Sah! Dawet Ayu Banjarnegara Dinobatkan Jadi Minuman Tradisional Terpopuler di Indonesia

Tak tanggung-tanggung, dawet ayu Banjarnegara menyabet dua piala, yakni minuman tradisional terpopuler dan minuman favorit pada API Award.

 Dua piala API Award untuk dawet ayu Banjarnegara. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Dua piala API Award untuk dawet ayu Banjarnegara. (Istimewa)

Solopos.com, BANJARNEGARA -- Dawet ayu Banjarnegara ditetapkan sebagai Minuman Tradisional Terpopuler di Indonesia. Dawet ayu Banjaregara menjadi Juara I pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori minuman tradisional terpopuler.

Bupati Budhi Sarwono baru-baru ini menerima penghargaan API Award 2020 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) saat malam penganugerahan API Award.

Tak tanggung-tanggung, dawet ayu Banjarnegara menyabet dua piala, yakni minuman tradisional terpopuler sekaligus minuman favorit pada ajang API Award itu.

Melalui perjalanan panjang, dawet ayu melaju bersama nomine lainnya. Nomine lainnya yaitu Aek Sappang dari Kabupaten Sambas, Air Kembang Semangkok dari Kabupaten Anambas, Air Mata Bejando dari Kabupaten Pelalawan, Ampiang Dadiah dari Kota Bukittinggi.

Baca Juga: Banyak Warga Wonogiri Sukses Jadi Pedagang Bakso di Perantauan, Ternyata Ini Kuncinya

Kemudian Bandrek dari Jawa Barat, Kopi Semendo dari Kabupaten Muara Enim, Sirup Henggi dari Kabupaten Fakfak, Sirup Kayu Manis dari Kabupaten Kerinci, dan Teh Gambir dari Kabupaten Pakpak Barat.

Bupati Budhi mengucapkan rasa syukur dan bangga, serta terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Banjarnegara yang terus mendukung sehingga minuman khas Banjarnegara itu bisa memenangi penghargaan bergengsi di tingkat nasional.

“Alhamdulillah, Banjarnegara berprestasi lagi. Dawet ayu Banjarnegara menjadi minuman tradisional terpopuler pada penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2020. Perjuangan yang dinanti-nanti sekian lama akhirnya terwujud juga. Dawet ayu khas Banjarnegara menjadi juara untuk kategori minuman tradisional terpopuler sekaligus favorit,” kata bupati saat acara tasyakuran diraihnya kedua penghargaan tersebut, Senin (24/5/2021).

Dukungan Semua Pihak

Bupati Budhi Sarwono berterima kasih kepada seluruh pihak yang sejak awal mendukung kemenangan dawet ayu Banjarnegara, mulai dari dinas/lembaga pemerintah, dunia usaha, perbankan, UMKM, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, kampus, sekolah, komunitas, dan masyarakat luas yang turut berjuang keras memenangkan dawet ayu.

Baca Juga: Kisah 1 Keluarga Dapat Wangsit Jadi Penjaga Desa Tenggelam di Demak

“Kami sungguh berterima kasih kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya yang memenangkan dawet ayu. Sungguh ini perjuangan bersama mulai dari dinas , lembaga pemerintah, swasta, dunia usaha, perbankan, UMKM, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, kampus, sekolah, komunitas-komnitas, perorangan dan masyarakat luas yang turut berjuang keras memenangkan dawet ayu. Mohon maaf tidak bisa kami sebutkan satu per satu. Intinya ini perjuangan dan kemenangan bersama, sehingga dawet ayu telah menjadi pilihan masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Agung Yusianto, yang mendampingi Bupati berharap kemenangan ini bisa menginspirasi para pelaku kuliner, UMKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Banjarnegara untuk lebih meningkatkan prestasi dan inovasi.

Baca Juga: Tak Cuma Nampu & Sembukan, Wonogiri Punya 18 Pantai Cantik dan Perawan

“Dawet ayu menjadi cambuk penyemangat untuk menorehkan prestasi yang lebih gemilang, menuju wisata Banjarnegara mendunia. Kita tetap menggali budaya lokal dan lebih semangat dalam berinovasi, berkreasi dan promosi potensi pariwisata.” kata Agung.


Berita Terkait

Berita Terkini

Krisis Air Bersih di Pesisir Kendal Makin Parah

Selain akses jalan yang masih bebatuan dan tanah, warga Dusun Mulyosari masih harus menghadapi kesulitan memperoleh air bersih.

Selamat! Desa Ini Didapuk Jadi Desa Wisata Terbaik di Jateng

Desa Cikakak di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) didapuk sebagai desa wisata terbaik se-Jateng.

Duar! Mobil Tertabrak Kereta Barang di Grobogan, 3 Orang Tewas

Sebuah minibus tertabrak kereta api di perlintasan tanpa penjaga di Desa Medani, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, tiga orang meninggal.

Sedih! Ratusan Anak di Banyumas Jadi Yatim Piatu Gegara Covid-19

Ratusan anak di Banyumas menjadi yatim piatu gara-gara orang tuanya meninggal akibat Covid-19.

Konsleting Kembali Jadi Penyebab Kebakaran 1 Rumah Di Grobogan

Kebakaran disebabkan konsleting menimpa satu rumah warga di Desa Ngraji, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Rabu (27/10) dini hari.

Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan Tanah Bulog di Grobogan Ditahan

Kejari Grobogan menahan K, tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan tanah Perum Bulog, di Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan.

ASN Kendal Diajari Mode Pembelajaran Kolaborasi

(BKPP) Kabupaten Kendal meresmikan Sosialisasi Model Pembelajaran Kolaborasi dalam Rangka Membangun Sistem Pengembangan SDM Aparatur Sipil Negara.

Lontong Tuyuhan Khas Rembang Penuh Makna

Ada filosofi tersendiri dalam bentuk lontong segitiga yang digunakan sebagai sajian lontong tuyuhan khas Rembang.

Ada Bekas Dahi & Kaki Sunan Bonang di Batu Ini

Pasujudan Sunan Bonang terletak kurang lebih 4 kilometer ke arah utara dari Kota Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa tengah.

Keren! Pemuda Jepara Ini Sulap Desa Terpencil Jadi Super Megah

Pngusaha muda asal Kabupaten Jepara itu menyulap desa yang sebelumnya sangat terpencil menjadi sangat maju dengan membuat ratusan perumahan klaster bersubsidi dan komersil dengan berbagai macam tipe.

Demak Diprediksi Tenggelam, Selat Muria Bakal Muncul Lagi?

Dengan tenggelamnya Kabupaten Demak beserta daerah lainnya , memungkinkan selat muria yang dulu pernah ada, pemisah antara Pulau Jawa dan Gunung Muria akan muncul kembali.

Prediksi UMP 2022 Naik 1-2% Lur, Jateng Berapa?

Upah minimun provinsi (UMP) di Indonesia diprediksi naik sekitar satu hingga dua persen. Lantas, berapa besaran UMP Jawa Tengah (Jateng) 2022?

Sport Tourism Kendal Dikembangkan, Ada 1.000 Fasilitas Olahrga Ciamik

Pemkab Kendal berencana mengembangkan sport tourism.

Ini Besaran UMR Tahun 2022 yang Diinginkan Buruh di Jateng

Serikat buruh di Jateng yang tergabung dalam KSPI berharap UMR atau UMP Jateng pada 2022 mengalami kenaikan sekitar 10%.

Waduuuu! UMP Jateng 2021 Ternyata Nomor 2 Terendah Se-Indonesia

UMP Jateng 2021 ternyata menjadi nomor dua terendah se-Indonesia dengan besaran Rp1.798.979.

16 Juta dari 28 Juta Warga Jateng Sudah Divaksin

Capaian vaksinasi dosis pertama di Jateng mencapai 56 persen, sedangkan untuk vaksin dosis kedua mencapai 30 persen.