Viral Noldy Topan Bisnis Tanaman Sultan, Bisa Raup Rp1 Miliar Lebih Sebulan

Uniknya sebelum menekuni bisnis tanaman hias sultan, Noldy Topan pernah memiliki agency model.

 Noldy Topan. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Noldy Topan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Nama Noldy Topan menjadi viral lantaran berbisnis tanaman sultan dan kerap muncul di channel Youtube para artis. Gelar Best Of The Best dalam ajang Aroid Nasional  membuat harga tanaman koleksinya meroket hingga Rp1,6 miliar. Wah!

Tanaman hias yang dijual Noldy Topan jelas kelas sultan lantaran harganya yang fantastis. Bahkan tak sedikit artis sebut saja Irfan Hakim, Nirina Zubir, hingga Soimah berburu dan berguru kepada pria kelahiran Palu, Sulawesi Tengah ini.

Uniknya sebelum menekuni bisnis tanaman hias sultan, Noldy Topan pernah memiliki agency model. Hal itu terungkap dalam Trans TV Official berjudul Jual Tanaman, Noldy Topan Raup Keuntungan Rp1 M Lebih Perbulan seperti dikutip Solopos.com pada Selasa (14/9/2021).

“Dulu pernah punya agency model gabung ama teman. Kalau bisnis tanaman justru orang tua saya duluan yang mulai di Palu. Saya nyariin di sini trus saya kirim ke Palu,” beber pria yang kini mengekspor tanaman hingga ke Thailand, Korea, dan Kanada itu.

Baca Juga: Warga Solo Rela Beli Rp225 Juta, Ini Alasan Harga Monstera King Variegata Selangit

Orang tuanya pun kerap meminta dirinya untuk terus ‘berburu’ beberapa jenis tanaman hias baik sebagai koleksi maupun memenuhi permintaan sesama pecinta tanaman hias.

“Dari situ dapet macam-macam tanaman hias. Melewati musim tanaman hias dari Philodendron ke Euphorbia, lalu ada Aglaonema, Anthurium, saya ngikutin terus, makanya tahu. Waktu itu sama kayak sekarang, banyak orang ramai pesan,” katanya.

Dulu, ia hanya modal rumah kontrakan. Namun kini, ia bisa memiliki nursery sendiri seluas 2.000 meter persegi dengan beragam koleksi tanaman hias.

Modal informasi itu lantas ia gunakan untuk mulai berburu dan mengumpulkan tanaman hias jenis tertentu sesuai tren.

“Dulu jaman Sansevieria, saya prediksi bakal naik. Baru deh banyakin, kumpulin, baru ramai. Beberapa tanaman hias lain juga gitu. Sebelum orang ramai-ramai cari, kami kumpulin duluan. Pada 2017, saya beli [Philodendron] melanochrysum, borong 200 pohon harganya cuma Rp15ribu [per pohon]. Sekarang ini yang besar Rp2 juta-Rp3juta,” ungkap Noldy.

Baca Juga:  Mau Memperkuat Otot Bahu? Cobalah Gerakan Y Raise

Terjun sekian tahun di dunia tanaman hias membuatnya juga ‘khatam’ dengan lokasi-lokasi perburuan. Petualangan mengumpulkan tanaman hias pun menghantarkannya ke berbagai pelosok Nusantara.

Untuk luar negeri, Noldy mengungkapkan bahwa ia banyak mengambil dari Thailand, negara yang dikenal sebagai sentranya tanaman hias dunia. Namun ada kisah unik. Menurutnya Thailand kecolongan dua kali dalam hal bisnis tanaman hias sultan yaitu Monstera Obliqua dan Monstera white mint yang sekarang dia tekuni. “Saya kena Monstera mint pertama kali pada 2017, pas pertama lihat wah ini unik. Waktu itu yang naik daun albo. Tapi feeling saya Mint juga bakal naik. Saya beli Monstera mint dari Thailand harganya 5.000 baht waktu itu. Saya kumpulin, totalnya ada 16 pohon saya dapat dari Thailand. Saya puasa, saya tahan dulu, barulah pada 2019 saya kenalin ke pasar,” bebernya seperti dikutip dari channel Youtube Susy Garden berjudul Noldy Topan, Penguasa Monstera Mint di Dunia, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Sering Kelelahan di Sore Hari? Lakukan 6 Cara Ini Agar Kembali Bersemangat

Dari ragam koleksi tanaman hias yang dimiliki, Noldy tidak hanya memuaskan hasrat dan kecintaannya pada tanaman hias. Ia juga berhasil mengumpulkan pundi-pundi bahkan mencapai miliaran rupiah.

Sebut saja Monstera white mint, yang saat ini sedang naik daun, pernah dilepas dengan harga Rp125 juta. Noldy meyakini hanya beberapa orang yang memiliki spesies ini dan dirinya pun memang sedang mengembangkan tanaman hias tersebut.

Kemudian ada Philodendron billietiae variegata yang dibanderol dengan harga Rp450 juta. “Karena variegata, jadi harganya berkali-kali lipat dari yang biasa. Kalau yang normal Rp15 juta,” katanya.

Menurut pengakuan Noldy, pernah ada yang belanja tanaman hias hingga Rp2 miliar dalam setahun terakhir ini. Noldy mengungkapkan bahwa sang pembeli tersebut memborong beberapa jenis tanaman sultan termasuk Monstera dan Philodendron.


Berita Terkait

Berita Terkini

Keren! Bocah 15 Tahun Ini Bisa Mainkan Musik DJ dan Wayang Bersamaan

Meski berumur 15 tahun, Lionel pandai bermain piringan hitam dan mampu mengombinasikan dengan permianan wayang.

Inil Bacaan Doa Saat Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Inilah doa yang dipanjatkan ketika berziarah kubur lengkap dengan arti dan tata caranya.

Hari Pangan Sedunia 2021: Sudah Tepatkah Kita Memperlakukan Pangan?

Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan global terhadap kelaparan serta untuk menyoroti perlunya memastikan pola makan yang sehat untuk semua.

Hari Pangan Sedunia 2021, Momentum Evaluasi Ketahanan Pangan Indonesia

Selama ini aktivitas manusia dalam mencapai ketahanan pangan sering menurunkan atau menghancurkan habitat alami dan berkontribusi pada kepunahan spesies.

Usia Seks Anak Makin Maju, Beri Pendidikan Seks Sesuai Usia Anak

Majunya usia anak yang melakukan seks tersebut, disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai hubungan seks dan kesehatan reproduksi pada anak.

Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kontak, Manakah yang Paling Baik?

Penggunaan lensa kontak saat ini bukan hanya sebatas sebagai alat bantu penglihatan, melainkan juga sudah seperti bagian dari fashion.

6 Makanan Ini Membantu Perkembangan Otak Anak

Ada sejumlah makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fungsi otak anak Anda.

Efek Pandemi Covid-19, Kasus Tuberkulosis Naik Lagi

WHO memaparkan bahwa kemajuan dalam pemberantasan penyakit TBC telah menjadi lebih buruk karena meningkatnya jumlah kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Punya Cicilan Utang KPR atau Pinjol? Ini Trik Bijak Melunasinya

Kita bisa menerapkan salah satu dari dua trik jitu supaya bisa cepat dapat melunasi utang atau cicilan yaitu menggunakan metode debt snowball atau debt stacking.

Mengenal Penyebab Kanker Usus Seperti Diidap Pelawak Qomar

Penyebab utama di balik kedua jenis kanker usus ini adalah mutasi gen.

Viral Kisah Sedih Pria Hidupi Istri ODGJ, Netizen Sindir Baim Wong

Video perjuangan pria menafkahi istrinya yang ODGJ itu kemudian viral di media sosial dan ada netizen yang mengaitkan dengan Baim Wong yang kini ramai diperbincangkan.

90 Karya Seni Rupa Semarakkan Pameran Lentik/Lenting ISI Surakarta

Pameran Lentik/Lenting adalah gagasan untuk melihat lentiknya potensi pengetahuan seni tradisi dengan segenap ciri artistik dan estetiknya, serta potensinya untuk melenting.

15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Tak Hanya untuk Cegah Covid-19

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini pertama dicetuskan oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008.

Cara Mudah Membeli dan Menggunakan Meterai Elektronik alias E-Meterai

Berikut ini terdapat cara mudah membeli dan menggunakan meterai elektronik alias e-meterai di pos.e-meterai.co.id.

Ini Bacaan Doa Agar Usaha dan Rezeki Lancar

Berikut bacaan doa yang bisa dilafalkan setiap hari agar usaha dan rezeki dilancarkan atas izin-Nya.

Agar Anak Tidak Jadi Penakut, Ajarkan Doa Ini!

Berikut ini terdapat doa yang bisa orang tua ajarkan kepada si kecil agar anak tidak jadi penakut. Lengkap dengan latin dan artinya.