Perhatikan Cara Perawatan Monstera Agar Tumbuh Maksimal

Perawatan Monstera sebenarnya termasuk gampang.

 Monstera Adansonii (liputan6)

SOLOPOS.COM - Monstera Adansonii (liputan6)

Solopos.com, SOLO-Bagi Anda yang jatuh cinta pada keindahan Monstera atau janda bolong, sebaiknya ketahui cara perawatan yang benar. Jangan sampai tanaman yang Anda miliki sekarat dan mati hanya gara-gara salah penanaganan.

Perawatan Monstera sebenarnya termasuk gampang. Tanaman ini masih bisa tumbuh dengan baik meskipun Anda tidak sengaja atau lupa merawat atau menyiraminya selama beberapa hari. Hal ini karena tanaman ini tidak butuh air banyak.

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam perawatan Monstera jika menanamnya di luar ruangan adalah kelembapan dan terpaan air. Tanaman ini mudah membusuk jika terlalu sering basah.

Memelihara monstera di rumah memberikan keuntungan. Tanaman hias monstera memiliki permukaan daun yang lebar sehingga mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah yang banyak di pagi hingga siang hari. Dengan menempatkan tanaman ini di dalam pot di dalam ruangan, maka ruangan tersebut akan menjadi lebih segar dan nyaman.

Baca Juga: Simak Penyebab dan Dampak Sleep Apnea

Keunggulan lainnya, permukaan daun monstera yang lebar mempunyai lapisan seperti lilin yang dapat ‘menangkap’ debu sehingga menjaga ruangan tetap bersih. Anda cukup membersihkan debu yang menempel pada permukaan secara rutin agar tanaman bisa tetap bersih.

Tanaman monstera juga bisa memunculkan kelembapan yang baik pada ruangan Anda. Suasana di dalam rumah akan menjadi lebih sejuk dan tidak terlalu kering dan mengakibatkan kulit Anda menjadi mengering dan tidak nyaman. Monstera merupakan salah satu bentuk tanaman hias yang sangat mudah untuk dirawat.

Berikut ini adalah beberapa cara terbaik dan paling mudah untuk perawatan Monstera seperti dikutip dari Suara.com, Selasa (14/9/2021):

1. Tanaman monstera adalah salah satu tanaman yang bisa Anda tanam di dalam rumah.

Berbeda dari tanaman biasa, tanaman monstera ini tidak terlalu membutuhkan cahaya. Tanaman monstera yang terlalu banyak terkena cahaya warna daunnya akan berubah menjadi kuning keemasan.

2. Tanaman ini akan bisa tumbuh subur apabila berada di dalam ruangan yang sedikit gelap dan daunnya akan menjadi jauh lebih banyak. Untuk hasil terbaik, Anda bisa menempatkan tanaman ini agar tidak terkena cahaya secara langsung.

3. Anda tidak perlu menyiram tanaman ini secara rutin. Terlalu sering menyiramnya justru membuat tanaman ini membusuk. Sebelum Anda menyiram, lihatlah terlebih dahulu kondisi tanahnya. Apabila tanah masih terlalu basah, jangan dulu disiram. Tunggu hingga tanah menjadi lebih kering.

Baca Juga: Harga Tanaman Hias Ini Juga Fantastis Seperti Monstera King Variegata

4. Monstera punya tingkat pertumbuhan yang cepat. Agar tidak terlalu rimbun, Anda bisa membatasi pertumbuhannya dengan mengatur besar potnya. Sebaliknya, jika Anda ingin tanaman tersebut tumbuh lebat, lakukan pemindahan pot secara berkala ke ukuran yang lebih besar.

Pastikan untuk memberikan pupuk pada media tanam untuk mendapatkan daun monstera yang berwarna cerah dan indah. Sesuaikanlah jumlah pupuk yang Anda berikan agar tanah tidak menjadi terlalu asam dan merusak tanaman.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Tak Kuat Cuaca Esktrem, Perempuan di Bekasi Mandi dengan Air Es

Seorang perempuan melakukan hal unik untuk mendapatkan kesegaran di cuaca yang panas, yakni dengan mandi dengan air es.

Begini Cara Memacu Kualitas Belajar Si Kecil

Untuk meningkatkan kualitas belajar Si Kecil dan memaksimalkan memori otak serta tumbuh kembang anak, pemberian nutrisi terbaik juga perlu diperhatikan. Mulai dari makanan pokok, camilan, hingga asupan tambahan seperti susu anak.

Resep Cara Membuat Pancake Teflon dan Pakai Takaran Sendok

Berikut ini terdapat resep dan cara membuat pancake dengan teflon dan hanya pakai takaran sendok. Hasilnya lembut dan enak!

Bos Indomaret Tabrakan di Tol Cipularang, yang Dikenal Jalan Terangker

Lokasi kecelakaan Bos Indomaret, Yan Bastian, di Tol Cipularang ternyata dikenal angker dan menyimpan kisah misteri.

Doa Mimpi Buruk dan Hal yang Harus Dilakukan dalam Islam

Selain doa, berikut ini terdapat hal yang harus dilakukan kalau mengalami mimpi buruk dalam ajaran Islam, sesuai disarankan Nadhlatul Ulama (NU).

Hasil Penelitian: Tak Perlu 10.000 Langkah per Hari Agar Panjang Umur

Penelitian baru dari para ilmuwan di Amerika Serikat menyimpulkan tidak perlu 10.000 langkah per hari untuk bisa panjang umur.

Waduh Seram! Penumpang Becak Mendadak Hilang Misterius

Pemilik akun lainnya memberikan cerita lebih lengkap kejadian penumpang becak mendadak hilang secara misterius itu lantaran terjadi di sekitar tempat tinggalnya.

Pulang ke Rumah Seperti Tukul, Begini Cara Rawat Pasien Stroke di Rumah

Tata laksana rawat pasien stroke di rumah memang tidak mudah, namun jangan menyerah.

Trending Topic di Twiter, Ini Penyebab Satpam BCA Selalu Ramah

Warganet pun ramai-ramai membuat cuitan tentang topik ini, hingga kata Satpam BCA pun menjadi trending di Twitter.

Hasil Penelitian: 3 Vaksin Ini Tidak Butuh Booster Hingga 8 Bulan

Para peneliti menemukan tanda yang menunjukkan ketiga vaksin menghasilkan perlindungan kuat dan tahan lama dari risiko keparahan penyakit sehingga tidak perlu booster.

Kenali Kram Otot Seperti Dialami Pebulutangkis Denmark Anders Antonsen

Olahraga dalam waktu yang lama atau aktivitas fisik, terutama dalam cuaca panas, dapat menyebabkan kram otot.

Keren! Bocah 15 Tahun Ini Bisa Mainkan Musik DJ dan Wayang Bersamaan

Meski berumur 15 tahun, Lionel pandai bermain piringan hitam dan mampu mengombinasikan dengan permianan wayang.

Inil Bacaan Doa Saat Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Inilah doa yang dipanjatkan ketika berziarah kubur lengkap dengan arti dan tata caranya.

Hari Pangan Sedunia 2021: Sudah Tepatkah Kita Memperlakukan Pangan?

Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan global terhadap kelaparan serta untuk menyoroti perlunya memastikan pola makan yang sehat untuk semua.

Hari Pangan Sedunia 2021, Momentum Evaluasi Ketahanan Pangan Indonesia

Selama ini aktivitas manusia dalam mencapai ketahanan pangan sering menurunkan atau menghancurkan habitat alami dan berkontribusi pada kepunahan spesies.

Usia Seks Anak Makin Maju, Beri Pendidikan Seks Sesuai Usia Anak

Majunya usia anak yang melakukan seks tersebut, disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai hubungan seks dan kesehatan reproduksi pada anak.