SOLOPOS.COM - Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, saat memindahkan tali topi wisuda yang dikenakan robot dalam acara wisuda virtual, Sabtu (27/6/2020). (Istimewa-Humas UKSW Salatiga)

Solopospos.com, SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar acara wisuda, Sabtu (27/6/2020). Berbeda dengan wisuda sebelumnya, wisuda virtual UKSW Salatiga ini melibatkan robot.

Wisuda UKSW kali ini digelar secara virtual, menyusul masih berlangsungnya pandemi Covid-19. Para peserta wisuda pun tak diizinkan datang ke kampus untuk mengikuti prosesi wisuda.

Sebagai gantinya, mereka bisa menyaksikan prosesi wisuda melalui channel Youtube “Lensa BTSI UKSW”.

Meski secara virtual, acara wisuda UKSW digelar sangat menarik. Hal itu menyusul adanya robot untuk merepresntasikan kehadiran para peserta wisuda.

Mandi di Sungai Serang Grobogan, Dua Bocah Perempuan Hanyut

Robot yang dirancang tim Robotic Research Center (R2C) Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) UKSW ini hadir dengan baju wisuda lengkap.

Ketika nama wisudawan maupun wisudawati dipanggil robot itu pun maju. Dalam wisuda virtual itu, tali topi pada robot yang dipindah dari kiri ke kanan oleh Rektor UKSW Salatiga sebagai penanda mahasiswa telah sah diwisuda.

Total ada 686 orang lulusan yang mengikutu wisuda virtual UKSW Salatiga. Mereka terdiri atas 2 orang lulusan program diploma, 607 orang program sarjana, 71 program magister, dan 6 orang program doktor.

Bukan Tragedi

Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, terharu saat melepas para wisudawan dan wisudawati tanpa kehadiran mereka.

Kamu Lahir 1 Juli? Yuk Manfaatkan Layanan SIM Gratis di Sukoharjo

“Rasanya tidak pernah ada di dalam sejarah universitas ini seorang rektor mewisuda dan melepas lulusan tanpa kehadiran mereka. Namun, saya tak ingin kita memandang ini sebagai sebuah tragedi. Ini sebuah realitas yang tak bisa dihindarkan,” ujar Neil.

Rektor juga mengajak para lulusan untuk memetik hikmah dari pandemi Covid-19. Para lulusan harus belajar menyesuaikan diri pada kondisi baru, menerima, mencari solusi serta berpikir positif atas sebuah masalah.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, juga memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan wisuda UKSW Salatiga secara virtual.

Kisah Buruh Sukoharjo Rintis Usaha Bermodalkan Insentif Kartu Prakerja

Melalui video yang direkam secara pribadi, Ganjar merepresentasikan lulusan UKSW sebagai angkatan Covid yang wajib berbahagia karena menjalani wisuda dalam kondisi berbeda.

“Data di Indonesia belum beres, bukan saatnya untuk marah-marah tapi gunakanlah ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk mencari solusi. Termasuk praktik kesehatan yang masih belum beres seperti belum tersedianya vaksin. Saya harap di antara kalian akan mengisi ruang itu,” pesan Ganjar.

Rekomendasi
Berita Lainnya