” pada Kamis (23/9/2021) secara virtual.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut sekaligus memberikan motivasi bagi mahasiswa baru agar mampu mengikuti perkuliahan dengan baik dan mencapai hasil yang optimal.

Hadir sebagai nara sumber adalah Kepala Balai Air Tanah, Direktorat Air Tanah dan Air Baku, Direktorat Jendral SDA, Kementerian PUPR, Dr. Ahmad Taufiq, ST, MT, Ph.D dan nara sumber kedua adalah Arhad Hartadi, S.T yang merupakan QS Procurement Shimizu Corporation. Acara ini dipandu oleh moderator Rizal Maulana, S.T., M.T., dosen Prodi Teknik Sipil ITNY.

Baca Juga: Solopos Hari Ini: PTM Jalan Terus, Dalang Mengamen Menjemput Rezeki

Dalam pemaparannya, Ahmad Taufiq yang biasa disapa Pak AT menjelaskan tentang bagaimana mahasiswa baru sebagai generasi Z bisa berkompetisi dalam perkembangan teknologi. Ia menyampaikan bahwa mahasiswa harus bisa critics, creative, dan connective.

“Di era industri 4.0 ini kreativitas dan koneksi sangat dibutuhkan mengingat kemudahan teknologi sudah berbeda dengan generasi Y,” ungkap Ahmad Taufiq

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY).
Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY).

Baca Juga: Harga BBM di Indonesia Paling Murah Se-Asia Tenggara? Cek Perbandingannya

Sementara itu, Arhad menceritakan tentang pengalamannya menjadi mahasiswa ITNY. Ia menjelaskan betapa pentingnya keseimbangan antara hard skill dan soft skill. Keseimbangan antara keduanya akan menjadikan mahasiswa lulusan ITNY mampu menempati posisi strategis dalam pekerjaan.

“Mahasiswa harus mampu berorganisasi dengan baik untuk belajar soft skill dan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya sebagai hard skill”, jelas alumnus ITNY tersebut.

Acara kuliah perdana berlangsung dengan baik dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru ITNY dengan antusias. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa baru ITNY.


Berita Terkait

Berita Terkini

LaSalle College Surabaya Usung Tema Unification dalam Graduation Show

Dalam setiap wisuda, LaSalle College Surabaya menampilkan tema menarik yang telah dieksplorasi dan dipoles dengan cermat.

Bikin Resah NU, Menteri Yaqut Cholil Diminta Sowan Kiai Sepuh

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas diminta sowan kepada kiai-kiai NU pasca ramainya pernyataan dirinya yang menyebut Kemenag merupakan hadiah bagi NU.

Toloong...9 Anak Buah Kapal Hilang Ditelan Ombak Laut Bali

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) melakukan pencarian terhadap 9 orang ABK KM Liberty 1 yang hilang ditelan ombak,

Dicolek Soal Tarif PCR Rp96.000, Puan Justru Apreasiasi Jokowi

Puan mengingatkan tarif Rp300.000 masih akan membebani rakyat karena harga tiket transportasi massal banyak yang lebih murah dari harga tes PCR.

Begini Kronologi Polisi Kutalimbaru Cabuli Istri Tersangka Narkoba

Hadi mengaku saat ini Kapolsek beserta kanit serta enam penyidik Polsek Kutalimbaru telah dibebastugaskan.

Syarat PCR untuk Naik Pesawat Resmi Digugat ke PTUN

Joman menganggap Inmedagri yang dikeluarkan Tito Karnavian soal syarat PCR untuk naik pesawat melanggar Undang Undang Dasar (UUD).

Ini Gelar Sukmawati Soekarnoputri Setelah Menganut Agama Hindu

Putri Presiden Sukarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, resmi menjadi penganut agama Hindu setelah menjalani prosesi upacara Sudhi Wadani.

Sejarah Hari Ini: 27 Oktober 1928, Kongres Pemuda II Dihelat di Jakarta

Aneka peristiwa terjadi di dunia pada 27 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya terkait dimulainya Kongres Pemuda II di Jakarta.

5 Bocah Main Air di Sungai, 1 Hilang

Keceriaan lima bocah itu berubah menjadi malapetaka setelah terdengar suara teriakan minta tolong dari para korban.

Ustaz di Lampung Unggah Video Dibegal, Eh Ternyata Abal-Abal

Karena menyebut nama Lampung, video rekayasa pembegalan itu dianggap membikin resah.

Tarif PCR di India Murah Banget Rp160.000an, Ternyata Ini Sebabnya

Budi Gunadi menekankan pemerintah tidak akan memberikan subsidi harga tes PCR karena harganya sudah cukup murah dibandingkan negara lain.

Presiden Minta Kantin dan Tempat Parkir Diwaspadai, Ada Apa Ya?

Seiring dengan pembelajaran tatap muka yang sudah dimulai, Presiden meminta kewaspadaan tinggi di kantin dan tempat parkir.

Babat Polisi Jahat, Kapolri: Saya Ingin Polri Dicintai Masyarakat

Kapolri ingin polisi menjadi kebanggaan dan dicintai masyarakat.

Lagi 1 Juta Dosis Vaksin Sinovac Diterima Pemerintah Indonesia

Indonesia saat ini adalah salah satu negara dengan capaian vaksinasi tertinggi di dunia dan tetap menjaga ketersediaan vaksin.

Sukmawati: Sukarno Pancasilais, Bebaskan Agama Anak-Anaknya

Sukarno merupakan sosok yang sangat Pancasilais, yang mengajarkan kebinekaan harus menjadi prinsip utama bagi warga negara Indonesia.

Misteri Meninggalnya Atlet Voli Wanita Afghanistan, Ini Fakta Terbaru

Para pemimpin perempuan Afghanistan juga mengklaim merasa terancam. Namun, kebangkitan Taliban dengan memegang kekuasaan juga telah menimbulkan misinformasi.