Kunjungi Solo, Menko Airlangga Beri Dukungan untuk UMKM Rumahan

Menko Airlangga Hartarto mengunjungi salah satu kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM Usaha di Kota Solo untuk program dukungan UMKM.

 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berbincang dengan pelaku UMKM Usaha di Kota Solo, Kamis (23/9/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berbincang dengan pelaku UMKM Usaha di Kota Solo, Kamis (23/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi salah satu kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM Usaha di Kota Solo, Jawa Tengah untuk program dukungan UMKM yang termasuk dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pada kesempatan tersebut, 8 UMKM dengan jenis usaha ultramikro dan mikro menampilkan produknya yang bergerak antara lain di bidang kebutuhan sehari-hari (kelontong), warteg, bahan pangan, makanan olahan, agen air mineral/gas/minyak tanah, dan kebutuhan sekolah.

“UMKM Usaha mengajak masyarakat untuk membangun ekonomi Indonesia dimulai dari lingkungan terkecil mereka, yaitu dengan berbelanja di UMKM atau warung tetangga mereka sendiri,” kata Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima di Solo, Kamis.

Airlangga menyampaikan pelaku usaha yang tergabung di UMKM Usaha berfokus untuk melatih UMKM-UMKM rumahan yang dekat dengan masyarakat dan terdampak langsung pandemi Covid-19, melalui program Wirausaha Maju.

Baca Juga: Undian Simpedes Berhadiah Mobilio dan Suzuki Carry, Ini Pemenangnya

Melalui program tersebut, UMKM Usaha telah berhasil memberikan pelatihan kepada 11.325 pelaku UMKM dari 28 kabupaten/kota se-Pulau Jawa. Untuk Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri sudah 2.080 pelaku UMKM berhasil diberikan pelatihan.

Hal tersebut juga mendapat perhatian dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang dalam kesempatan itu juga mengharapkan UMKM agar dapat terus mengembangkan setiap potensi yang ada sehingga mampu beroperasi dalam skala yang lebih besar.

Pada gelombang pertama pelatihan, pelaku usaha mikro diberi materi pengelolaan usaha secara lebih baik. Materi pelatihan yang diberikan antara lain mengenai dasar-dasar sikap dan pola pikir kewirausahaan secara umum mencakup konsumen atau pelanggan, penjualan atau profit, dan tema yang lain, kemudian kiat-kiat membuka usaha dan memasarkan produk.

Selain itu, ada program Usaha Borong Usaha, yaitu program bantuan untuk usaha mikro yang membutuhkan, berupa pembelian produk. Produk yang dibeli bisa digunakan untuk kegiatan sosial, misalnya dibagikan pada masyarakat secara gratis, atau dikirimkan ke warga yang lakukan isolasi mandiri.

Baca Juga: Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

UMKM Usaha juga telah memiliki aplikasi bernama WirausAHA sebagai salah satu cara memantau proses bisnis pelaku UMKM yang telah dilatih.

“Pelatihan adalah hal terpenting untuk menambah kemampuan dan nanti akan juga diberi bantuan pendampingan. Di sini perbankan siap mendorong, apalagi rata-rata pengusaha UMKM (di Jayengan) ini sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun,” ujar Airlangga.

Menko Airlangga selanjutnya berdialog santai bersama para pelaku UMKM, menanyakan perkembangan usaha mereka masing-masing. Ia pun mengapresiasi lingkungan usaha di Gang Jayengan itu yang cukup baik menyelenggarakan prokes dengan menyediakan tempat cuci tangan. Kunjungan diakhiri dengan memberikan bantuan peralatan usaha secara simbolis.


Berita Terkait

Berita Terkini

Blak-Blakan Sri Mulyani Resah Gegara Pinjol Bikin Orang Menderita

Menkeu menambahkan dengan ada banyak kasus pinjol, kini ahli ekonomi syariah harus bekerja keras untuk mengembangkan teknologi keuangan digital,

Menteri BUMN Dukung Program Electrifying Agriculture PLN

Per September 2021, jumlah pelanggan PLN yang sudah memanfaatkan program EA mencapai 60.718 pelanggan dengan total daya sambung sebesar 478,96 MVA.

The Sunan Hotel Solo Sabet Gold Circle Award 2021 dari Agoda.com

Penilaian diperoleh dari berbagai faktor seperti performa penjualan online terbaik di Kota Solo, sampai penyajian konten yang baik di portal Agoda.

Astra Serahkan 2 Mobil Vaksinasi Covid-19 ke Polres Metro & Kodim Jakut

Dengan adanya kendaraan vaksin diharapkan dapat meningkatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 khususnya terhadap masyarakat ring satu di wilayah Jakarta Utara.

Jangan Panik, Ini Tips-Tips Jika Terlanjur Terjebak Pinjol Ilegal

Pastikan pinjol yang dituju adalah pinjol legal atau yang terdaftar atau mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jelang WSBK Mandalika, Penumpang Bandara Internasional Lombok Meningkat

Penumpang di Bandara Internasional Lombok meningkat 10 persen pada Oktober 2021 dampak dari turunnya level PPKM di Nusa Tenggara Barat.

Menko Airlangga Sebut Elektronifikasi Transaksi Pemda Bisa Dongkrak PAD

Momentum membaiknya kondisi pandemi Covid-19 saat ini serta capaian pemulihan ekonomi di tingkat nasional dan daerah perlu untuk dimanfaatkan.

Maskapai di Bandara YIA Belum Minta Penerbangan Tambahan

PT Angkasa Pura I (Persero) menyatakan belum ada  permintaan penerbangan tambahan dari sejumlah maskapai di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Raih Pendanaan Rp56 Miliar, Startup Majoo Siap Dukung Digitalisasi UMKM

Startup penyedia solusi digital keuangan, perbankan, dan UMKM, Majoo mendapat suntikan pendanaan sebesar US$4 juta atau sekitar Rp56,69 miliar dari tiga investor.

Pendaftar DSC 12 Capai 12.000 Submitter, Segera Daftar Keburu Tutup!

Pendaftaran Diplomat Success Challenge atau DSC 12 akan berakhir 19 Oktober 2021. Segera daftarkan dirimu di sini untuk meraih uang tunai total Rp2 miliar.

Ketika 28% Gajimu Mengalir ke Ekosistem Gojek

Persaingan industri ekonomi digital kini mempertemukan tiga pemain besar yaitu ekosistem Gojek, Shopee, serta kombinasi Grab, Ovo, dan Emtek.

Tingkatkan Produktivitas UMK, PLN Kembangkan Gerobak Motor Listrik

PLN berinovasi dalam mengembangkan program gerobak motor listrik untuk meningkatkan produktivitas usaha mikro kecil (UMK).

9 KKKS Besar Lampaui Target Lifting Migas Tinggi

Sektor hulu migas bisa mencatatkan capaian lifting migas tinggi, sampai triwulan III/2021, realisasi lifting minyak dan gas sebesar 1,640 barel oil equivalent per day (BOEPD)

Biar Usaha UMKM Lancar, Begini Syarat dan Cara Mengajukan Izin PIRT

Banyak keuntungan yang didapat pelaku usaha rumahan seperti UMKM bila telah memiliki izin usaha seperti izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

Kompak Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 26 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Selasa (26/10/2021) kompak naik dari hari sebelumnya, baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

UMKM Frozen Food Terancam Denda Rp4 Miliar, Ini Respons Menteri UKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum memperoleh izin edar harus dibina dan didampingi agar tetap dapat berjualan.