SOLOPOS.COM - Dari kiri ke kanan awak misi Apollo 7, Don F. Eisele, Walter M. Schirra Jr., dan Walter Cunningham. (NASA via Wikipedia)

Solopos.com, SOLO — Misi Apollo 7 diluncurkan dari Tanjung Canaveral di Florida, Amerika Serikat, pada 11 Oktober 1968. Apollo 7 adalah misi peluncuran berawak manusia pertama dalam Program Apollo.

Misi ini merupakan misi 11 hari mengorbit Bumi, sekaligus juga merupakan peluncuran berawak manusia pertama bagi roket peluncur Saturn IB, dan misi luar angkasa pertama berawak tiga orang dari Amerika Serikat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Awak kapal terdiri atas Wally Schirra (komandan), Donn Eisele (command module pilot), serta Walter Cunningham (lunar module pilot). Apollo 7 mengorbit di angkasa selama 10 hari 20 jam 9 menit dan 3 detik, dengan jumlah lintasan orbit 163 kali. Apollo 7 mendarat kembali pada 22 Oktober 1968.

Baca juga: Sastrawan Pengungsi Abdulrazak Gurnah Mendapat Nobel 2021

Peluncuran misi Apollo 7 merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada hari ke-284 (hari ke-285 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian, 11 Oktober.

Selain peluncuran misi Apollo 7 masih banyak peristiwa bersejarah lain terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 8 Oktober, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1138

Gempa bumi besar mengguncang wilayah Aleppo, Suriah. Sejarawan asal Mesir, Ibn Taghribirdi, menyebut gempa bumi yang belum diketahui kekuatannya itu menewaskan sekitar 230.000 orang dan menjadikannya sebagai salah satu gempa bumi paling mematikan sepanjang sejarah.

1649

Setelah melakukan pengepungan selama 10 hari, pasukan Inggris di bawah pimpinan Oliver Cromwell berhasil merebut Kota Wexford, Irlandia dari pasukan Konfederasi Irlandia. Setelah berhasil menguasainya, pasukan Inggris membantai sekitar 2.000 tentara Konfederasi Irlandia dan sekitar 1.500 warga sipil di Wexford.

1797

Pertempuran antara pasukan Angkatan Laut Inggris dan Angkatan Laut Republik Batavia—atau kini Belanda—meletus di Laut Utara dekat Camperduin atau Camperdown, Belanda. Peristiwa yang dikenang dengan sebutan Pertempuran Camperdown itu berakhir dengan kemenangan Inggris yang lantas menahan 11 kapal dari 18 kapal yang dikerahkan Republik Batavia.

Baca juga: Penyakit Misterius Akibatkan 24 Anak di India Demam hingga Meninggal

1862

Sultan Banjar, Pangeran Antasari, meninggal dunia di Tanah Kampung Bayan Begok, Sampirang, pada usia 75 tahun. Pangeran Antasari meninggal pada masa perjuangannya di Perang Banjar antara Kesultanan Banjar dan Belanda. Selama berjuangm Pangeran Antasari dikenal pantang menyerah dan tak pernah tertangkap pasukan Belanda. Kini, namanya dinobatkan sebagai pahlawan nasional.

1899

Perang Boer II meletus melibatkan pasukan Inggris yang melawan pasukan Republik Transvaal dan pasukan Negara Bebas Oranje. Perang itu berlangsung hingga 31 Mei 1902 dan berakhir dengan kemenangan Inggris. Inggris lantas menguasai dua negara tersebut dan membentuk Uni Afrika Selatan.

1912

Pasukan Yunani berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman dalam Pertempuran Sarantaporo di Sarantaporo, Manastir Vilayet, Kesultanan Ottoman. Atas kemenangan itu, Yunani berhasil merebut Kota Kozani. Hingga kini, Kozani menjadi wilayah kekuasaan Yunani.

1939

Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt menerima surat dari ilmuwan kelahiran Jerman, Albert Einstein, mengenai bom atom. Surat Eistein itu akhirnya menyita perhatian Roosevelt yang lantas membuat tim khusus untuk menangani pemikiran Eintein tentang bom atom itu. Einstein mengemukakan bom atom akan dapat menghentikan kegilaan Nazi Jerman dalam membantai Yahudi.

Baca juga: Profesor di Singapura Sebut Jokowi Pemimpin Jenius, Ini Alasannya

1942

Pertempuran antara pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan pasukan Angkatan Jepang meletus di perairan dekat Tanjung Esperance dan Pulau Savo, Guadalkanal. Pertempuran itu berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan AS.

1942

Amitabh Bachchan, aktor India dilahirkan. Selain populer sebagai aktor film, Amitabh Bachchan juga berkiprah sebagai produser film, pembawa acara televisi, penyanyi playback, dan mantan politikus asal India. Bachchan terkenal dengan suara bariton yang dalam. Dia telah menjadi narator, penyanyi playback, dan presenter dari banyak program.

1954

Pasukan Viet Minh berhasil merebut Vietnam Utara dari kekuasaan Prancis. Pemimpin Viet Minh, Ho Chi Minh, lantas dilantik sebagai perdana menteri Vietnam Utara.

1968

NASA mengklaim berhasil melaksanakan misi luar angkasa berawak untuk kali pertama dengan Apollo 7. Tiga awaknya dinyatakan selamat kembali ke Bumi setelah mengorbit selama 10 hari, 20 jam, 9 menit, 3 detik. Ketiga awak Apollo 7 itu adalah Wally Schirra (komandan), Donn Eisele (command module pilot), serta Walter Cunningham (lunar module pilot).

Baca juga: Bom Bunuh Diri di Masjid Syiah Afghanistan, 50 Jemaah Tewas

1998

Pesawat Boeing 727 Congo Airlines ditembak jatuh oleh pemberontak di Kindu, Republik Demokratik Kongo, menewaskan 40 orang

2002

Mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian atas usahanya mengakhiri konflik timur tengah dan bertindak sebagai mediator antara Mesir dan Israel.

2012

Hugo Chavez, Presiden Venezuela yang baru terpilih kembali, mengumumkan bahwa Nicolas Maduro akan menjadi wakil presiden barunya untuk masa jabatan enam tahun berikutnya memimpin negara tersebut. Maduro untuk sementara akan menjadi presiden di negara itu jika Chavez harus mundur karena masalah kesehatan karena menderita kanker.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya