Perjalanan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga Lebih Cepat 1 Jam

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan percepatan waktu tempuh pada perjalanan sejumlah KA jarak jauh.

 

Direktur Operasi KAI, Heru Kuswanto, dalam peluncuran percepatan waktu tempuh perjalanan KA di Stasiun Solo Balapan, Jumat (24/9/2021).(Istimewa/KAI Daops VI)

SOLOPOS.COM - Direktur Operasi KAI, Heru Kuswanto, dalam peluncuran percepatan waktu tempuh perjalanan KA di Stasiun Solo Balapan, Jumat (24/9/2021).(Istimewa/KAI Daops VI)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan percepatan waktu tempuh pada perjalanan sejumlah KA jarak jauh, yakni KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Argo Bromo Anggrek, KA Argo Wilis, dan KA Taksaka.

Percepatan perjalanan ini bertujuan memenuhi harapan pelanggan yang memerlukan waktu perjalanan yang lebih cepat.

“Mulai 24 September 2021, PT KAI menghadirkan berbagai inovasi pada layanan KA penumpang. Inovasi tersebut berupa percepatan waktu tempuh, penyediaan layanan wifi gratis, dan penyediaan layanan Live Cooking di atas KA,” ujar Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, saat meresmikan tiga inovasi tersebut di Stasiun Bandung, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Kabar Baik untuk Army, Kopi Kenangan Hadirkan Merchandise BTS x Built NY

Didiek menjelaskan menyambut HUT ke-76 KAI pada 8 September 2021, KAI mengusung tema Melayani Lebih Cepat dan Lebih Baik. KAI ingin bergerak lebih cepat dalam melayani masyarakat dengan kualitas yang lebih baik. KAI terus melakukan berbagai inovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

Pertama, KAI melakukan percepatan waktu tempuh pada perjalanan KA Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasar Turi pergi pulang), Argo Wilis (Bandung – Surabaya Gubeng PP), Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan PP), Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan PP), dan Taksaka (Gambir – Yogyakarta PP). Misalnya, untuk rute Gambir – Solo PP perjalanannya kini lebih singkat menjadi hanya sekitar 7 jam saja dari sebelumnya sekitar 8 jam dengan menggunakan KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga.

KA Argo Lawu rute Solo Balapan – Gambir dari 7 jam 58 menit menjadi 7 jam atau lebih cepat 58 menit. KA Argo Lawu rute Gambir – Solo Balapan dari 8 jam menjadi 7 jam 4 menit atau lebih cepat 56 menit. KA Argo Dwipangga rute Solo Balapan – Gambir dari 8 jam menjadi 7 jam atau lebih cepat 60 menit. KA Argo Dwipangga rute Gambir – Solo Balapan dari 8 jam 7 menit menjadi 7 jam 4 menit atau lebih cepat 63 menit.

Baca Juga: Kunjungi Solo, Menko Airlangga Beri Dukungan untuk UMKM Rumahan

Layanan Wifi Gratis

Sedangkan KA Argo Wilis rute Bandung – Surabaya Gubeng PP lebih cepat 48 menit sehingga waktu tempuhnya menjadi 9 jam 55 menit. KA Argo Bromo Anggrek rute Gambir – Surabaya Pasar Turi PP setelah pada 1 Juni 2021 telah dikurangi 14 menit, kali ini kembali dikurangi 19-20 menit sehingga kini waktu tempuhnya menjadi 8 jam 10 menit.

Kedua, KAI meluncurkan layanan wifi gratis pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Wilis, Taksaka, dan Argo Parahyangan. Hadirnya wifi gratis bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital.Saat berada di kereta, pelanggan dapat memilih SSID wifi dengan nama #FreeWi-fi:MacroAd untuk dapat mengakses wifi gratis selama perjalanan.

Ketiga, KAI meluncurkan layanan live cooking pada KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Taksaka, dan KA Argo Wilis. Setelah sebelumnya dihadirkan pada KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Juni 2021, KAI kembali menambah layanan live cooking pada KA-KA lainnya atas dasar respon masyarakat yang positif.

“Berbagai inovasi kami hadirkan guna menciptakan customer experience yang lebih baik dan memberikan nilai tambah kepada para pelanggan setia KA,” imbuh Didiek.

Baca Juga: Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Pelanggan KA jarak jauhdiharuskan untuk sudah divaksin minimal dosis pertama dan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau rapid tesantigen maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan. KAI menyediakan 64 stasiun yang melayani rapid tes antigen seharga Rp45.000.

Direktur Operasi KAI, Heru Kuswanto, dalam sambutannya saat peluncuran waktu tempuh dan peningkatan layanan KA di Stasiun Solo Balapan mengatakan KA terus melakukan peningkatan pelayanan bagi pelanggan dalam merencanakan perjalanan secara terintegrasi, salah satunya melalui aplikasi KAI Access.

“KAI juga terus melakukan inovasi sebagai bentuk pelayanan yang lebih baik terhadap pelanggan. Ada free wifi dan live cooking pada pada KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Taksaka, danKA Argo Wilis,” papar dia.

Heru menjelaskan layanan live cooking dengan harapan dapat mengobati kerinduan pelanggan dan terkesan dalam berkuliner ketika dalam perjalanan. KAI bergerak lebih cepat dalam peningkatan pelayanan kepada pelanggan.


Berita Terkait

Espos Premium

Umat Lintas Agama Minta Pemerintah Serius Tangani Krisis Iklim

Umat Lintas Agama Minta Pemerintah Serius Tangani Krisis Iklim

Faiths for Climate Justice adalah gerakan mobilisasi global umat beragama yang diorganisasi GreenFaith International Network, aliansi multi-agama dari berbagai organisasi keagamaan akar rumput di Afrika, Amerika, Asia, Australia, dan Eropa.

Berita Terkini

Buruan Daftar! Diplomat Success Challenge 12 Segera Ditutup

Ayo segera ikuti Diplomat Success Challenge (DSC) 12 yang pendaftarannya akan ditutup pada 19 Juli 2021.

Pertamina Dorong Kendaraan Diesel Pakai Dex Series Biar Kinerja Optimal

Dexlite maupun Pertamina Dex telah teruji mampu menghasilkan performa mesin kendaraan yang optimal, juga lebih ramah lingkungan.

Mirip Debt Collector, Tugas Desk Collector Pinjol Ilegal Menebar Teror

Bareskrim Polri menangkap 7 tersangka desk collector terkait kasus pinjol ilegal belum lama ini. Apa perannya?

Tegas! Jokowi Beri Waktu 2 Tahun Bagi BUMN untuk Berubah

Selain membangun nilai, Presiden Jokowi juga meminta agar para direksi BUMN memiliki kepercayaan diri dalam berusaha.

Airlangga Tegaskan Komitmen Pemerintah Dorong Ekspor Lewat Kebijakan

Surplus perdagangan yang terus terjaga terutama disebabkan karena kinerja komoditas ekspor andalan Indonesia yang terus meningkat.

Hotel di Mandalika Full Booked di Tanggal Event Superbike dan MotoGP

Harga hotel di sekitar Sirkuit Mandalika pun naik dua kali lipat untuk pemesanan di tanggal perhelatan Superbike dan MotoGP.

OJK Terima 19.711 Aduan Soal Pinjol Ilegal, Ada Teror hingga Pelecehan

Sebanyak 52,97 persen (10.411 aduan) di antaranya masuk dalam kategori pelanggaran ringan/sedang, sementara 47,03 persen (9.270) aduan lainnya pelanggaran berat.

3.516 Aplikasi Telah Diblokir, Ini Cara Mengecek Legalitas Pinjol

OJK telah memiliki nota kesepahaman dengan Kepolisian, Kemkominfo, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Bank Indonesia untuk berkolaborasi dalam pemberantasan pinjol ilegal.

Ada Klub Sepak Bola Liga 1 Papan Atas Mau IPO Hlo, Siapa Ya?

PT Satu Global Investama (SGI) tengah merampungkan persiapan calon emiten baru, salah satu klub sepak bola liga 1 ternama di Indonesia untuk dapat melantai di bursa saham.

Lovetober, Cara Hemat Nikmati Ayam Panggang Khas Solo

Ayam panggang khas Solo I Am In Love memberikan promo khusus selama Oktober melalui Lovetober untuk para penggemar ayam panggang.

Simas Covid-19 dan Gamipro, Inovasi Terbaru Asuransi Sinar Mas

PT Asuransi Sinar Mas meluncurkan Simas Covid-19, asuransi yang menyediakan perlindungan khusus biaya perawatan Covid-19.

Produksi Padi Tahun Ini Naik Tipis, 3 Provinsi Paling Potensial

Produksi padi tertinggi pada 2021 terjadi pada Maret, yaitu sebesar 9,67 juta ton GKG, sedangkan produksi terendah terjadi pada bulan Januari, yaitu sebesar 2,08 juta ton GKG.

Utang Tersembunyi Indonesia dari China Rp488 T? Ini Tanggapan Kemenkeu

Lembaga riset Amerika Serikat (AS) AidData mengungkap Indonesia menumpuk utang dari China hingga total senilai USD34,38 miliar, atau setara Rp488,9 triliun.

Wow, Neraca Perdagangan RI Surplus 17 Bulan Beruntun!

Komoditas nonmigas penyumbang surplus terbesar adalah bahan bakar mineral, lemak dan minyak hewan nabati, serta besi dan baja.

Presiden Apresiasi Transformasi BUMN, Begini Respons Erick Thohir

Transformasi yang dijalankan Kementerian BUMN agar perusahaan-perusahaan BUMN makin profesional, transparan, dan akuntabel mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo.