SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo menyalakan kembali penerangan jalan umum (PJU) di Sukoharjo menyusul pelonggaran pembatasan aktivitas masyarakat, Kamis (21/10/2021). (Istimewa/Dishub Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Penerangan di sembilan ruas jalan Sukoharjo yang sempat dimatikan saat malam selama PPKM darurat hingga PPKM level 3 mulai dihidupkan kembali. Hal itu menyusul turunnya PPKM Sukoharjo ke level 2.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, saat ini, 98 persen fasilitas penerangan jalan umum (PJU) di Sukoharjo sudah kembali dihidupkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo mulai Rabu (20/10/2021). Langkah tersebut didasari rekomendasi Satgas Covid-19 Sukoharjo lantaran adanya pelonggaran mobilitas masyarakat di malam hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ihwal dihentikannya program pemadaman PJU untuk menekan mobilitas masyarakat selama PPKM diungkapkan Kepala Dishub Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, kepada Solopos.com melalui telepon, Kamis (21/10/2021). Ia mengatakan per Rabu, Dishub sudah mendapatkan lampu hijau dari Satgas Covid-19 Sukoharjo untuk menyalakan kembali PJU di seluruh jalan Sukoharjo.

Baca Juga: Tak Ingin Ada Klaster Covid-19 PTM, Begini Strategi Disdikbud Sukoharjo

“Kami sudah mulai menyalakan secara bertahap. Kemarin sudah ada rekomendasi dari Bupati Sukoharjo untuk menyalakan kembali. Proses menyalakan PJU itu kami prediksi bisa selesai dilakukan Jumat siang. Beberapa PJU memang perlu menyambung kabel lagi lantaran tidak menggunakan saklar. Saat ini petugas kami masih terus menyisir di sejumlah lokasi untuk menyalakan lagi,” ucapnya.

PJU di Satu Ruas Jalan Belum Dinyalakan

Toni menyebut Satgas Covid-19 Sukoharjo memberikan pelonggaran aktivitas malam hari karena melihat kondisi pandemi Covid-19 di Sukoharjo sudah membaik dan PPKM sudah turun ke level 2. Pemkab Sukoharjo memberikan izin menghidupkan kembali PJU untuk kenyamanan mobilitas masyarakat.

“Alasannya karena capaian vaksinasi sudah lebih dari 70 persen, temuan kasus baru juga rendah. Jadi kemudian muncul lah rekomendasi tersebut dan langsung kami tindak lanjuti sejak kemarin,” bebernya.

Baca Juga: Pemkab Sukoharjo Izinkan Hiburan Musik di Resepsi Pernikahan

Meskipun begitu, Toni mengatakan tidak semua PJU di Sukoharjo dihidupkan setelah adanya pelonggaran tersebut. Kawasan dekat Patung Kuda Solo Baru atau Jl Cendana Raya lampu PJU-nya masih dimatikan.

Hal ini karena Satgas Covid-19 Sukoharjo melihat kesadaran prokes di kawasan tersebut masih rendah dan masih banyak ditemukan kerumunan. “Jadi total ada sembilan ruas jalan yang PJU-nya sudah kami nyalakan kembali. Hanya satu ruas jalan saja yang belum direkomendasikan untuk dinyalakan. Tapi nanti tetap kami pantau dan kami evaluasi. Tapi juga akan digencarkan operasi prokes nantinya,” terangnya.

Sebelumnya, Pemkab Sukoharjo memutuskan memadamkan PJU di sejumlah ruas jalan di Sukoharjo sejak PPKM darurat diterapkan. Kebijakan tersebut ditujukan untuk membatasi mobilitas masyarakat saat malam hari.

Berikut daftar PJU Sukoharjo yang dinyalakan kembali:

  1. Alun-alun Satya Negara
  2. Depan Bank Pasar
  3. Sritex ke Utara
  4. Simpang The Park Solo Baru
  5. Barat Jembatan Bacem
  6. Jl. Slamet Riyadi Kartasura
  7. Jl. Adi Sumarmo Kartasura
  8. Jl. Sidan – Jembatan Mojo, Mojolaban
  9. Jl. Rajawali

PJU yangbelum dinyalakan: Jl Cendana Raya Solo Baru Sekitar RS Indriati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya