Persiapan PTM, Disdikpora Kota Jogja Cek Ulang Sejumlah Sekolah

Disdikpora Kota Jogja menyatakan, semua sekolah telah siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM).

 Suasana vaksinasi kepada santriawan dan santriwati di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Jogja yang bekerja sama dengan BIN DIY, Senin (30/8/201). (Harian Jogja/Yosef Leon)

SOLOPOS.COM - Suasana vaksinasi kepada santriawan dan santriwati di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Jogja yang bekerja sama dengan BIN DIY, Senin (30/8/201). (Harian Jogja/Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Jogja menyatakan, semua sekolah telah siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) menyusul turunnya level PPKM di wilayah DIY menjadi level 3.

Saat ini, koordinasi bersama Satgas Penanganan Covid-19 setempat dan sejumlah sekolah tengah dilakukan untuk mempercepat pelaksanaan PTM.

“Seperti yang kita koordinasikan dengan sekolah maka pada hari ini kita mempersiapkan sekolah supaya siap melaksanakan PTM. Sekolah melaksanakan bersih-bersih, koordinasi internal. Me-review lagi sarana dan prasarana yang ada lalu SOP-nya bagaimana. Intinya tetap siap-siap,” kata Kepala Disdikpora Kota Jogja, Budi S. Asrori, Rabu (8/9/2021)

Baca juga: Pemkot Jogja Klaim Testing Covid-19 Capai 185 Persen

Budi mengatakan, sampai saat ini belum ada arahan lebih lanjut dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja. Tentang kapan PTM akan dimulai. Pihaknya akan terus berkoordinasi dan mempersiapkan sekolah untuk melaksanakan PTM. Semua sekolah diklaim siap melaksanakan PTM jika Satgas Covid-19 mengizinkan PTM digelar.

“Dari 165 SD dan 65 SMP/MTs semuanya sudah siap. Sekolah sudah kita verifikasi di Januari, Maret, April lalu. Kita tinggal review dan update data lagi. Apakah sekolah masih seperti dulu kemudian kebersihannya bagaimana. Mengenai pelaksanaannya kapan, itu yang mengumumkan langsung Satgas Covid-19,” ujarnya.

Di sisi lain pemerintah pusat juga telah mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) empat menteri. Soal penyelenggaraan PTM terbatas di masa pandemi. “Nanti akan kita koordinasikan dan kita juga sudah pernah simulasi ya pada April, Mei, Juni lalu. Terkait dengan batas dan jumlah siswa yang masuk pasti ada, pasti masih ada pembatasan,” urainya.

Baca juga: Keren, Tim ITNY Juara 1 Paper Competition Geodefest 2021

Sekolah di Jogja Siap PTM

Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Jogja, Niken Sasanti menyebut, setelah DIY turun level PPKM pihaknya melakukan pengecekan sarana dan prasarana. terutama penunjang proses PTM di masa pandemi. Kebersihan ruang kelas juga diperiksa serta berkoordinasi dengan orang tua murid.

“Dan tentu akan ada skrining untuk anak-anak dalam memastikan mereka sehat dan siap PTM,” katanya.

Baca juga: Pelaku Pencurian di SDN 2 Pucanganom Gunungkidul Mantan Siswa

Vaksinasi kepada peserta didik juga dilakukan. Pihaknya menyebut sebagian besar siswa sudah tervaksin. Namun ada beberapa murid yang tidak memenuhi ketentuan. Seperti usia atau pernah terpapar Covid-19 yang belum divaksin.

Sementara, Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi beberapa waktu lalu menyatakan, vaksinasi yang digelar di sejumlah sentra vaksinasi pelajar juga telah rampung pada 4 September lalu. Cakupan vaksin kepada pelajar bahkan telah mencapai 83 persen.

Selain itu, pihaknya memastikan bahwa para guru, karyawan, dan petugas lain yang bekerja di sekolah juga telah divaksin.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Kabar Baik! Tak Ada Zona Merah di Jogja, Tinggal Satu Oranye

Wakil Wali kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengumumkan tidak ada lagi kelurahan di Kota Jogja yang masuk zona merah, dan tersisa satu yang zona oranye.

Gelar Workshop Kewirausahaan, ITNY Jogja Siap Cetak Technopreneur Muda

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan workshop pengembangan kewirausahaan, Sabtu (16/10/2021).

Kemiskinan Kulonprogo Tembus 18,1 Persen, DPRD Minta Ada Evaluasi

Tingginya angka kemiskinan di Kulonprogo menjadi sorotan DPRD setempat. Legislatif ingin ada Pemkab mengevaluasi program pengentasan kemiskinan.

Pemkot Jogja Ingin Seluruh Wisata di DIY Bolehkan Anak 12 Tahun Masuk

Pemerintah Kota atau Pemkot Jogja berharap seluruh tempat wisata di Yogyakarta diizinkan untuk memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun masuk ke kawasan wisatanya.

Ternyata... Gaji Debt Collector Pinjol Ilegal di Sleman Setara UMR

Debt collector salah satu kantor pinjol ilegal di ruko lantai 3, Jalan Prof Herman Yohanes, Depok, Sleman, DIY digaji sesuai UMR Yogyakarta.

Pemkot Jogja Tidak Lagi Gunakan Metode Swab untuk Tes Covid-19, Lalu?

Pemerintah Kota Jogja tidak akan lagi menggunakan metode swab dalam pengambilan sampel tes Covid-19.

Bertambah, Pasien Covid-19 Klaster Senam Sehat di Bantul Jadi 14 Orang

Jumlah pasien Covid-19 dari klaster senam di Mbelan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Kabupaten Bantul terus bertambah hingga Kamis (14/10/2021), tercatat 14 orang.

Ini Daftar Wisata Terbaru di Yogyakarta yang Instagramable

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata terbaru yang layak dikunjungi.

Wisata Pantai di Gunungkidul Kapan Buka?

Inilah penjelasan kenapa sampai saat ini objek wisata pantai di Gunungkidul tak kunjung dibuka.

Jual ke Penyedia Nikah Siri, Komplotan Pencuri Buku Nikah Diringkus

Aparat Polres Gunungkidul meringkus komplotan pencurian spesialis buku nikah dan akta nikah untuk dijual lagi ke penyedia jasa nikah siri dan kawin kontrak.

Tabrakan Pikap dan Scoopy Di Kulonprogo, Dua Orang Tewas di TKP

Dua orang meninggal dunia seketika di tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan antara pikap dan Scoopy di Kulonprogo.

Gempa 4,9 Magnitudo Goyang Yogyakarta, Warga Berhamburan Keluar Gedung

Gempa bumi berkekuatan 4,9 Magnitudo yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur, turut dirasakan warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

7 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Tilik Bantul Dipindahlan ke RSLKC

Warga yang terpapar Covid-19 dari klaster tilik di Srigading, Saden, Bantul mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid (RSLKC) Bambanglipuro Bantul.

Gempa Kekuatan Magnitudo 4,9 Guncang Yogyakarta Siang Ini

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 di ke kedalaman 10 kilometer (km) dan pusat gempa di perairan selatan Jawa.

Antisipasi Gelombang Tiga, Dinkes Sleman Jemput Bola Vaksinasi Covid-19

Kepala Dinkes Kabupaten Sleman, Cahya Purnama, menyampaikan penurunan level PPKM berdampak pada pelonggaran aktivitas dan mobilitas masyarakat.