Mulai Kuliah Tatap Muka, Begini Penerapan Prokes di UNS Solo

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai membuka kuliah tatap muka uji coba, Rabu (7/4/2021). Untuk pekan ini, kuliah tatap muka di UNS hanya dibuka pada 3 fakultas,

 Mahasiswa semester akhir Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, memakai masker dan pelindung wajah saat mengikuti ujian skripsi di hadapan penguji  di kampus, Rabu (7/4/2021). UNS Solo mulai mengijinkan ujian skripsi secara tatap muka namun tetap menerapkan protokol kesehatan. (Nicolous Irawan/Solopos)

SOLOPOS.COM - Mahasiswa semester akhir Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, memakai masker dan pelindung wajah saat mengikuti ujian skripsi di hadapan penguji di kampus, Rabu (7/4/2021). UNS Solo mulai mengijinkan ujian skripsi secara tatap muka namun tetap menerapkan protokol kesehatan. (Nicolous Irawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai membuka kuliah tatap muka uji coba, Rabu (7/4/2021). Untuk pekan ini, kuliah tatap muka di UNS hanya dibuka pada 3 fakultas, yakni Fakultas Hukum (FH), Fakultas Kedokteran (FK), dan Fakultas Keolahragaan (FKOR).

Untuk menjalani kuliah di kampus ini, mahasiswa menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Bagi mahasiswa luar kota wajib menunjukkan hasil negatif rapid test deteksi Covid-19.

Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan, kuliah tatap muka ini akan dilakukan secara bertahap. Kali ini kuliah diikuti mahasiswa semester II. Dicoba dulu untuk yang semester II, itu pun jumlahnya hanya separuhnya,” ujarnya di sela-sela pemantauan kuliah di Fakultas Kedokteran.

Baca Juga: Mewah Banget! Segini Harga Jam Tangan Gucci Yang Dipakai Wali Kota Solo Gibran

Kampus Lain Belum Tatap Muka

Ia menambahkan, dosen yang mengajar mahasiswa juga diutamakan yang sudah divaksinasi. DI UNS, dari sekitar 1.700 dosen, 600 di antaranya sudah divaksinasi. “Kami sudah mengajukan, tetapi karena jumlah vaksin ini juga ada keterbatasan sehingga yang divaksin baru sekitar 600 dosen,” imbuhnya.

Rencananya, pada pekan kedua kuliah tatap muka akan dilangsungkan di Fakultas Pertanian (FP), Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Pekan ketiga Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pada pekan keempat Fakultas Teknik (FT), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), dan FKIP.

Baca Juga: Hampir 30.000 Warga Lansia Kota Solo Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Sementara itu, perguruan tinggi lain di Solo belum menggelar kuliah di kampus. Di Universitas Islam Batik (Uniba) Rektor Amir Junaidi mengatakan saat ini pihaknya masih mempersiapkan kuliah tatap muka. “Sedang dalam proses. Tapi nanti perlahan-lahan akan kami buka kuliah luring. Sementara ini kuliah jarak jauh,” ujarnya.

Di Universitas Slamet Riyadi (Unisri), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Sutoyo mengatakan kuliah jarak jauh akan dilanjutkan hingga akhir semester ini. Pihaknya berharap pada tahun ajaran baru nanti sudah bisa kuliah tatap muka.

“Pembelajaran daring akan dituntaskan sampai akhir semester. Pertimbangan kami salah satunya kebiasaan mahasiswa bergerombol yang masih masih sulit dikendalikan, meskipun mereka sudah pakai masker dan mencuci tangan. Tahun ajaran baru insya Allah luring, kami persiapkan,” ujarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.