Sering Kelelahan di Sore Hari? Lakukan 6 Cara Ini Agar Kembali Bersemangat

Jika Anda sering berjuang melawan kelelahan di sore hari, Anda tidak sendirian.

 Ilustrasi merasa kelelahan di sore hari. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi merasa kelelahan di sore hari. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tak jarang kita merasa kelelahan dan badan lesu di sore hari bisa, padahal masih ada beberapa pekerjaan harus diselesaikan. Kita harus berjuang melawan keinginan untuk berbaring karena Anda kelelahan.

Jika Anda sering berjuang melawan kelelahan di sore hari, Anda tidak sendirian. Rentang perhatian kita menurun secara alami di sore hari karena tubuh kita memiliki sistem peringatan internal yang oleh para ilmuwan disebut sebagai sistem peringatan sirkadian yang menguat dan berkurang sepanjang hari.

Ketika kelelahan sore ini melanda, Anda dapat terus mendorong rasa lelah Anda, atau mundur selangkah. Mengutip Huffpost, Selasa (14/9/2021), berikut tips yang terbukti dapat member Anda dorongan energi yang Anda butuhkan untuk melewati sisa hari kerja:

1. Minum lebih banyak air

Cara paling efektif untuk melawan kelelahan di sore hari adalah minum lebih banyak air. Cobalah untuk minum lebih banyak air, jika Anda merasa begitu lelah dan kepala Anda berdenyut-denyut. Dehidrasi dapat membuat Anda lelah, dan orang-orang di tempat kerja sering lupa untuk tetap terhidrasi saat duduk atau menatap layar sepanjang hari. Bahkan ketika Anda mengalami dehidrasi ringan, ini dapat mengganggu kinerja kognitif, menyebabkan konsentrasi yang buruk dan masalah memori jangka pendek, serta kemurungan dan kecemasan, menurut penelitian.

2. Nyalakan lampu atau pergi keluar

Jika Anda merasa lesu setelah makan siang, mungkin dengan terkena lebih banyak cahaya dapat membantu Anda. Jika pergi keluar bukanlah suatu pilihan, Anda dapat menyalakan lampu di tempat Anda bekerja. Sebuah penelitian menemukan bahwa cahaya yang lebih intens dapat meningkatkan perasaan waspada dan vitalitas. Namun jika memungkinkan, pergilah keluar ruangan. “Cahaya luar jauh lebih kuat daripada apa yang Anda dapatkan di dalam ruangan,” kata direktur klinis St. Peter’s Sleep Center di Albany, New York, dan penulis You Are Getting Sleepy: Lifestyle-Based Solutions for Insomnia, Paul Glovinsky.

3.Tidur siang

Daripada memaksakan diri berjuang melawan kelelahan, luangkan sedikit waktu Anda untuk beristirahat, agar Anda bisa menyelesaikan hari Anda dengan kuat dan semangat. Pastikan untuk mengatur waktu dengan benar, dan jangan tidur lebih dari satu jam. “Beberapa melakukannya dengan baik dengan power nap 20 menit, yang lain dengan 30 atau 45 menit,” kata Glovinsky. Dia tidak menyarankan untuk tidur siang lebih dari satu jam karena akan membuat Anda terjaga di malam hari.

4. Bicaralah dengan seseorang

Angela Karachristos, seorang pelatih karir yang sebelumnya bekerja di bidang sumber daya manusia, mengatakan kemerosotan sorenya melanda setiap hari tepat pukul 2 siang. Dia mencoba menjadwalkan percakapan yang dapat membuatnya bersemangat di sore hari, menghemat pekerjaan solonya yang terfokus untuk pagi hari. Terkadang, dia emncoba terhubung dengan teman atau kolega atau mencoba menjadwalkan pertemuan selama waktu itu sehingga dia dapat terlibat dalam percakapan.

“Salah satu strategi manajemen waktu saya adalah menyelesaikan semua pekerjaan yang harus saya lakukan secara mandiri di pagi hari,” kata Karachristos.

5. Makan camilan yang menyenangkan dan memotivasi

Apa yang kita makan dan minum dapat membuat perbedaan besar untuk pemecahan masalah, rentang perhatian, dan memori. Makanan otak seperti brokoli, biji-bijian, lentil dan telur, misalnya, dapat membantu meningkatkan konsentrasi saat Anda sangat membutuhkannya. Dan Anda dapat menganggap istirahat yang Anda ambil untuk makan camilan Anda sebagai sesuatu yang dinanti-nantikan.

6. Pikirkan tentang aktivitas apa yang menyehatkan Anda, dan luangkan waktu untuk itu

Anda mungkin terkuras secara fisik dan mental saat sore tiba, dan membuat Anda berpikir untuk terus bekerja tanpa istirahat untuk menyelesaikannya. Tetapi secara berlawanan, dengan berpikir tentang aktivitas yang menyenangkan dapat membuat Anda tetap termotivasi untuk melewati setiap hari. Itu sebabnya Adjoa Osei, seorang psikolog klinis berlisensi, merekomendasikan untuk merenungkan aktivitas apa yang menyehatkan dan menyegarkan Anda, dan lakukanlah.

Jawabannya dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kepribadian Anda. “Bagi sebagian orang, itu bisa berupa gerakan, seperti jalan-jalan, istirahat menari dengan musik, peregangan atau melihat gambar yang menyenangkan. Bagi orang lain, mungkin perlu waktu sejenak untuk keheningan, seperti fokus pada napas atau meditasi Anda,” kata Osei.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Manfaat Menonton Film Horor Bisa Melepaskan Stres dan Kecemasan

Selain mendatangkan manfaat, film horor dapat berdampak negatif pada beberapa orang, terutama mereka yang lebih sensitif terhadap kecemasan.

6 Langkah Cegah Gelombang 3 Covid-19

Pemerintah menyiapkan enam strategi khusus untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19.

Tak Kuat Cuaca Esktrem, Perempuan di Bekasi Mandi dengan Air Es

Seorang perempuan melakukan hal unik untuk mendapatkan kesegaran di cuaca yang panas, yakni dengan mandi dengan air es.

Begini Cara Memacu Kualitas Belajar Si Kecil

Untuk meningkatkan kualitas belajar Si Kecil dan memaksimalkan memori otak serta tumbuh kembang anak, pemberian nutrisi terbaik juga perlu diperhatikan. Mulai dari makanan pokok, camilan, hingga asupan tambahan seperti susu anak.

Resep Cara Membuat Pancake Teflon dan Pakai Takaran Sendok

Berikut ini terdapat resep dan cara membuat pancake dengan teflon dan hanya pakai takaran sendok. Hasilnya lembut dan enak!

Bos Indomaret Tabrakan di Tol Cipularang, yang Dikenal Jalan Terangker

Lokasi kecelakaan Bos Indomaret, Yan Bastian, di Tol Cipularang ternyata dikenal angker dan menyimpan kisah misteri.

Doa Mimpi Buruk dan Hal yang Harus Dilakukan dalam Islam

Selain doa, berikut ini terdapat hal yang harus dilakukan kalau mengalami mimpi buruk dalam ajaran Islam, sesuai disarankan Nadhlatul Ulama (NU).

Hasil Penelitian: Tak Perlu 10.000 Langkah per Hari Agar Panjang Umur

Penelitian baru dari para ilmuwan di Amerika Serikat menyimpulkan tidak perlu 10.000 langkah per hari untuk bisa panjang umur.

Waduh Seram! Penumpang Becak Mendadak Hilang Misterius

Pemilik akun lainnya memberikan cerita lebih lengkap kejadian penumpang becak mendadak hilang secara misterius itu lantaran terjadi di sekitar tempat tinggalnya.

Pulang ke Rumah Seperti Tukul, Begini Cara Rawat Pasien Stroke di Rumah

Tata laksana rawat pasien stroke di rumah memang tidak mudah, namun jangan menyerah.

Trending Topic di Twiter, Ini Penyebab Satpam BCA Selalu Ramah

Warganet pun ramai-ramai membuat cuitan tentang topik ini, hingga kata Satpam BCA pun menjadi trending di Twitter.

Hasil Penelitian: 3 Vaksin Ini Tidak Butuh Booster Hingga 8 Bulan

Para peneliti menemukan tanda yang menunjukkan ketiga vaksin menghasilkan perlindungan kuat dan tahan lama dari risiko keparahan penyakit sehingga tidak perlu booster.

Kenali Kram Otot Seperti Dialami Pebulutangkis Denmark Anders Antonsen

Olahraga dalam waktu yang lama atau aktivitas fisik, terutama dalam cuaca panas, dapat menyebabkan kram otot.

Keren! Bocah 15 Tahun Ini Bisa Mainkan Musik DJ dan Wayang Bersamaan

Meski berumur 15 tahun, Lionel pandai bermain piringan hitam dan mampu mengombinasikan dengan permianan wayang.

Inil Bacaan Doa Saat Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Inilah doa yang dipanjatkan ketika berziarah kubur lengkap dengan arti dan tata caranya.

Hari Pangan Sedunia 2021: Sudah Tepatkah Kita Memperlakukan Pangan?

Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan global terhadap kelaparan serta untuk menyoroti perlunya memastikan pola makan yang sehat untuk semua.