SOLOPOS.COM - Mobil listrik untuk wisata Solo bantuan dari Tahir Foundation diuji coba di Jl Jenderal Sudirman, Solo, Jumat (15/10/2021) siang. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo belum mengumumkan tanggal pasti kapan mobil listrik wisata bantuan dari Tahir Foundation untuk mulai beroperasi melayani wisatawan.

Mobil listrik bergaya klasik ala taksi kuno itu diuji coba oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama pendiri Tahir Foundation, Dato Sri Tahir, Jumat (15/10/2021). Keduanya naik mobil tersebut menyusuri Jl Jenderal Sudirman dari Balai Kota Solo menuju Bundaran Gladag dan kembali lagi ke Balai Kota.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Meski belum ada tanggal pasti kapan beroperasi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo sudah merancang rute yang bakal ditempuh mobil listrik untuk wisata tersebut.

Baca Juga: Ada Pengaduan Kasus Pinjol Ilegal di Solo, Polresta: Masih Diselidiki

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno, mengatakan ketujuh rute tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita).

Pada pengoperasiannya nanti, Hari menyebut akan sama seperti bus tingkat Werkudara dan sepur Kluthuk Jaladara yang sama-sama kendaraan khusus untuk wisata.

“Tiketnya dijual perorangan, sama seperti bus tingkat Werkudara dan sepur kluthuk Jaladara. Operasional hanya Sabtu dan Minggu. Rencananya tiket dijual Rp20.000. Kami masih menyiapkan berbagai kelengkapan pendukung mobil listrik ini,” jelasnya.

Baca Juga: Anggota DPRD Solo 5 Periode Ikut Buka Suara soal Banteng Vs Celeng PDIP

Adapun tujuh rute untuk mobil listrik wisata Solo bantuan dari yayasan yang didirikan pendiri Mayapada Group itu adalah:

Rute 1 : Lokananta – Istana Batik Keris – Kampung Batik Laweyan – Pusat Oleh-oleh Jongke

Rute 2 : Museum Keris – Museum Radya Pustaka – Museum Danarhadi/Wuryoningratan – Museum Tumurun

Rute 3 : Wayang Orang Sriwedari – Kuliner Galabo – Koridor Gatot Subroto (malam hari)

Rute 4 : Keraton Kasunanan – Baluwarti – Pasar Klewer – Dalem Joyokusuman

Rute 5 : Pura Mangkunegaran – Pasar Antik Triwindu – Kampung Batik Kauman

Rute 6 : Pasar Gede – Jurug Solo Zoo – Bengawan Solo Layana

Rute 7 : Pasar Ikan Balaikambang – Sendratari Ramayana

Baca Juga: Mobil Listrik Wisata Donasi Tahir Foundation Akhirnya Mengaspal di Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya