SOLOPOS.COM - Rais Aam PBNU K.H. Miftachul Akhyar (Antara)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat profil atau biodata dari KH Miftachul Akhyar, sosok yang terpilih kembali sebagai Rais Aam PBNU 2021-2026 di Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung, Jumat (24/12/2021) dini hari.

Miftachul Akhyar terpilih kembali sebagai Rais Aam PBNU melalui musyawarah sembilan anggota Ahlul Walii Wal Aqdi (AHWA).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Sempat Disinggung Jokowi, Apa Itu Metaverse?

“Kami semua sepakat para sesepuh kiai dan tidak ada perbedaan pendapat, kami bulat sepakat menunjuk kepada Kiai Miftachul Akhyar menjadi Rais Aam PBNU 2021-2026,” ujar Anggota AHWA Zainal Abidin saat membacakan hasil musyawarah, sebagaimana telah diberitakan Solopos.com sebelumnya, Jumat.

Terpilihnya lagi sebagai Rais Aam PBNU, banyak yang penasaran mengenai profil atau biodata dari KH Miftachul Akhyar.

Baca Juga: Deretan Tempat Wisata di Sragen: Ada yang Jarang Diketahui Orang

Nah, untuk itu, kali ini Solopos.com akan menyajikan profil singkatnya, sebagaimana dikutip dari Bisnis.com dan Okezone.com.

Profil Miftachul Akhyar

1. Aktif di NU Sejak Muda

Profil pertama dari Miftachul Akhyar, ulama yang menjadi Rais Aam PBNU 2021-2026 ini mengulas tentang kehidupannya yang sejak muda aktif di NU.

Pria kelahiran 1953 ini memang sejak muda aktif di NU. Dia merupakan Pengasuh Ponpes Miftachus Sunnah Surabaya.

Baca Juga:  Biodata Mbah Minto, Artis Parodi Gagal Mudik yang Meninggal Dunia

2. Putra dari KH Abdul Ghoni

Profil kedua dari Miftachul Akhyar, ulama yang menjadi Rais Aam PBNU 2021-2026 ini menginformasikan tentang asal-usulnya.

Dia merupakan anak kesembilan dari 13 bersaudara. Ayah Miftachul Akhyar adalah Pengasuh Ponpes Tahsinul Akhlaq Rangkah, KH Abdul Ghoni.

Baca Juga:  Kisah Misteri Pesantren Jin di Sragen, Ada Asrama Gaibnya Juga

3. Nyantri di Berbagai Ponpes

Profil ketiga dari Miftachul Akhyar, ulama yang menjadi Rais Aam PBNU 2021-2026 ini menginformasikan tentang pendidikan yang ia tempuh di berbagai pondok pesantren.

Miftachul Akhyar tercatat pernah nyantri di Pondok Pesantren Tambak Beras, Pondok Pesantren Sidogiri (Jawa Timur), Pondok Pesantren Lasem Jawa Tengah, dan mengikuti Majelis Ta’lim Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Makki Al-Maliki di Malang, tepatnya ketika Sayyid Muhammad masih mengajar di Indonesia.

Baca Juga: Syuting di Pengungsian Semeru, Warga Lumajang Boikot Sinetron Ini

4. Orang yang Sederhana

Profil keempat dari Miftachul Akhyar, ulama yang menjadi Rais Aam PBNU 2021-2026 ini mengungkap kesederhanaannya.

Menurut catatan PW LTNNU Jatim, Ahmad Karomi, kesederhanaan Miftachul Akhyar terlihat lewat penghormatan terhadap tamu. Dia tidak segan-segan menuangkan wedang dan menyajikan camilan kepada tamunya.

Baca Juga:  Disebut Dekat dengan Kevin Sanjaya, Ini Profil Valencia Tanoesoedibjo

5. Karier di NU

Profil kelima dari Miftachul Akhyar, ulama yang menjadi Rais Aam PBNU 2021-2026 ini membeberkan kariernya selama di NU.

Di NU, ia pernah menjabat sebagai Rais Syuriyah PCNU Surabaya 2000-2005, Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur 2007-2013, 2013-2018 dan Wakil Rais Aam PBNU 2015-2020 yang selanjutnya didaulat sebagai Pj. Rais Aam PBNU 2018-2020, dan kembali menjadi Rais Aam 2021-2026.

Baca Juga: Mitos Warga Daerah Ini Dilarang Mendaki Gunung Lawu, Apa Alasannya?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya