SOLOPOS.COM - Render Toyota 86. (Gambar: toyota.astra.co.id)

Solopos.com, JAKARTA – Dua jenis mobil menjadi target recall oleh Toyota karena masalah fuel pump dan pemrograman pada ECU atau Engine Control Unit.

Dua mobil itu adalah Toyota 86 dan Toyota GR Supra. PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan pemanggilan atau pemberitahuan bagi pelanggan untuk memeriksakan komponen fuel pump kendaraan di bengkel Toyota, khususnya pada kendaraan Toyota 86 dengan tahun produksi 2018.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Keren, Teknik Industri UNS Miliki Dua Laboratorium Toyota

Mengutip Detik.com, Kamis (21/10/2021), rupanya recall ini telah berjalan lebih dari setahun. Namun, Vice Presidet Director PT TAM Hendry Tanoto mengatakan masih banyak pemilik Toyota 86 yang belum melakukan pengecekan dan penggantian komponen pompa bahan bakar di bengkel Toyota.

“Untuk menjamin kemanan dan keselamatan pelanggan, kami terus melakukan monitor di lapangan serta melakukan pengecekan dan perbaikan pada komponen fuel pump. Kami berterima kasih atas respon yang cepat dan aktif dari pelanggan yang sudah melakukan pengencekan. Dan, kami juga mengimbau kembali agar para pemilik kendaraan yang dimaksud dapat segera mengecek kendaraan dan jika dibutuhkan melakukan penggantian komponen fuel pump di bengkel Toyota,” kata Henry.

Baca Juga: Toyota Innova Baru Disebut Bakal Dekati Konsep SUV

Butuh sekitar 1,5 jam untuk mengecek dan mengganti komponen fuel pump pada mobil Toyota 86 itu. Pelanggan disarankan booking service dulu agar dealer bisa mempersiapkan diri. Proses penggantian tersebut gratis.

Aktivitas recall seperti itu telah dilakukan sejak Juli 2020. Namun hingga akhir September 2021, sekitar 50% dari total kendaraan masuk terlayani di bengkel Toyota. Angka tersebut sudah termasuk recall untuk mobil FJ Cruiser, Alphard, Innova, Fortuner, Hilux, Corolla, Camry, C-HR, Voxy, Avanza dan Rush tahun keluaran tertentu.

Baca Juga: Siap-Siap Toyota Fortuner 2.8 VRZ Segera Rilis, Intip Bocorannya

Sementara untuk Toyota GR Supra, recall dilakukan untuk membenahi masalah ECU. Pengecekan hingga pemrograman ulang ECU Toyota GR Supra membutuhkan waktu satu hingga tiga jam.

Layanan untuk recall tersebut juga gratis disediakan di bengkel resmi Toyota. Pelanggan bisa memanfaatkan fasilitas tersebut di 292 bengkel di seluruh wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya