Solopos.com, NIAS — Salah satu tradisi budaya Indonesia yang sudah dikenal banyak orang hingga manca negara adalah tradisi lompat batu yang dilakukan oleh Suku Nias, di Provinsi Sumatra Utara. Warga Nias menyebut Tradisi Lompat Batu, dalam bahasa setempat, dengan nama Fahombo.

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Ekspedisi Mudik 2024
Seorang pemuda melompati hombo batu di Desa Wisata Bawomataluo, Nias Selatan, Sumatera Utara, Kamis (14/10/2021). (Antara/Muhammad Adimaja)

 

Tradisi Lompat Batu biasanya dilakukan para pemuda dengan cara melompati tumpukan batu setinggi 2 meter untuk menunjukkan bahwa mereka sudah pantas untuk dianggap dewasa secara fisik.

Desa wisata Bawomataluo, Sumatra Utara selain menampilkan atraksi lompat batu, juga menyuguhkan gaya arsitektur rumah adat omo hada yang terbuat dari kayu tanpa paku serta situs megalitikum.

 

Wisatawan berswafoto menggunakan baju adat Bawomataluo di Desa Wisata Bawomataluo, Nias Selatan, Sumatera Utara, Kamis (14/10/2021). (Antara/Muhammad Adimaja)

 

Desa wisata Bawomataluo selain menampilkan atraksi lompat batu, juga menyuguhkan gaya arsitektur rumah adat omo hada yang terbuat dari kayu tanpa paku serta situs megalitikum. (Antara/Muhammad Adimaja)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi