SOLOPOS.COM - Bos Tesla, Elon Musk. (Bisnis-Bloomberg)

Solopos.com, SOLO — Jumlah utang luar negeri (ULN) Indonesia menembus angka USD423,1 miliar atau setara Rp6.008 triliun pada triwulan III-2021.

Pinjaman yang begitu besar itu diajukan untuk menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, dengan meminimalisasi risiko yang dapat mempengaruhi stabilitas perekonomian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Akan tetapi, sejumlah pengamat ekonomi memperkirakan Indonesia belum bisa melunasi utang tersebut hingga 2050 mendatang. Dikutip dari Okezone, ada dua orang yang bisa melunasi utang luar negeri Indonesia yang menumpuk itu.

Baca juga: Utang Indonesia Numpuk Rp6.000 Triliun, Cuma 2 Pria yang Mampu Lunasi

Keduanya adalah Elon Musk dan Jeff Bezos yang merupakan orang terkaya di dunia. Saat ini Elon Musk menempati posisi pertama orang terkaya dunia, sementara Jeff Bezos berada di urutan kedua.

Mengutip Forbes real time billionaires, Jakarta, Selasa (16/11/2021), harta Elon Musk yang merupakan bos Tesla dan SpaceX mencapai USD266,9 miliar atau setara Rp3.789,90 triliun. Sementara, harta Jeff Bezos yang merupakan bos Amazon dan Blue Origin mencapai USD204,2 miliar atau setara Rp2.899,64 triliun.

Jika kekayaan mereka ditotal, maka mencapai sekira Rp6.688 triliun. Dengan angka tersebut, maka utang luar negeri Indonesia Rp6.008 triliun bisa dilunasi.

Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (18/11/2021), Jeff Bezos adalah pendiri dan CEO Amazon.com, situs e-commerce terbesar di dunia. Sebelum sukses menjadi triliuner, pria kelahiran 12 Januari 1964 itu sempat bekerja di berbagai tempat, salah satunya menjadi pelayan kedai makanan cepat saji, McDonald’s. Saat itu usianya masih 16 tahun dan bayarannya di McDonald’s sebesar US$2,69 per jam.

Baca juga: Saham Tesla Terperosok, Elon Musk Tekor Rp713 Triliun

Siapa sangka, kini pria kelahiran Alburquerque, New Mexico, Amerika Serikat, itu menjadi orang orang terkaya nomor dua di dunia. Berdasarkan laporan Forbes, harta kekayaan Bezos tercatat mencapai US$201,4 miliar atau sekitar Rp2.908 triliun.

Sementara Elon Musk adalah merupakan orang terkaya di dunia yang total kekayaannya mencapai Rp4.103 triliun. Pria kelahiran Pretorika, Afrika Selatan, 1971 itu merupakan sarjana ekonomi pendiri Tesla dan SpaceX. Tesla merupakan perusahaan mobil listrik yang didirikan pada 2003. Produk Tesla ini dibuat sebagai bentuk kepedulian Elon Musk terhadap energi bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya