Sejarah Hari Ini : 15 Oktober 1993, Nobel Perdamaian Mandela & De Klerk

Beragam peristiwa penting terjadi pada 15 Oktober, salah satunya penganugerahan Nobel Perdamaian untuk Nelson Mandela dan FW de Klerk.

 Nelson Mandela dan F.W. de Klerk. (nobelprize.org)

SOLOPOS.COM - Nelson Mandela dan F.W. de Klerk. (nobelprize.org)

Solopos.com, SOLO — Nelson Mandela dan Presiden Afrika Selatan F.W. de Klerk dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada 15 Oktober 1993. Penghargaan itu diberikan atas usaha mereka menamatkan rezim apartheid dan meletakkan asas yang kukuh bagi Afrika Selatan baru.

Nelson Rolihlahla Mandela yang lahir pada 18 Juli 1918 adalah seorang revolusioner antiapartheid di Afrika Selatan. Mandela memperjuangkan kesetaraan hak bagi masyarakat kulit hitam yang sering mendapatkan diskriminasi. Dalam perjalanannya, Mandela ditangkap, diadili, bahkan dipenjara berulang kali.

Mandela menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Dia meninggal pada 5 Desember 2013.

Baca juga: Bentuk Tim Khusus, Korsel Siap Hidup Bersama Covid-19

Sedangkan Frederik Willem de Klerk (lahir 18 Maret 1936) merupakan Presiden kulit putih terakhir di Afrika Selatan. De Klerk terkenal di dalam sejarah internasional sebagai pemimpin yang berhasil mengakhiri era apartheid. Ia juga telah mengubah sistem administrasi negara dari sebuah rezim tangan besi ke sistem demokrasi, di mana penduduk kulit hitam (yang melebihi 90% penduduk Afrika Selatan) diberikan hak menentukan nasib.

Penganugerahan Nobel Perdamaian untuk Mandela dan De Klerk merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 15 Oktober.

Selain itu, masih banyak peristiwa penting lainnya pada 15 Oktober yang terangkum pada Sejarah Hari Ini, 15 Oktober yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1211

Pasukan Kekaisaran Latin berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Nicea dalam pertempuran di dekat Sungai Rhyndacus, Kekaisaran Bizantium atau kini Sungai Mustafakemalpasa di Turki. Akibat kekalahan itu, beberapa wilayah kekuasaan Kekaisaran Nicea dicaplok Kekaisaran Latin.

1529

Pengepungan yang dilancarkan pasukan Kesultanan Ottoman di Wina, Austria yang berlangsung sejak 27 September pada tahun yang sama berkahir. Pasukan Kesultanan Ottoman gagal mencaplok Wina setelah dipukul mundur pasukan Kekaisaran Romawi Suci yang dibantu pasukan Kerajaan Bohemia dan Spanyol.

1815

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte diasingkan ke Pulau Saint Helena di Samudra Atlantik beberapa bulan setelah kalah dalam Pertempuran Waterloo melawan Inggris, Belanda, dan Prusia. Napoleon Bonaparte kemudian menghabiskan sisa hidupnya di pulau tersebut.

Baca juga: Masjid di Jerman Diperbolehkan Kumandangkan Azan Tiap Jumat

1864

Pasukan Konfederasi berhasil mengalahkan pasukan Union dalam salah satu pertempuran di masa Perang Saudara Amerika Serikat (AS) di Glasgow, Missouri, AS. Kemenangan itu membuat pasukan Konfederasi berhasil merebut wilayah Glasgow dari tangan pasukan Union. Namun kekuasaan pasukan Konfederasi di Glasgow hanya bertahan selama tiga hari setelah pasukan Union melancarkan serangan balasan.

1917

Penari eksotis kelahiran Belanda, Margaretha Geertruida Zelle atau yang akrab disapa Mata Hari diesekusi mati regu tembak Prancis di Paris, Prancis. Mata Hari dieksekusi mati setelah dituduh sebagai mata-mata Jerman untuk Prancis selama Perang Dunia I.

1935

Kaisar Etiopia Haile Selassie mengumpulkan tentara dalam jumlah yang sangat banyak untuk melakukan perang yang ia anggap sebagai perang suci demi merebut Kota Aksum dari pendudukan Italia. Sebenarnya, Etiopia telah kehilangan sekitar 20.000 tentaranya demi merebut kota tersebut. Meski demikian, ratusan ribu orang berdatangan dari seluruh penjuru Etiopia setelah seruan dari kaisar mereka untuk mengikuti perang yang dianggap suci itu digaungkan.

1970

Anwar Sadat dilantik menjadi presiden Mesir. Ia menjabat sebagai Presiden ketiga Mesir pada periode 15 Oktober 1970 hingga terbunuh pada 6 Oktober 1981. Oleh dunia Barat, Sadat dianggap sebagai orang yang sangat berpengaruh di Mesir dan di Timur Tengah dalam sejarah modern.

Baca juga: Pemanah Meneror Norwegia, Beberapa Orang Meninggal

1990

Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev dianugerahi Nobel Perdamaian atas upayanya untuk mengurangi ketegangan yang melibatkan Uni Soviet dan negara-negara lain di masa Perang Dingin. Selain itu, Gorbachev juga dianggap telah berupaya membuat bangsanya lebih terbuka terhadap dunia luar.

1993

Nelson Mandela dan Presiden Afrika Selatan FW de Klerk dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian. Penghargaan itu diberikan atas usaha mereka menamatkan rezim apartheid dan meletakkan asas yang kukuh bagi Afrika Selatan baru.

2003

RRT meluncurkan Shenzhou 5, misi luar angkasa berawak pertama mereka dengan membawa astronaut Yang Liwei.

Baca juga: Gawat Nih! Tingkat Oksigen Bumi Perlahan Turun, Lautan akan Kering

2012

Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

2013

Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang wilayah Visayas Tengah, Filipina. Bencana alam tersebut menyebabkan 222 orang meninggal, delapan orang hilang, dan 976 lainnya mengalami luka-luka.


Berita Terkait

Berita Terkini

Putri Gus Dur Usut Kakek-Kakek Pemulung Dihajar Warga

Mengutip keterangan akun Instagram @kabarnegri, kakek pemulung itu dikerumuni warga karena dituding mencuri dompet.

Heboh Ajaran Eksklusif LDII, Begini Kabar Terbarunya

Tudingan itu antara lain tentang ajaran LDII yang mengkafirkan orang Islam dari kelompok lain, pernikahan harus dengan sesama jemaah LDII, serta orang lain salat di masjid LDII harus dicuci lagi. 

Miris, Ayah di Lampung Diduga Cabuli 3 Anak

Perbuatan cabul ayah terhadap tiga anaknya ini terungkap setelah ada laporan dari paman korban.

Rentetan Teror Aceh, Prajurit TNI Tewas Ditembak Orang Misterius

Insiden penembakan terjadi di Jalan Lhok Krincong Gampong Lhok Panah, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie, Aceh pada Kamis (28/10/2021) sekitar pukul 17.15 WIB.

Terbongkar Praktik Prostitusi Anak di Bawah Umur di Bali

Praktik prostitusi melalui media sosial yang mempekerjakan anak di bawah umur berhasil dibongkar aparat kepolisian di Tabanan, Bali

Sejarah Hari Ini : 29 Oktober 2018, Lion Air Jatuh di Perairan Karawang

Berbagai peristiwa terjadi pada 29 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini, salah satunya terkait musibah pesawat Lion Air jatuh di Karawang.

Duh Indonesia, Dana Bedah Rumah Rp20 Miliar Dipakai Bancaan

Perkara ini bermula ketika ditemukan ada kejanggalan terkait bantuan keuangan khusus untuk bedah rumah.

Selamat! 2.850 Anggota Polri Terima Penghargaan dari Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah memberikan penghargaan kepada 2.850 anggota Polri atas pengabdian dan dedikasinya dalam bertugas.

Bukti Pidana Ditemukan, Kapan Rachel Vennya Tersangka?

Menurut Kabid Humas, tim penyidik Polda Metro Jaya menemukan ada unsur tindak pidana yang diduga telah dilanggar oleh Rachel Vennya.

Kasus dan Kematian Akibat Covid-19 di Rusia Meningkat, Moskow Lockdown

Penguncian atau lockdown secara sebagian di Moskow diterapkan menjelang penutupan tempat kerja berskala nasional selama sepekan mulai 30 Oktober.

Amerika Serikat Terbitkan Paspor Pertama untuk Gender-X

Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS) pada Rabu (27/10/2021) mengumumkan perilisan paspor dengan tanda gender-X. 

Mantap! 116,62 Juta Orang Indonesia Sudah Vaksinasi Dosis Pertama

Penduduk Indonesia yang telah menerima vaksinasi dosis pertama hingga Kamis (28/10/2021) siang sudah mencapai 116,62 juta.

Putri Mako Jadi Rakyat Biasa, Bikin Paspor akan Tinggal di AS

Putri Mako dari Kekaisaran Jepang resmi menjadi rakyat jelata seusai menikahi sang pujaan hati bernama Kei Komuro.

Mantan Orang Kepercayaan Susi Pudjiastuti Ditahan Kejagung

Kepala Pusat Penerangan Hukum pada Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengemukakan Syahril telah ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan di Rutan Salemba.

Bocah Madura Jadi Miliarder di Arab Saudi, Punya Koleksi Mobil Mewah

Farid, miliarder cilik berusia 8 tahun keturunan Madura mendapat warisan dari ayahnya di Arab Saudi.