SOLOPOS.COM - Ilustrasi kucing candramawa atau kucing hitam (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah mitos dan fakta terkait kucing candramawa atau kucing hitam seperti klangenan milik Raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) X. Makam  satwa klangenan itu berada di trotoar jalan utama Solo Baru tak jauh dari bundaran Patung Bung Karno, Tanjung Anom, Grogol, Sukoharjo.

Salah satu mitos yang berkembang terkait kucing candramawa adalah berkaitan dengan sesuatu yang buruk.  Di dunia fotografi bukan objek foto yang menarik dibandingkan kucing berbulu warna cerah lainnya, paling buruk, dan kerap dipandang sebagai pertanda nasib jelek.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, itu semua hanya mitos, ada fakta yang yang perlu Anda ketahui tentang kucing candramawa. Hal ini dibuktikan oleh kelompok pecinta hewan American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) yang merayakan Black Cat Appreciation Day setiap tahun pada 17 Agustus dan National Black Cat Day pada 27 Oktober.

Baca Juga: Kucing Candramawa Seperti Klangenan PB X, Si Pembawa Keberuntungan?

Ekspedisi Mudik 2024

Mengutip dari Mentalfloss dan laman Liputan6.com, Kamis (28/10/2021), berikut lima fakta tentang kucing candramawa atau kucing hitam yang masih menjadi mitos sampai sekarang :

1. Dalam Banyak Budaya, Kucing Hitam Diartikan Sebagai Pembawa Keberuntungan

Mereka mungkin memiliki reputasi yang kurang dari bintang lain di beberapa daerah di dunia, tetapi ada banyak tempat di mana kehadiran kucing hitam sama sekali tidak menandakan nasib buruk.

Jika Anda adalah seorang wanita lajang yang tinggal di Jepang, memiliki kucing hitam konon akan menambah jumlah laki-laki yang berminat untuk menjadikan Anda sebagai pasangan hidup.  Sedangkan apabila Anda berada di Jerman, lalu tiba-tiba ada seekor kucing hitam melintas di hadapan Anda, maka dipercaya ada hal-hal baik akan datang.

Baca Juga: Stres Akibat Pandemi Bikin Generasi Milenial Sulit Ambil Keputusan

2. Teman Baik Pelaut

Di Inggris, kucing hitam dispesialkan oleh para pelaut, sebab mereka yakin bahwa hewan ini akan senantiasa membawa keberuntungan dan memastikan mereka pulang dengan selamat.  Beberapa kucing jenis ini bahkan diabadikan dalam sejarah maritim, seperti Tiddles yang melakukan perjalanan lebih dari 30.000 mil bersama Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

3. Jarang Berkembang Biak

Cat Fanciers Association (CFA) mengakui 22 keturunan berbeda yang dapat memiliki bulu hitam pekat kucing hitam, termasuk Kucing Hutan Norwegia, Bobtail Jepang, dan Scottish Fold, tetapi ada satu trah yang unik dari deretan tersebut, yakni Bombay. Kucing keturunan Bombay punya mata kuning keperakan dengan pupil yang hitam, begitu pula dengan bulunya yang pekat dan pendek. Kucing ini mirip dengan “macan kumbang hitam”.

Baca Juga: Anggun Lakukan Karantina di Jakarta, Warganet Sindir Rachel Vennya

Pada 1950-an, seorang wanita bernama Nikki Horner sangat terpikat dengan fisik macan kumbang, sehingga ia membiakkan apa yang sekarang kita sebut sebagai Bombay.

4. Tidak Hitam Sepenuhnya

Warna bulu kucing hitam semuanya bermuara pada kekhasan genetik. Ada tiga varian gen bulu hitam (hitam pekat, cokelat, dan kayu manis), dan coraknya senada dengan polanya.

Jika kucing memiliki rona hitam pekat, tetapi juga gen garis kucing dominan, paparan sinar matahari dapat membuat pigmen melanin di bulunya terurai untuk memperlihatkan garis-garis yang sebelumnya tidak terlihat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya