Meninggal di Balap World Supersport 300, Ini Sosok Dean Berta Vinales

Dean Berta Vinales, meninggal dalam usia 15 tahun setelah mengalami kecelakaan saat tampil dalam balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyo.

 Dean Berta Vinales (Instagram)

SOLOPOS.COM - Dean Berta Vinales (Instagram)

Solopos.com, SOLO — Kabar duka datang dari ajang balapan motor internasional. Sepupu pembalap MotoGP, Maverick Vinales, yaitu Dean Berta Vinales harus kehilangan nyawa pada balap World Supersport (WorldSSP) 300.

Dean Berta Vinales, meninggal dalam usia 15 tahun setelah mengalami kecelakaan saat tampil dalam balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyo, Sabtu (25/9/2021).

Seperti dikutip Antaranews dari Reuters, Sabtu, ajang pendukung World Superbike itu baru berlangsung sebelas putaran ketika pebalap Spanyol itu terlibat kecelakaan dengan tiga pesaingnya di tikungan 2 sehingga bendera merah terpaksa dikibarkan.

“Setelah insiden serius di Race 1 WorldSSP300, Dean Berta Vinales sayangnya meninggal karena cedera,” demikian pernyataan WSBK.

Baca Juga: Dean Berta Vinales Meninggal dalam Kecelakaan Balap Supersport 300

Latihan Bareng Maverick Vinales

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Dean Berta Vinales merupakan pembalap muda yang lahir pada 20 April 2006 di kota Palau-Saverdera, Spanyol.

Di keluarga Vinales, Dean Berta mengikuti karier para kakak sepupunya, yaitu Maverick Vinales dan Isaac Vinales sebagai pembalap. Dean Berta Vinales memulai debut balap profesionalnya dengan mengikuti ajang European Talent Cup (ETC) selama dua musim.

Sebelum meninggal dunia saat balap WorldSSP 300 di Jerez, hasil terbaik yang diraih Dean Berta adalah posisi ke-13 pada ajang ETC tahun 2020 lalu.

Baca Juga: IBL 2022 Dimulai 11 Januari, Luhut Merestui

Memasuki tahun 2021, ayah Maverick Vinales, yaitu Angel Vinales membuat tim balap yang bernama Vinales Racing Team. Tim ini memulai debut perdananya di WorldSSP 300 tahun 2021 menggunakan motor Yamaha YZF-R3.

Di Vinales Racing Team ini pun Dean Berta turun balap menggunakan nomor start #25 dan merupakan rookie bersama rekan setimnya, yaitu Kevin Sabatucci.

Dari keluarga Vinales, Dean Berta yang masih berusia 15 tahun ini memang sebagai pembalap muda yang terus dibina agar bisa menjadi penerus para kakak sepupunya ke jenjang MotoGP atau WorldSBK.

Latihannya pun kadang selalu bersama dengan Maverick Vinales dan Isaac Vinales menggunakan Minigp, motor sport dan juga motocross.

Baca Juga: IBL 2022 Dimulai 11 Januari, Luhut Merestui

Pada ajang WorldSSP 300 musim 2021, Dean Berta sedang menikmati performa terbaiknya sebagai rookie.

Penampilan terbaik Dean Berta yaitu meraih posisi keempat di seri Magny-Cours lalu pada Race 2, dan meraih posisi keenam juga di Race 2 seri Barcelona-Catalunya, setelah mencatat lap tercepat di Race 1.

Akhir pekan ini Dean Berta Vinales juga menunjukkan potensi besar dalam menghadapi putaran WorldSSP 300 di Spanyol. Dia mampu bersaing di grup terdepan dan memulai balap dari hasil Superpole terbaiknya. Sayangnya dia mengalami insiden kecelakaan dengan banyak pembalap di tikungan pertama.

Sempat mendapat pertolongan tim medis, sayangnya luka di kepala dan dadanya cukup parah hingga mengakibatkan Dean Berta Vinales meninggal dunia.

Baca Juga: Prediksi Persis Solo Vs AHHA PS Pati, Bisa Menang Laskar Sambernyawa?

Berikut Profil Singkat Sang Pembalap:

Nama: Dean Berta Vinales
Tempat/tanggal lahir: Spanyol, 20 April 2006
Tim balap: Vinales Racing Team
Karier balap:
– Eropean Talent Cup 2019 – 2020, posisi 13
– World Supersport 300 2021, posisi 22 dengan 26 poin
Instagram: @deanbertavinales21


Berita Terkait

Berita Terkini

Gantikan Teguh Prakosa, Janjang Janji Gas Pol Pimpin ISSI Solo

Politikus PDIP, Janjang Sumaryono Aji, siap gas pol seusai dilantik sebagai Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Solo periode 2021-2025.

Prediksi Manchester United vs Liverpool: Salah Momok Setan Merah

Manchester United akan menghadapi tantangan Liverpool dalam lanjutan pekan kesembilan Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu (24/10/2021) pukul 22.30 WIB.

Prediksi Barcelona vs Real Madrid: Era Baru El Clasico!

Partai panas antara Barcelona melawna real Madrid akan tersaji di Liga Spanyol, Minggu (24/10/2021) pukul 21.15 WIB.

Liga 1 dan Liga 2 Bisa Ditonton di Stadion? Ini Jawaban Menpora

Menpora dan PSSI sepakat menyebut pelaksanaan kebijakan untuk menghadirkan penonton di stadion saat pertandingan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 masih membutuhkan waktu.

Edaaan! Chelsea Lumat Norwich City 7-0

Chelsea memetik kemenangan besar atas Norwich dalam lanjutan Liga Premier Inggris.

Praveen/Melati Gagal ke Final Denmark Open 2021

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, gagal melaju ke babak final Denmark Open 2021.

Kejutan! Rival Persis Solo Dibekuk Persebi Boyolali di Laga Uji Coba

Persebi Boyolali secara mengejutkan mampu menaklukkan PSCS Cilacap dalam laga uji coba. Persebi menang dengan skor tipis 2-1.

Steven Gerrard Dilirik Newcastle United

Posisi pelatih Newcastle United masih kosong menyusul dipecatnya Steve Bruce pada Rabu (20/10/2021) waktu setempat.

Prediksi Chelsea vs Norwich: Putar Otak Cari Ujung Tombak

Chelsea akan menghadapi tantangan Norwich City dalam lanjutan pekan kesembilan Liga Premier Inggris.

Bungkam Usai Dipanggil Presiden Soal Sanksi WADA, Menpora Kena Marah?

Indonesia bersama Korea Utara dan Thailand dijatuhi sanksi WADA sehingga tidak bisa mengibarkan bendera nasional mereka selain di Olimpiade.

Liga 1: PSS Sleman Dibekuk Persib Bandung 2-4

Persib Bandung berhasil memenangkan pertadingan kala menjamu PS Sleman dengan skor 4-2 dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Manahan Solo pada Jumat (22/10/2021) malam.

Kabar Baik! Jelang Lawan PSCS, Striker Persis Solo Pulih dari Cedera

Persis Solo mendapat kabar baik jelang melawan PSCS Cilacap dalam lanjutan Grup C Liga 2. Laskar Sambernyawa mendapat tambahan amunisi setelah striker Irfan Jauhari pulih dari cedera.

Babak I Selesai, PSS Sleman Unggul 1-0 Atas Persib Bandung

Persib Bandung menjamu PS Sleman dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Manahan Solo pada Jumat (22/10/2021) malam.