SOLOPOS.COM - Owner AA818 Hydroponic, Anggi Pito Lukmanto, memeriksa tanaman hidroponik miliknya di Ngringo, Jaten, Karanganyar, Selasa (5/5/2020). (Espos/Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Berapa sih keuntungan ketika membuka usaha atau bisnis hidroponik yang saat ini menjadi tren?

Hidroponik saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, bercocok tanam di media air ini kini menjadi hobi untuk mengisi kebosanan ketika di rumah saja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bukan hanya sekedar hobi saja, hidroponik juga dinilai menjadi tren gaya hidup sehat di tengah masyarakat karena bisa diterapkan sistem pertanian organik.

Baca Juga: Gaji Rp2 Juta Hidup di Solo, Cukup Enggak Sih?

Selain itu, menurut dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB), Herry Suhardiyanto, budidaya pertanian melalui hidroponik ini memiliki risiko rendah karena tidak membuutuhkan lahan yang luas dan tanah yang banyak. “Hidroponik berisiko lebih rendah. Tidak ada pengerjaan pemerataan tanah, gulma, dan mudah dalam pengaturna kasaman dan dosis unsur hara,” ujar Hery, dikutip dari Okezone.com, Senin (22/11/2021).

Dengan berbagai kemudahan itu, kira-kira beruapa keuntungan jika hidroponik menjadi salah satu lahan usaha?

Baca Juga: Oalah, Ini Ternyata Arti Nama dari Sragen

Jika dilakukan dengan serius dan telaten, bisnis hidroponik ini ternyata menjanjikan karena disebut-sebut bisa memberikan keuntungan besar.

Dirut PT Nudira Sumberdaya Indonesia, Nursyamsu Mahyudin, sayuran hidroponik yang dijual di pasaran dijualnya per 200 gram. Hal ini berbeda dengan sayuran yang ditanam dengan budidaya konvensional di tanah, dihitungnya per kilogram.

Baca Juga: Serunya Asmirandah Liburan di Candi Cetho Karanganyar, Ini Foto-fotonya

“Jadi kita bisa bertanam sepanjang tahun. Contohnya sayuran konvensional kalau kita beli di pasar harganya Rp5.000 hingga Rp10.000 per kilogram. Kalau hidroponik tidak [dijual)] per kilo, tapi per 200 gram, kalau 200 gram harganya Rp10.000, artinya satu kilogramnya Rp50.000. Rentangnya antara Rp30.000 hingga Rp70.000 per kilogram,” jelas dia.

Keuntungan dan Modal Usaha Hidroponik

Sementara itu, salah satu pelaku usaha hidroponik, Lia Dahlia mengaku bisa meraup omset hingga ratusan juta rupiah per bulannya dengan modal awal sekitar Rp500 juta.

Melansir Bisnis.com, modal Rp500 juta itu, ia gunakan untuk pembuatan green house seluas 400 meter.

Baca Juga:  Video Siswi di Kudus Bugil 30 Detik Bikin Heboh, Hanya Dibalut Selimut

Keuntungan usaha hidroponik itu ia raih dari berbagai jenis sayuran, mulai dari sawi caisim, pakcoy, kale, bayam merah, bayam hijau, kangkung, melon, hingga tomat cherry.

Akan tetapi, untuk saat ini, usaha hidroponik milik Lia ini lebih fokus ke bayam jepang Horenzo. “Kami fokus ke Horenzo karena untuk pasaran harganya cukup lumayan dibandingkan dengan jenis sayur lainnya. Apalagi saat ini sayuran Horenzo ini juga menjadi favorit,” ungkap dia.

Baca Juga: Cara Dapat Set Top Box Gratis TV Digital dari Kominfo

Dengan keuntungan sebesar itu, ia melakukan proses pemasaran usaha hidroponik melalui supermarket premium sebanyak tiga kali seminggu dan juga menjualnya secara online. Selain itu, ia juga melayani pembuatan suvenir atau pengemasan sesuai keinginan pelanggan.

Diakui olehnya bahwa penjualan untuk suvenir lebih menguntungkan dibandingkan harga di supermarket. Sebagai contoh untuk penjualan di supermarket per pak hanya sekitar Rp15.000 atau Rp20.000, sedangkan suvenir per potnya atau per 200 gram bisa sampai Rp75.000 hingga Rp100.000.

Baca Juga:  Dipelihara Konglomerat Sukoharjo, Berapa Harga Harimau Benggala?

“Peluang hidroponik ini cukup bagus apalagi jika memiliki passion di tanaman akan lebih bagus lagi. Namun, untuk mengembangkannya butuh ketekunan, rajin dan disiplin,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya