SOLOPOS.COM - Juventus FC pada tahun 1898. (wikipedia)

Solopos.com, SOLO — Klub sepak bola profesional asal Italia, Juventus, resmi berdiri pada 1 November 1897. Pada awal berdirinya, klub ini bernama Sport Club Juventus yang beranggotakan sekelompok pelajar muda di kota Turin, Piedmont, Italia, dipimpin oleh Eugenio Canfari dan saudaranya Enrico.

Sejak bulan September 2011, klub itu berkandang di Juventus Stadium yang berkapasitas 41.507 tempat duduk. Stadion tersebut dibangun di lokasi yang sama dengan stadion yang mereka gunakan sebelumnya, yaitu Stadion Delle Alpi, yang harus dirobohkan demi membangun Juventus Stadium.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdirinya Juventus merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 1 November, hari ke-305 (hari ke-306 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Baca juga: Amerika Serikat Terbitkan Paspor Pertama untuk Gender-X

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 1 November, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. (Wikimedia.org)
Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. (Wikimedia.org)

1750

Gustaaf Willem Baron Van Imhoff, Gubernur-Jenderal Hindia Belanda ke-27 zaman kolonial meninggal dunia di Batavia atau sekarang Jakarta. Dia meninggal pada usia 45 tahun setelah mengatur pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia selama tujuh tahun. Semasa hidupnya, dia sempat mendukung Pangeran Mangkubumi melawan Susuhunan Pukubuwana II, hingga mencetuskan Perang Tahta Jawa Ketiga (1748-1757). Perang ini mengakibatkan perpecahan Kerajaan Mataram Baru menjadi Surakarta dan Yogyakarta.

1867

Edisi perdana majalah mode khusus wanita asal Amerika Serikat, Harper’s Bazaar, terbit pada 1 November 1867. Majalah ini membidik wanita dari kalangan menengah atas. Sejak awal terbit, majalah ini fokus membahas seputar dunia mode, budaya populer, dan kecantikan terkini.

1897

Klub sepak bola beranggotakan sekelompok siswa dari Kota Turin, Piedmont, Italia didirikan. Klub tersebut kini dikenal dengan nama Juventus. Juventus dikenal sebagai klub sepak bola paling sukses di Italia.

Baca juga: Auckland, Selandia Baru Raih Predikat Kota Terbaik untuk Dikunjungi

1918

Kekalahan dalam Perang Dunia I membuat Kekaisaran Austria-Hongaria bubar. Kerajaan ganda ini akhirnya sepakat berpisah dan mendirikan negara masing-masing. Padahal, awalnya kerajaan yang dibentuk pada 1867 ini merupakan salah satu kekuatan terbesar di Eropa.

1937

Seniman senior Indonesia, Sudarwati atau yang lebih dikenal dengan nama Titiek Puspa lahir. Dia merupakan musikus legendaris kelahiran Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan. Pada mulanya, dia merintis karier di kancah musik. Karier bernyanyinya dimulai di Kota Semarang, Jawa Tengah, dengan menjuarai Bintang Radio tingkat provinsi pada 1954 silam. Tak hanya bernyanyi, lama-kelamaan wanita yang akrab disapa Eyang Titiek itu melebarkan sayap ke dunia akting. Dia telah menelurkan berbagai karya dan menyabet penghargaan bergengsi selama berkarier di jagat hiburan Tanah Air.

1961

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak Amerika Serikat melakukan moratorium uji coba nuklir. Namun, saat itu pemerintah Amerika Serikat menolak lantaran telah merencanakan uji coba nuklir unruk menghadapi serangan dari Uni Soviet.

1966

Kelompok militan di Vietnam Utara memulai serangan untuk melawan pihak Vietnam Selatan. Mereka menyerang kawasan hutan yang mengelilingi Kota Saigon, Vietnam Selatan, untuk membuat warga sipil ketakutan. Serangan itu sukses membuat panik dan melukai puluhan penduduk.

Baca juga: Tampak Lebih Kurus, Kondisi Kesehatan Kim Jong-un Jadi Fokus Perhatian

1982

Perusahaan kendaraan bermotor terbesar di dunia yang berbasis di Jepang, Honda, melebarkan sayap ke Amerika Serikat. Pada 1 November 1982, Honda membuka pabrik manufaktur mobil di Marysville, Ohio, Amerika Serikat.

1986

Tumpahan bahan kimia dan kebakaran besar di sebuah pabrik bahan kimia di dekat Basel, Swiss, mengirimkan berton-ton bahan kimia beracun ke sungai Rhine di dekatnya dan mengubahnya menjadi merah.

1999

Bank Indonesia menerbitkan uang kertas denominasi Rp100.000 untuk kali pertama.

2006

Presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan, Nelson Mandela, diberi gelar sebagai Duta Hati Nurani oleh Amnesty Internasional. Penghargaan itu diberikan lantaran Mandela dianggap memberikan sumbangan besar terhadap perlindungan hak asasi manusia.

Baca juga: Krisis Pangan, Pemimpin Korut Minta Warganya Kurangi Makan hingga 2025

2007

Paul Warfield Tibbets, pilot Amerika Serikat yang menjatuhkan bom atom di Hiroshima, Jepang, 6 Agustus 1945, meninggal dalam usia 92 tahun. Bom yang dijatuhkan Tibbets menewaskan 140.000 orang di Jepang. Pemboman Hiroshima sendiri menandai awal dari berakhirnya perang di Pasifik.

Berkat keberanian itu, dia yang merupakan pasukan Angkatan Udara Amerika Serikat naik pangkat dari kolonel menjadi brigadir pada 1959. Dia tak pernah menyesal melakukan pengeboman itu. Namun sebelum meninggal, Tibbet tidak meminta pemakaman atau nisan karena dia khawatir penentang pengeboman akan menggunakannya sebagai tempat protes.

2012

Sekitar 22 orang meninggal setelah sebuah truk bahan bakar jatuh dan meledak di Riyadh, Arab Saudi. Sedangkan 111 orang lainnya terluka dalam ledakan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya