SOLOPOS.COM - Motivasi Budiono Rahmadi untuk bisa memberi manfaat kepada orang lain menjadi kunci mas Bro, sapaan akrab Budiono dalam menjalankan usaha. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Semangat seorang Budiono Rahmadi melakukan restorasi ekonomi seolah tak terbendung. Sepak terjangnya pada bidang kewirausahaan terus berkembang dan memberikan inspirasi.

Motivasi dalam diri untuk bisa memberi manfaat kepada orang lain menjadi kunci mas Bro, sapaan akrab Budiono dalam menjalankan usaha. Motivasi tersebut menjadi awet dan mendorong dirinya untuk melakukan hal baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Termasuk saat ada kebijakan pembatasan sosial saat pandemi Covid-19 yang memukul dunia usaha. Usaha Mas Bro, PT Putra Dadi Sejahtera yang merupakan perusahaan dagang perabot rumah tangga tak luput dari pukulan ekonomi.

Namun, situasi serba susah tidak membuatnya berhenti melakukan aktivitas sosial yang bermanfaat bagi banyak orang melalui Yayasan Dadi Peduli dan Sekolah Bisnis Sragen (SBS). Lembaga yang dia pimpin itu justru getol melakukan kegiatan sosial saat pandemi.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: RS PKU Muhammadiyah Sragen Bangun Gedung Bertingkat Agar Naik Tipe

Yayasan Dadi Peduli semula adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang kini menjadi gerakan bersama, termasuk dalam menangani Covid-19, antara lain layanan ambulans, klinik kesehatan, pinjam tabung oksigen, dan bantuan sosial.

Layanan sosial meningkat signifikan saat gelombang kedua Covid-19. Misalkan layanan satu ambulans yang semula 30 layanan/bulan menjadi 100 layanan/bulan. Yayasan Dadi Peduli punya lima armada ambulans.

Selain itu, Mas Bro telah menggerakkan karyawan untuk memakai 10 persen upah untuk penanganan Covid-19. Dia juga memberikan seminar serta pelatihan kewirausahaan bagi anak muda melalui SBS.

“Alhamdulilah gaji karyawan mau dipotong untuk kegiatan sosial. Tidak sulit mengajak karyawan karena mereka sudah terbiasa melakukan kegiatan sosial melalui Yayasan Dadi Peduli,” kata dia kepada Solopos.com.

Baca Juga: Kasus Turun, RS di Sragen Tetap Wajib Sediakan 10% Bed untuk Covid-19

Tersebar di Indonesia

Budiono Rahmadi (Istimewa)
Budiono Rahmadi (Istimewa)

Mas Bro mengatakan sejak awal merintis usaha berupaya menjadikan karyawan berkembang dengan cara bekerja sambil belajar bisnis sekaligus beribadah. Karyawan bisa menjadi mitra usaha dagang perabotan rumah tangga. Kini dia punya mitra penjualan 250 orang yang tersebar di Indonesia.

Usahanya yang berlokasi di Kecamatan Karangmalang Sragen tersebut juga memberdayakan warga setempat untuk memproduksi sejumlah jenis perabotan rumah tangga. Pemberdayaan dari hulu sampai hilir itu dia sebut sebagai restorasi ekonomi.

“Usaha lancar alhamdulilah karena usaha bukan hanya sekedar mencari materi. Akhirnya didedikasikan. Anak itu mikul dhuwur mendem jero,” jelasnya.

“Niatan baik anak akan berlanjut pada niatan berikutnya. Gak semua orang diizinkan buat gerakan sosial,” imbuhnya.

Baca Juga: Pemkab Sragen Anggarkan Operasional Pintu Palang KA Bedowo di 2022

Menurut dia, setiap zaman memiliki tantangan tersendiri untuk menjalankan bisnis. Walaupun dalam kondisi pandemi, semua memiliki peluang sukses merintis atau menjalankan usaha karena dimudahkan dengan layanan digital, antara lain dalam hal berjejaring, kemudahan informasi, dan pemasaran.

“Insya Allah untuk bangkit lagi akan lebih mudah dibandingkan era dulu. Tugas kami menyemangati mereka membuka ruang untuk kolaborasi. Kami baru saja meresmikan kegiatan pada SBS untuk teman-teman di-PHK [pemutusan hubungan kerja] maupun yang baru lulus sekolah diajak bergandeng tangan,” jelasnya.

Mas Bro menyadari pemberdayaan yang dia lakukan sebagai pengusaha hanya berdampak dalam lingkup mikro. Dia memiliki dorongan membangun Sragen dalam skala makro dengan terjun berpolitik melalui Partai Demokrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya