SOLOPOS.COM - Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di punggung dan payudara. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Jerawat tak hanya ditemukan di wajah dan punggung, melainkan juga bisa muncul di payudara atau sekitar puting. Kedengarannya mengkhawatirkan lantaran muncul semacam benjolan di tempat yang tidak seharusnya.

Tapi benarkah kita harus mewaspadai kehadiran jerawat di payudara ini? Jawabannya adalah sebagian besar masalah kulit di sekitar payudara ini tidak perlu dikhawatirkan. Umumnya, jerawat disebabkan ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak berlebih. Minyak ini sebenarnya diproduksi secara alami oleh kulit untuk menjaga kelembaban agar kulit tetap sehat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, tentu masalah jerawat yang muncul di payudara ini tidak bisa disepelekan. Mengutip laman hellosehat.com, jika jerawat di payudara ini terasa nyeri saat disentuh, gatal, tampak kemerahan, hingga mengeluarkan cairan seperti nanah, mungkin ada kondisi lain yang mendasari ini. Terlebih lagi jika timbulnya jerawat disertai dengan benjolan lain. Bila Anda mengalami beberapa gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Selamat! Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag Resmi Menikah

Dilansir dari Healthshots dan suara.com, Jumat (22/10/2021), inilah penyebab munculnya jerawat di payudara:

1. Diet

Peluang munculnya jerawat dapat meningkat sebagai akibat dari konsumsi makanan tertentu secara berlebihan. Diet ketat dengan olahan karbohidrat, lemak jenuh, susu dan protein susu lainnya dapat menyebabkan jerawat di payudara.

Selain itu memiliki kelebihan insulin dalam darah dapat menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak yang juga meningkatkan risiko munculnya jerawat di payudara.

Baca Juga: Instagram Rachel Vennya Hilang, Termasuk Bukti Foto Liburan di Bali

2. Stres

Penyebab lain munculnya jerawat adalah stres. Saat stres, tubuh melepaskan kortisol yang berbahaya bagi kulit. Munculnya stres dapat berdampak pada kelenjar yang memproduksi minyak secara berlebihan, yang dapat memperburuk jerawat. Tak hanya menyebabkan munculnya jerawat di payudara, tapi bisa bisa mempercepat kemunculan semua jenis jerawat lainnya.

3. Hormon

Seiring berjalannya waktu, tubuh pasti mengalami banyak perubahan dan itu terjadi karena kadar hormon estrogen dan progesteron yang berfluktuasi.
Sering kali, hormon dapat menyebabkan suatu masalah kulit. Perubahan hormon dapat menyebabkan jerawat, misalnya saat menstruasi, di mana jerawat akan muncul di wajah, leher, bahkan payudara.

Baca Juga: Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

4. Infeksi jamur

Infeksi jamur biasanya disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan. Jerawat di payudara bisa menjadi tanda infeksi. Terutama terjadi pada wanita yang sedang menyusui. Jerawat di payudara dapat ditandai dengan ruam, nyeri, dan gatal bahkan infeksi dapat menyebar dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya