SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyiapkan masakan rumah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, mengonsumsi masakan rumah tentu lebih aman daripada pergi makan ke restoran. Jika toh Anda berniat makan di restoran, pastikan kebersihan di restoran tersebut.

Saat Anda beraktivitas di luar misalnya bekerja di kantor, tak ada salahnya Anda membawa bekal masakan rumah. Bahkan saat si kecil sudah kembali ke bangku sekolah, tak ada salahnya membawakan mereka bekal makanan hasil racikan Anda sendiri daripada membiarkan mereka jajan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut ini sejumlah alasan mengapa sebaiknya Anda memilih masakan rumah daripada jajan di restoran atau warung seperti dikutip dari alodokter.com, Kamis (14/10/2021):

1. Lebih mudah mengatur komposisi bumbu dan kebutuhan nutrisi

Penggunaan bumbu dalam masakan bisa memengaruhi kesehatan Anda. Dengan memasak di rumah, Anda bisa mengatur jenis makanan dan bumbu yang digunakan.

Ekspedisi Mudik 2024

Misalnya, jika Anda menderita tekanan darah tinggi, Anda dapat mengurangi garam dan MSG. Sedangkan bagi Anda yang menderita diabetes, Anda bisa mengurangi asupan gula dalam masakan.

Baca Juga: Ini Keistimewaan Squid Game dari Battle Royale dan The Hunger Games

Jika Anda ingin menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat lebih mudah mengatur asupan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh dengan cara memasak sendiri di rumah. Masakan restoran, terutama restoran cepat saji, biasanya mengandung lebih banyak lemak, kalori, minyak, gula, garam, daripada masakan rumah.

2. Dapat memastikan kebersihan makanan

Meski terlihat mewah dan menarik, Anda tidak selalu dapat memastikan kebersihan makanan di restoran, baik dari kebersihan dapur, alat-alat yang digunakan, hingga penyajiannya.

Sementara di rumah, Anda bisa memastikan kebersihan masakan. Misalnya, sayuran atau buah yang dicuci hingga benar-benar bersih untuk menghindari kontaminasi bakteri E.coli dan Salmonella.

3. Dapat memilih sendiri cara mengolah masakan

Kelebihan masakan rumah selanjutnya adalah Anda bisa memilih sendiri cara mengolah masakan untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat. Contohnya, Anda bisa menggunakan minyak yang lebih sehat, atau mengurangi pemakaian minyak dengan cara mengukus atau memanggang makanan.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan untuk Turunkan Kadar Kolesterol, Mau Coba?

4. Dapat mengatur porsi sesuai kebutuhan

Banyak restoran menawarkan masakan dengan porsi yang besar untuk menarik minat pembeli. Padahal, porsi itu bisa jadi jauh melebihi porsi makan yang Anda butuhkan.

Nah, dengan memasak di rumah, Anda bisa mengatur sendiri porsi makanan dan jumlah kalori sesuai kebutuhan, sehingga Anda bisa menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas. Agar lebih mudah, Anda bisa mengikuti petunjuk resep masakan yang menyertakan infromasi nilai gizi dan kalori dalam makanan.

Jika dibandingkan dengan masakan rumah, masakan restoran memang lebih praktis, cepat, banyak pilihan, dan memiliki rasa yang beragam.

Namun, kekurangan masakan restoran adalah Anda tidak tahu bagaimana proses dan cara memasaknya, nutrisi yang terkandung di dalamnya, bahan yang digunakan, dan kebersihan masakan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya