SOLOPOS.COM - Petugas operasional intake IPA Semanggi, Purnomo, menunjukkan perbandingan kondisi air baku yang belum diolah sebelum tercemar dan yang sudah tercemar limbah alkohol, Selasa (7/9/2021) pagi. (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO —P erumda Air Minum Toya Wening (PDAM) Solo menghentikan operasional Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi akibat air baku Sungai Bengawan Solo tercemar limbah industri alkohol, Selasa (7/9/2021) pukul 06.00 WIB.

Air baku berwarna hitam, berbau menyengat, dan hasil pengolahannya tidak sesuai baku mutu Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 492/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Petugas operasional intake IPA Semanggi, Purnomo, mengaku air berbau menyengat khas ciu sekitar pukul 05.30 WIB.

Baca juga: Dana Bansos Covid-19 APBD Solo Disebut Ada Selisih, Ini Penjelasan Dinsos

“Saya tahunya pagi, kemudian lapor ke kantor dan keputusannya untuk menghentikan operasional IPA. Ini menjadi masalah rutin setiap musim kemarau,” kata dia, dihubungi Solopos.com, Selasa pagi.

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi Perumda Toya Wening, Bayu Tunggul, mengatakan kondisi tersebut rutin terjadi di musim kemarau. Debit dari hulu yang mengecil tak bisa mengurai polutan sehingga air baku tidak bisa diolah.

Belum Ada Solusi Nyata

Ia memprediksi persoalan ini bakal berlangsung hingga Oktober mengingat belum ada solusi nyata bagi industri alkohol yang membuang limbah ke Sungai Bengawan Solo.

Baca juga: Giliran Poster Tempel Kritik Pemerintah Marak di Solo, Begini Isi Tulisannya

“September-Oktober ini kan puncak musim kemarau, sehingga persoalannya bakal terus ada sampai hujan datang. Kami langsung melapor ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Tengah, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Persoalan ini sudah terjadi sejak 2018 dan terus berulang,” kata dia.

Saat ini, air bersih hasil olahan yang ditampung di reservoir hanya cukup untuk didistribusikan hingga Selasa petang. Jika kondisi itu berlanjut, warga dalam cakupan layanan IPA Semanggi akan mendapatkan gelontoran air bersih dari truk tangki. Kapasitas IPA Semanggi sekitar 60 liter/detik.

Warga yang terdampak mencapai 4.800an pelanggan di Kecamatan Pasar Kliwon, seperti, sebagian Kelurahan Semanggi dan Mojo serta sebagian Kelurahan Sangkrah dan Gajahan. Pihaknya menurunkan tekanan pompa dari 1.500 rpm menjadi 1.300 rpm sehingga debit air yang mengalir ke pelanggan lebih kecil.

Baca juga: Berisik sampai Dini Hari, 60 Motor Berknalpot Brong Disita Polisi di Solo

“Harapannya Selasa siang bisa mengolah lagi agar pelanggan tidak terganggu. Tampungan air di reservoir masih cukup untuk 6-8 jam di tekanan 1.500 rpm, dihitung dari penghentian operasional IPA jam 06.00 WIB. Kalau sampai siang atau bahkan sore tidak bisa diolah, pelanggan jelas terganggu,” ungkap Bayu.

Ia menambahkan kondisi tersebut juga membuat ikan-ikan Sungai Bengawan Solo mabuk atau mengalami bladu, sehingga menyembul ke permukaan. Fenomena itu terjadi dua hari terakhir. Warga sekitar biasanya langsung menangkapi ikan-ikan penghuni Sungai Bengawan Solo itu baik untuk dijual maupun untuk konsumsi sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya