Solopos.com, SORONG — Upacara pengambilan api abadi dilakukan di PLTMG Pertamina, Distrik Klamono, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Sabtu (25/9/2021). Sejumlah mantan atlet dari Papua dan nasional dari berbagai provinsi turut ambil bagian dalam kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Api abadi dibawa menggunakan lentera yang didesain seperti alat musik Tifa khas Papua. Kirab api abadi akan dibawa berkeliling ke berbagai daerah di Papua.

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kirab api abadi PON melintasi lima wilayah di Papua sebagai perwujudan dari lima wilayah adat Papua. Biak itu mewakili wilayah adat Saireri. Timika mewakili wilayah adat Meepago. Wamena mewakili wilayah adat Lapago. Merauke mewakili wilayah adat Anim, sedangkan Jayapura mewakili wilayat adat Tabi.

 

Salah satu pemilik ulayat Malamoi mengambil api abadi di PLTMG Pertamina, Distrik Klamono, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Sabtu (25/9/2021). (Antara/Olha Mulalinda)

 

Api abadi dibawa dengan lentera yang didesain seperti alat musik Tifa khas Papua di PLTMG Pertamina, Distrik Klamono, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Sabtu (25/9/2021). (Antara/Olha Mulalinda)

 

Mengawali rangkaian PON Papua, PLTMG Klamono dipercayakan sebagai tempat pengambilan api PON dengan sejarah dimulainya industri minyak dan gas di tanah Papua.Kirab api abadi akan dibawa berkeliling ke berbagai daerah di Papua. Kirab api abadi PON melintasi lima wilayah di Papua sebagai perwujudan dari lima wilayah adat Papua. (Antara/Olha Mulalinda)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi