SOLOPOS.COM - Kasatlantas Polresta Solo Kompol Adhytiawarman Gautama Putra. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah ruas jalan yang sempat ditutup sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat hingga PPKM level di Kota Solo kini telah dibuka total.

Hanya satu ruas jalan yang masih ditutup yakni Jl Slamet Riyadi dengan batasan waktu. Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, kepada wartawan, Rabu (15/9/2021), mengatakan perpanjangan PPKM Level 3 membuat kepolisan memberi kelonggaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lima ruas jalan yakni Jl Yos Sudarso, Jl Piere Tendean, Jl dr Radjiman, Jl Urip Sumoharjo, dan Jl Sutan Syahrir yang sebelumnya ditutup saat ini seluruhnya telah dibuka tanpa batasan waktu.

Baca Juga: Gibran Kagum dengan Kondisi Rutan Solo Meski Over Capacity Hingga 200%

Termasuk Jalan Gatot Subroto dan Jalan Adi Sucipto, Solo, yang sempat ditutup saat PPKM darurat hingga PPKM level tetap dibuka secara penuh. “Hanya Jl Slamet Riyadi yang masih kami tutup mulai pukul 21.30 WIB hingga 05.00 WIB. Selain itu sudah kami buka,” paparnya.

Kasatlantas menambahkan penutupan Jl Slamet Riyadi untuk menekan angka mobilitas di ruas jalan utama itu. Ruas Jl Slamet Riyadi dari Simpang Gendengan hingga Bundaran Gladak dinilai paling tinggi angka mobilitasnya dibandingkan ruas jalan lain.

Operasi Penyekatan

Meski ada kelonggaran, Kasatlantas meminta masyarakat tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Petugas masih melanjutkan operasi penyekatan di seluruh akses masuk Kota Solo meski ruas-ruas jalan yang tadinya ditutup saat PPKM telah dibuka.

Baca Juga: Punya Aset Terbesar di Soloraya, BPR BKK Karangmalang Sragen Ekspansi ke Solo

Penyekatan itu menyasar seluruh pelat nomor kendaraan untuk mengecek status vaksinasi pengguna jalan. Petugas turut mengecek aplikasi PeduliLindungi di smartphone mereka.

Sementara itu, Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, memprediksi keberadaan pos pantau di lokasi-lokasi pasar nonesensial akan berlanjut. Meskipun status PPKM dari Level 4 sudah turun ke Level 3, Kapolresta menegaskan tidak ingin kecolongan warga abai protokol kesehatan.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Sudah Lampaui 100%, Ini Target Pemkot Solo Selanjutnya

“Prokes berjalan baik dan aturan berjualan di pasar berjalan baik. Tiga lokasi pos pantau utama di Pasar Klewer, BTC, dan PGS. Pasar lain kami sebar anggota untuk berada di sana,” paparnya.

Ia menambahkan sama seperti sebelumnya, petugas pos pantau tetap menginstruksikan kepada warga jangan mengabaikan protokol kesehatan. Kapolresta bakal mengambil swab acak jika ada pelanggaran prokes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya