Rumah Kamera Borobudur, Bisa Swafoto Bersama ‘Presiden Jokowi’ Hlo!

Di Rumah Kamera ini, pengunjung bisa dengan leluasa berswafoto dengan Presiden Ri yang akrab disapa dengan Jokowi ini dalam bentuk replika yang terlihat seperti sosok presiden yang nyata.

 Rumah Kamera (Instagram/@exploremagelang)

SOLOPOS.COM - Rumah Kamera (Instagram/@exploremagelang)

Solopos.com, MAGELANG –  Liburan bersama pemimpin negara, seperti Presiden Joko Widodo mungkin ada di benak pikiran beberapa orang. Namun hal ini tidak mungkin dilakukan karena sistem protokol yang ketat. Tapi, di Camera House Borobudur, pengunjung bisa dengan mudahnya berlibur dan berswafoto dengan Presiden RI ini tanpa harus melewati protokol.

Camera House Borobudur atau Rumah Kamera Borobudur ini berlokasi di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di Rumah Kamera ini, pengunjung bisa dengan leluasa berswafoto dengan Presiden RI yang akrab disapa dengan Jokowi ini dalam bentuk replika yang terlihat seperti sosok presiden yang nyata.

Dilansir dari Detik.com, Sabtu (25/9/2021), replika Jokowi ini dibuat dengan pose memegang sebuah gawai berupa telpon pintar sambil berswafoto sehingga pengunjung bisa berpose seakan berswafoto dengan Jokowi. Replika Jokowi ini juga berada dalam latar pemandangan Gunung Sumbing. Replika ini berada di lantai tiga di Rumah Kamera tersebut.

Replika Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dengan latar Gunung Sumbing
Replika Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo dengan latar Gunung Sumbing (Sumber: Detik.com)

Baca Juga: Achmad Husein, Bupati Banyumas yang Dapat Gelar Pangeran dari Keraton Solo

Selain replika Jokowi, Rumah Kamera juga menyediakan sejumlah spot foto yang menarik lainnya. Salah satu spot foto yang banyak dipilih pengunjung selain replika Jokowi adalah istana kaca.

Rumah Kamera ini berada di atas lahan seluas  3.800 meter. Pemilik Rumah Kamera, Tanggol Angien Jatikusumo mengatakan rata-rata pengunjung yang datang sekitar 650 pengunjung. Bahkan saat ini, keberadaan Rumah Kaera ini juga sedang diproses oleh Guinness’ Book of World Records sebagai rumah kamera terbesar di dunia.

Pembangunan Rumah Kamera sendiri dilangsungkan pada 2012 lalu dan saat proses pembangunan tersebut, diakui banyak orang-orang yang melihat dan bertanya-tanya mengenai bakal jadi bangunan apa saat itu. Bahkan dulunya ada yang mengira seperti kereta api.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Cilacap, Presiden Jokowi Ingatkan Warga Taat Prokes

Rumah Kamera ini resmi beroperasi sejak 2013 dan seiring berkembangnya waktu, pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Pengunjung ini rata-rata mengetahui keberadaan rumah kamera dari media sosial.

Pertama berdiri, Rumah Kamera memiliki 18 spot swafoto, lalu berkembang lantai satui dan dua sehingga ada 35 spot swafoto. Kemudian dikembangkan lagi lantai tiga sehingga sekarang ada 50 spot swafoto. Satu spotnya bisa digunakan beberapa kali jepret dengan pose bergantian.

Replika Jokowi ini adalah spot swafoto yang paling terakhir dan dinilai yang terbaik menurut pemilik Rumah Kamera. Rumah Kamera ini dirancang oleh pemiliknya sendiri yang ternyata juga seorang seniman.  Selain spot swafoto, pengunjung juga bisa jalan-jalan melihat lukisan yang berada di galeri.  Jam operasional Rumah Kamera ini mulai dari pukul  07.00-19.00 WIB.

Baca Juga: Unik! Kuliner Soto Bancar Khas Purbalingga Topping Bakso & Saus Kacang

Harga tiketnya sangat terjangkau. Tiket di lantai satu sebesar Rp15.000, lantau Rp 15.000 dan lantai tiga Rp20.000. Kemudian, untuk seluruh paket di rumah kamera ini sebesar Rp 100.000. Untuk menuju lokasi dari Candi Borobudur hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Saat keluar dari gerbang candi, pengunjung akan melihat papan penunjuk arah menuju Rumah Kamera.

Setelah itu, pengunjung bisa menelusuri jalan sesuai dengan petunjuk sampai nanti menemukan bangunan rumah yang berbentuk seperti kamera. Dari Rumah Kamera ini juga pengunjung juga bisa melihat kemegahan Candi Borobudur


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Semarang Level 1, Ini Pesan Wali Kota Hendi ke Warga

Kota Semarang, Jawa Tengah, menjadi salah satu daerah yang masuk level 1 dalam perpanjangan PPKM Jawa Bali.

Capaian Vaksinasi Dosis Satu 40,92 Persen, Grobogan Bertahan Level 3

Kabupaten Grobogan sesuai Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Protes Tempat Karaoke & Prostitusi Ditutup, Ormas di Pati Surati Jokowi

Penutupan prostitusi dan tempat karaoke ilegal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Jawa Tengah (Jateng) mendapat protes dari organisasi masyarakat (ormas).

Indahnya Bendungan Wadaslintang, Dijuluki Mini Danau Toba Gaes

Bendungan atau waduk Wadaslintang di wilayah Wonosobo dan Kebumen memiliki panorama yang indah hingga disebut sebagai mini Danau Toba.

Kisah Petani Magelang Raup Cuan dari Porang

Petani di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sedang bersemangat dalam menggeluti budi daya tanaman porang.

Pesona Wisata Rumah Pohon Hits di Brebes

Lokasi wisata rumah pohon yang berada di Kecamatan Bandar ini memberikan suguhan panorama alam dari atas pohon dan juga memberikan sensasi kesejukan.

Hore! Magelang PPKM Level 2, Taman Kyai Langgeng Segera Dibuka

Objek wisata Taman Kyai Langgeng di Kota Magelang akan kembali dibuka atau menerima kunjungan wisatawan, akhir pekan ini.

Emoh Banteng Vs Celeng, Ketua PDIP Salatiga Ingin Jokowi Tiga Periode

Ketua PDIP Salatiga, Teddy Sulistio, mendukung wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiga periode.

Pemuda Nekat Sebar Foto Bugil Mantan Pacar Gegara Sakit Hati Diputus

Seorang pemuda menyebarkan foto bugil mantan pacarnya karena sakit hati diputuskan.

Kawasan Industri Batang Bencana untuk Warga Lokal?

Pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang menyebabkan sejumlah bencana bagi masyarakat lokal, seperti banjir yang membawa material pembangunan serta lumpur.

Wringin Seto, Kepercayaan Asli Warga Blora Lahir di Solo

Ajaran Kekandangan Wringin Seto kali pertama disebarkan oleh Eyang Amiseno dan Amiluhur di Kota Solo yang kemudian menyebar dan menjadi kepercayaan warga Blora.

Indahnya Wisata Alam Guci di Bumi Bahari Tegal

Wisata Guci terletak di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian 1.050 – 1250 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan memiliki luas 20 hektare terkenal dengan air terjun dan pancuran air panas.

Seleksi CASN Kemenkum HAM Transparan & Bebas KKN, Jangan Percaya Calo!

Peserta seleksi CASN Kementerian Hukum dan HAM diimbau tidak percaya oknum atau orang yang tidak bertanggungjawab, yang menjanjikan bisa membantu atau meluluskan.

Kraca, Kuliner Khas Banyumas dari Keong

Kraca merupakan kuliner khas Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang bahan dasarnya berupa keong sawah.

Tak Bisa Renang, Bocah asal Grobogan Tenggelam di Saluran Irigasi

Lutfia Fadilla, 11, tenggelam di saluran irigasi Dusun Tuwung, Desa Suru, Kecamatan Geyer, Selasa (19/10/2021) karena tidak bisa berenang.