SOLOPOS.COM - Stadion Manahan Solo (Kementerian PUPR)

Solopos.com, SOLO – Panitia Pelaksana (Panpel) Liga 2 Indonesia mewaspadai antusias penonton dalam lanjutan putaran kedua yang bakal dimulai awal November 2021 mendatang. Putaran kedua turut menyajikan pertandingan bertensi tinggi yakni Persis Solo melawan PSIM Jogja yang bertajuk Derbi Mataram.

Ketua Panpel Liga 2 Stadion Manahan, Ginda Ferachtriawan, saat dijumpai wartawan di sela-sela kegiatannya, Kamis (28/10/2021) mengatakan telah mengevaluasi jalannya pertandingan di putaran pertama. Secara khusus, panpel lebih mewaspadai antusias penonton yang datang ke stadion.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, dalam putaran pertama berjalan aman dan tidak ada kejadian signifikan termasuk dalam Derbi Mataram. Ia berharap catatan positif penyelenggaraan Liga 2 putaran awal dapat berlanjut di putaran kedua.

Baca Juga: Persis Solo Puncaki Klasemen, Kaesang: Tiba-Tiba Adem!

Dalam putaran pertama sempat terjadi insiden mati lampu jelang pertandingan. Ginda menyebut ada kesalahan di mekanisme panel kelistrikan. “Bisa jadi pelajaran untuk kami, kejadian mati lampu sebelum pertandingan. Saat ini seluruhnya sudah baik,” kata anggota DPRD Kota Solo itu.

Ia menambahkan tidak ada kerusakan fasilitas di Stadion Manahan. Kejadian rusaknya fasilitas ruang ganti beberapa waktu lalu, seluruhnya sudah diperbaiki. Ginda menjadikan hal itu sebagai catatan jelang digunakannya Stadion Manahan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

“Kerusakan yang terjadi hanya beberapa fasilitas kecil seperti engsel bukan disebabkan oleh pemain,” imbuh Ginda.

Imbauan Nonton di Rumah

Ia menambahkan terkait dengan keamanan pihak kepolisian juga bakal menambahkan personel dalam pertandingan-pertandingan bertensi tinggi. Lalu, jika ada informasi pergerakan penonton mengarah ke Stadion Manahan, kepolisian langsung menyekat akses masuk Kota Solo.

Sejauh ini kondisi rumput dalam keadaan sangat baik. Hal itu dikarenakan hujan yang turun beberapa waktu terakhir di Solo.

“Kami harap penonton menyaksikan pertandingan di rumah saja, ini masih pandemi dan pertandingan juga masih disiarkan langsung. Suporter kami harap taat dengan aturan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) dan pemerintah,” kata Ginda.

Baca Juga: Dimulai Besok! Ini Jadwal Pertandingan Pekan ke-10 Liga 1

Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan secara keseluruhan Stadion Manahan siap kembali digunakan. Ia merasa pelaksanaan putaran pertama sudah berjalan cukup baik. Namun beberapa lini masih memerlukan evaluasi seperti datangnya suporter ke kawasan stadion.

“Datangnya suporter nanti jadi evaluasi ke depan terutama pertandingan Derbi Mataram,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya