Resmi Dikukuhkan, OASIS Diharap Berkontribusi bagi Alumni dan Prodi Sastra Inggris UNS

Pengurus Organisasi Alumni Sastra Inggris (OASIS) Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi dikukuhkan di Kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

 Acara pengukuhan Pengurus Organisasi Alumni Sastra Inggris (OASIS) Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi dikukuhkan di Kampus Fakultas Ilmu Budaya  (FIB), Sabtu (27/3/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Acara pengukuhan Pengurus Organisasi Alumni Sastra Inggris (OASIS) Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi dikukuhkan di Kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Sabtu (27/3/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO--Pengurus Organisasi Alumni Sastra Inggris (OASIS) Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi dikukuhkan di Kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Sabtu (27/3/2021).

Pengukuhan pengurus OASIS antara lain dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya UNS Prof.Dr. Warto, M Hum; Kaprodi Sastra Inggris UNS, Dr. Fitria Akhmerti Primasita, S.S., M.A; Sekjen IKA (Keluarga Alumni) UNS, Bambang Dwi Wahyudi; Ketua Kafib (Keluarga Alumni FIB), Dwi Hastuti; pengurus OASIS, dan sejumlah tamu undangan.

Pada sambutannya Kepala Program Studi (Kaprodi) Sastra Inggris, Dr. Fitria Akhmerti Primasita, S.S., M.A mengaku terharu dan bahagia dengan dikukuhkannya pengurus OASIS periode 2021-2025.

Baca Juga: Ratusan Rumah Di Lahan Eks HP 16 Solo Dibangun Pakai Teknologi Tahan Gempa

Fitria mengungkap proses perjalanan pengurus OASIS bisa sampai terbentuk. Menurutnya, ide membentuk organisasi alumni Sastra Inggris UNS bermula dari pembicaraanya dengan beberapa orang yang memiliki impian serupa.

“Saya mendapat dukungan dari Pak Taufik [dosen Sastra Inggris], Bu Diah Kristina [dosen] , dan juga Pak Hasta Gunawan yang waktu masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata. Namun panddemi datang sehingga sempat terhambat. Tak lama kemudian terbentuklah tim formatur dengan Pak Joko Nugroho dan Pak Hendri sebagai motor penggerak dan mencari para alumni yang bersedia menjadi pengurus,” jelas Fitria.

Dia mengungkapkan harapannya agar OASIS menjadi wadah alumni Sastra Inggris yang bisa memberikan kontribusi kepada prodi dan universitas.

Baca Juga: Bulog Target Serap 600.000 Ton Saat Panen, Ini Penjelasan Budi Waseso

Membantu Mahasiswa

Sementara Dekan FIB UNS, Warto pada sambutannya, menyambut positif pengukuhan pengurus OASIS. Dia mengatakan untuk berdiri kokoh sebuah universitas harus disokong oleh empat pilar yakni dosen, mahasiswa, kependidikan, dan alumni.

“Mungkin selama ini kita belum terlalu ngopeni pilar keempat. Dengan pengukuhan OASIS diharapkan para alumni akan semakin memberikan kontribusi positif tak hanya untuk pengembangan prodi tapi juga fakultas, dan Universitas,”ujar Warto.

Warto menjelaskan, saat ini pihak kampus sedang berusaha mengimplentasikan program kampus merdeka, merdeka belajar di mana mahasiswa harus menyelesaikan 20 SKS di luar kampus.

Baca Juga: PLN Group Resmikan ListriQu Premium Untuk Pelanggan Industri, Ini Ragam Layanannya

Mahasiswa, imbuh Warto, sekarang butuh tempat belajar di luar kampus untuk mendapatkan pengalaman kerja dan mengembangkan skill. Dengan wadah organisasi alumni OASIS para alumni Sastra Inggris bisa membantu adik-adik mahasiswa mengembangkan diri atau kegiatan pengembangan skill.

“Oasis itu merupakan sumber air di tengah padang pasir. Diharapkan OASIS ini semoga bisa menjadi pengejuk bagi para mahasiswa yang butuh bantuan,” ujar Warto.

Baca Juga: Akhir Maret, Harga Emas Antam Di Pegadaian Malah Anjlok Lur

Sementara itu Sekjen IKA, Bambang Dwi Wahyudi, dalam sambutannya juga mengapresiasi pengukuhan pengurus OASIS. Bambang menjelaskan, saat ini jumlah alumni UNS sekitar 200.000 orang dengan 49.171 lulusan diploma. Pada kesempatan itu, Bambang juga berbagi pengalaman menjadi pengurus IKA UNS.

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Ketua Umum (Ketum) Budi Harta IKA UNS semakin berkibar dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan rutin yang digelar adalah program wedangan virtual. Dalam kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahmi antaralumni sekaligus semakin memperkenalkan UNS dan segala isi di dalamnya termasuk lembaga-lembaga di dalamnya.

IKA UNS juga secara rutin memberikan kontribusi dengan memberikan bantuan beasiswa bagi para mahasiswa UNS yang membutuhkan melalui yayasan yang telah didirikan. “Mengurusi alumni adalah salah satu jalan menuju surga,”ujarnya.

Bambang juga menyarankan agar OASIS untuk membentuk yayasan untuk mengumpulkan dana. “Dengan mendirikan yayasan tidak usah mikir cara mengumpulkan dana. Nanti bisa dilengkapi dengan website untuk memberikan informasi-informasi dan meyakinkan alumni untuk ikut berperan,”ujarnya.

Baca Juga: Korlantas Mabes Polri Jadikan ETLE Solo Percontohan Membangun Smart City

Sementara itu Ketua Umum OASIS Joko Nugroho mengatakan, pembentukan Oasis sebagai wadah alumni Sastra Inggris UNS bertujuan mempererat tali persaudaraan, pengembangan talenta para alumni, dan memberikan kontribus kepada prodi dan universitas.

“Namun sebagai pengurus periode pertama kami tentunya menghadapi tantangan berat untuk bisa menjadi teladan bagi kepengurusan selanjutnya. Kami juga meminta keseriusan dan komitmen para pengurus untuk menjalankan visi dan misi organisasi agar bisa memberikan kontribusi bagi alumni, prodi, universitas, dan masyarakat luas,” ujar Joko.

Kegiatan yang dilakukan secara daring dan luring itu diakhiri dengan acara ramah-tamah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.