Pembobol Rekening Nasabah Rp2 Miliar Ditangkap, Ini Respons BTPN

Polda Metro Jaya telah menangkap dua orang tersangka tindak pidana pembobolan akun nasabah Jenius Bank BTPN sebesar Rp2 miliar.

 ilustrasi (Bisnis.com)

SOLOPOS.COM - ilustrasi (Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA – Polda Metro Jaya telah menangkap dua orang tersangka tindak pidana pembobolan akun nasabah Jenius Bank BTPN sebesar Rp2 miliar berinisial O dan D

Penangkapan dua terduga pelaku pembobolan akun nasabah Jenius milik PT Bank BTPN Tbk. (BTPN) menjadi peringatan penting bagi para pelaku kejahatan di sektor perbankan.

Wakil Direktur Utama Bank BTPN Darmadi Sutanto mengatakan penangkapan para terduga pelaku merupakan tindak lanjut dari laporan Bank BTPN pada Juli 2021.

Baca Juga: Harga BBM Indonesia Termurah ke-2 di Asean, Ini Perbandingannya

Menurutnya, hal ini menjadi pelajaran penting sekaligus peringatan bagi para pelaku kejahatan perbankan bahwa manajemen perseroan menangani secara serius setiap kasus yang terjadi dan merugikan nasabah Bank BTPN.

“Keamanan data dan dana nasabah merupakan prioritas utama kami, dan kami memastikan bahwa bertransaksi di Jenius Bank BTPN aman selama nasabah selalu menjaga kerahasiaan data pribadi mereka, termasuk One-Time Password [OTP], Personal Identification Number [PIN], dan kata sandi atau password,” kata Darmadi dalam siaran pers, Rabu (13/10/2021) seperti dilansir Bisnis.com.

Baca Juga: Rekening Nasabah BTPN Rp2 Miliar Dibobol, Ini Pelaku dan Modusnya

Penambahan Keamanan

Darmadi mengatakan bahwa Bank BTPN mendukung penuh para aparat dalam menjalankan proses hukum dan akan memenuhi panggilan kepolisian, jika dibutuhkan untuk memberikan keterangan lebih lanjut.

Dalam konferensi pers, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan para terduga pelaku menggunakan modus pengambilalihan rekening nasabah dengan cara melakukan panggilan kepada korban dan mengaku sebagai staf Bank BTPN.

Korban yang terpengaruh kemudian mengikuti petunjuk pelaku dengan mengirimkan login terdaftar dengan mengisi data nasabah dan OTP.

Baca Juga: Rekomendasi Bisnis di Masa Pandemi yang Bisa Dicoba

“Setelah pelaku mendapat akun nasabah, pelaku mengambil alih rekening nasabah kemudian dikuras habis,” ungkap Yusri.

Untuk mencegah kerugian nasabah yang terpedaya karena rekayasa sosial, Jenius Bank BTPN melakukan penambahan keamanan perbankan digital, menggunakan teknologi berlapis dalam rangka memastikan keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

“Bank BTPN telah memenuhi standar keamanan perbankan dan senantiasa menambah sistem keamanan Jenius sebagai perbankan digital kami dengan keamanan kelas dunia, mengikuti perkembangan teknologi dan zaman untuk memastikan data nasabah terjaga,” kata Darmadi.


Berita Terkait

Berita Terkini

Dirut Beberkan Perkembangan Restrukturisasi Utang Garuda Indonesia

Garuda Indonesia memastikan bahwa seluruh aspek kegiatan operasional penerbangan akan tetap berlangsung dengan normal.

Biar Ekonomi Tumbuh 5%, Investasi 2022 Ditarget Capai Rp1,2 Kuadriliun

Pemerintah menetapkan target pertumbuhan ekonomi pada 2022 sebesar 5,2 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), dalam APBN 2022.

Kembali Digelar, PLN Journalist Award 2021 Siapkan Hadiah Rp400 Juta

Terdapat 9 kategori karya jurnalistik yang dilombakan dalam PLN Journalist Award 2021.

Punya Peternakan di Wonogiri, Ini Deretan Bisnis Widodo Makmur Perkasa

Widodo Makmur Perkasa merupakan perusahaan holding yang membawahi lima lini bisnis dari peternakan sapi sampai konstruksi dan energi terbarukan.

Animo Berbisnis Tinggi, Aku Saudagar Muda 2021 Terima 2.510 Pendaftar

setiap peserta yang lolos proses seleksi, akan menjadi reseller untuk memasarkan produk–produk unggulan UMKM mitra binaan Rumah BUMN BNI.

Catat, Begini Cara Mengajukan KPR Rumah Subsidi di BTN

Banyak lembaga keuangan yang menawarkan kredit kepemilikan rumah (KPR) yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan rumah idaman, termasuk untuk generasi milenial dan Z.

Airlangga: Akselerasi Transformasi Digital Percepat Pemulihan Ekonomi

Indonesia memiliki bonus demografi yang mendukung pembentukan ekosistem digital yang berkelanjutan dengan mayoritas penduduk generasi Z dan milenial.

11 Anak Muda Tangguh Terima Apresiasi SATU Indonesia Awards dari Astra

Semangat dan kegigihan 11 anak muda tersebut semakin terasa pada acara Awarding 12th SATU Indonesia Awards 2021 yang diadakan secara virtual pada hari ini, Kamis (28/10/2021).

Widodo Makmur Perkasa Tawarkan Saham Hingga 25%

PT Widodo Makmur Perkasa Tbk melangsungkan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) dengan melepas 25% saham.

Dirut Garuda Liburan Pakai Fasilitas Kantor? Ini Penjelasan Manajemen

Belum lama ini Serikat Karyawan Garuda melaporkan dugaan Direktur Utama Irfan Setiaputra liburan bersama keluarga dengan menggunakan fasilitas kantor.

Hari Listrik Nasional, PLN Beri Kado Istimewa untuk 17 Pelanggan

PLN sebagai penyedia kelistrikan senantiasa berkomitmen untuk dapat menyediakan listrik yang berkualitas,

Ini Permintaan Kadin kepada Buruh terkait Tuntutan Kenaikan UMR 2022

Formulasi penetapan UMP/UMR sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai turunan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Siap-Siap, Insentif Pajak Mulai Dikurangi Tahun Depan di Sektor Ini

Pemerintah menegaskan akan mengurangi pemberian insentif pajak secara bertahap pada tahun depan.

Jelang Akhir Tahun, KPP Madya Solo 19 Kali Sita Aset Wajib Pajak

Kurang dari dua bulan jelang akhir tahun ini, KPP Madya Solo berhasil melakukan 19 kali penyitaan dengan total tunggakan pajak lebih dari Rp26 miliar.

Lagi Turun Nih! Buruan Cek Harga Emas Pegadaian Kamis 28 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (28/10/2021) turun dari hari sebelumnya, baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Festival Kuliner Online Logan Food di Solo Banyak Diskon, Ayo Serbu!

Festival ini menggandeng lebih dari 75 stan kuliner khas Kota Solo. Di antaranya Tumpeng Solo, sate Pak Manto, bakmi Bu Yayuk, bakso Titoti, dan Kusuma Sari.