Tutup Iklan

Persis Solo Tabrak Rumus Peminjaman Pemain ke Liga 1

Lazimnya, tim-tim Liga 1 meminjamkan skuatnya yang kalah bersaing ke tim Liga 2 agar sang penggawa mendapatkan menit bermain.

 Reuben Silitonga (kanan) mengawal Melvin Platje dalam latihan rutin Bali United beberapa waktu lalu. (Istimewa/Bali United)

SOLOPOS.COM - Reuben Silitonga (kanan) mengawal Melvin Platje dalam latihan rutin Bali United beberapa waktu lalu. (Istimewa/Bali United)

Solopos.com, SOLOPersis Solo kembali meminjamkan pemain ke klub Liga 1. Setelah Azka Fauzi dan Zikri Akbar merapat ke Persita Tangerang, giliran bek Reuben Silitonga hijrah ke Bali United.

Peminjaman pemain dari klub Liga 2 ke tim kasta tertinggi bisa dibilang fenomena anyar di kancah sepak bola nasional. Lazimnya, tim-tim Liga 1 meminjamkan skuatnya yang kalah bersaing ke tim Liga 2 agar sang penggawa mendapatkan menit bermain.

Sebaliknya, klub Liga 2 biasanya dengan “senang hati” menerima pinjaman pemain dari Liga 1. Kualitas pemain dari kasta tertinggi diharapkan mampu mendongkrak permainan tim di Liga 2.

Baca Juga: Persis Solo Ajukan Izin Stadion Sriwedari untuk Latihan

Terakhir, Persijap Jepara memborong tiga pemain PSM Makassar yakni Friska Womsiwor, Ardan Aras, dan Hendrico Satriadi dengan status pinjaman. Namun rumus baku peminjaman pemain ini “ditabrak” Persis dengan kebijakannya melepas tiga pemain ke Liga 1.

Jika melihat komposisi pemain di Laskar Sambernyawa, anomali kebijakan peminjaman pemain ini memang dapat dipahami. Persis di bawah Eko Purdjianto memiliki skuat gemuk dengan separuh lebih skuatnya merupakan jebolan Liga 1.

Tercatat sedikitnya 27 penggawa Laskar Sambernyawa pernah mencicipi level kompetisi paling tinggi di Indonesia. Tingginya standar yang ditetapkan tim membuat sejumlah pemain harus tersingkir.

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres Atur Dana Abadi Pesantren

 

Antusias

Hingga kini ada enam penggawa Persis yang telah dipinjamkan. Dua pemain menyeberang ke sesama tim Liga 2 yakni Agus Nova Wiantara (Mitra Kukar) dan Zamrony (PSPS Riau). Adapun Yulius Pamungkas turun kasta ke Liga 3 dengan membela Belitong FC.

Seorang pendukung Persis asal Boyolali, Suryanto, menilai peminjaman pemain ke tim Liga 1 dapat berbuah positif karena pemain ditempa dengan persaingan level tertinggi. Peminjaman pemain ke tim beda kasta juga dapat mengantisipasi bertambahnya kekuatan tim rival.

Namun di sisi lain, imbuhnya, pemain berpotensi hanya menjadi penghangat bangku cadangan. “Logikanya di Persis saja kalah saing, apalagi kalau main di Liga 1,” ujarnya kepada Solopos.com, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres, PNS Bolos 10 Hari Bisa Dipecat

Reuben Silitonga sendiri antusias ketika dipinjamkan ke Bali United. Pemain kelahiran Manila itu harus menjalani trial selama tiga hari sebelum resmi berseragam Serdadu Tridatu.

Kehadiran stoper 30 tahun itu diharapkan mampu melapis Gunawan Dwi Cahyo yang masih dalam pemulihan cedera lutut. “Bangga dan bahagia karena sudah lama ingin bergabung dengan Bali United. Dari harapan menjadi kenyataan,” ujarnya dilansir baliutd.com. Sang pemain meyakini persaingan di Serdadu Tridatu tak mudah. “Semua pemain di sini top class,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Liga 2 Sukses Digelar di Solo, Menpora: Manahan Stadion Piala Dunia

Liga 2 Indonesia secara resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, lewat laga pembuka antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati yang dimenangkan Persis Solo 2-0.

Ternyata, Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik Dibanding Sepang Malaysia

Salah satu keunggulan yang menonjol dari Sirkuit Mandalika adalah kualitas aspalnya. Aspal yang digunakan merupakan jenis SMA.

Piala Sudirman 2021: Anthony Ginting Bawa Indonesia Ungguli Rusia

Tim Indonesia menghadapi Tim Rusia pada laga perdana Grup C Piala Sudirman 2021. Indonesia menurunkan Anthony Sinisuka Ginting pada pertandingan pertama.

LIVE Persis Solo Vs AHHA PS Pati: Laga Berakhir, Persis Menang 2-0!

Persis Solo menantang PSG Pati atau dikenal dengan nama AHHA PS Pati pada laga pembuka Liga 2 musim ini.

Hujan Jelang Persis Solo Vs PSG Pati, Stadion Manahan Gak Akan Banjir!

Hujan lumayan deras mengguyur kawasan Stadion Manahan Solo pada Minggu (26/9/2021) mulai sekitar pukul 17.10 WIB, jelang duel Persis Solo vs AHHA PS Pati.

Ini Susunan Pemain Persis Solo Vs AHHA PS Pati: Beto Starter!

Persis Solo akan menghadapi PSG Pati atau dikenal dengan nama AHHA PS Pati pada laga pembuka Liga 2 musim ini.

Persis Solo Vs AHHA PS Pati Juga Disiarkan Streaming Loh, Ini Linknya

Pertandingan pembuka Liga 2 Indonesia musim ini antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati akan digelar di Stadion Manahan Solo.

Bangkitkan Gairah Persis Solo Juara Liga, Banner Dukungan Bertebaran

Kompetisi Liga 2 Indonesia yang kembali bergulir membuat para pendukung Persis Solo bergerak menyuarakan dukungan dengan berbagai ekspresi.

Berada di Grup Neraka, Hizbul Wathan Waspadai Persis Solo

Persis Solo sebagai tuan rumah dinilai menjadi tim paling diwaspadai oleh Hizbul Wathan FC dan dinilai sebagai tim terkuat.

Kata Rossi Soal Balapan di Mandalika: Jika Panas, Bisa Terjun ke Laut!

Indonesia dikabarkan akan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP pada musim depan. Gelaran itu akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Jangan Kelewatan! Persis Solo Vs AHHA PS Pati Disiarkan Indosiar

Pertandingan pembuka Liga 2 Indonesia musim ini antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi Indosiar.

Meninggal di Balap World Supersport 300, Ini Sosok Dean Berta Vinales

Dean Berta Vinales, meninggal dalam usia 15 tahun setelah mengalami kecelakaan saat tampil dalam balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyo.

Prediksi Persis Solo Vs AHHA PS Pati, Bisa Menang Laskar Sambernyawa?

Persis Solo akan menghadapi PSG Pati atau AHHA PS Pati pada laga perdana Grup C Liga 2 musim ini. Duel tersebut bakal dilangsungkan di Stadion Manahan.

Pep Guardiola Cetak Rekor Manajer City Tersubur Seusai Kalahkan Chelsea

Pep Guardiola menorehkan rekor sebagai manajer Manchester City dengan jumlah kemenangan terbanyak sepanjang masa seusai timnya mengalahkan Chelsea 1-0.

Hasil Liga Inggris Semalam: Chelsea dan MU Kalah, Liverpool Imbang

Manchester United yang dibintangi Cristiano Ronaldo di luar dugaan menyerah 1-2 dari Aston Villa.