Sering Minum Multivitamin Setiap Hari? Waspadai Efeknya

Tak sedikit orang berpikir bahwa minum multivitamin setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka.

 Ilustrasi minum multivitamin setiap hari. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum multivitamin setiap hari. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit orang sudah sering minum suplemen multivitamin atau vitamin sejak kecil.Kebiasaan itu bisa jadi terus berlanjut hingga mereka dewasa.

Tak sedikit orang berpikir bahwa minum multivitamin setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka. Padahal sebetulnya belum tentu. Simak penjelasannya.

Sebenarnya perlu enggak sih kita minum multivitamin setiap hari? Biasanya kita mengonsumsi suplemen ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mikro. Namun banyak juga yang rutin minum multivitamin setiap hari untuk mencegah kekurangan vitamin atau mineral tertentu.

Karena multivitamin hanya bersifat sebagai tambahan zat gizi mikro yang sebenarnya sudah terkandung dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari, para ahli mendebatkan apakah seseorang bisa mengalami overdosis multivitamin. Sejauh ini memang belum ada kasus overdosis multivitamin. Akan tetapi, kelebihan vitamin-vitamin tertentu dalam jangka panjang ternyata bisa meningkatkan risiko Anda terserang beberapa penyakit tertentu seperti kanker atau penyakit jantung. Maka, Anda sebaiknya waspada terhadap efek minum multivitamin setiap hari.

Baca Juga: Tidak Ada Riwayat Sakit Seperti Tukul Arwana, Berapa Besar Risiko Terkena Pendarahan Otak?

Multivitamin asalnya diracik untuk orang-orang yang kekurangan nutrisi, sedang sakit, atau membutuhkan suplementasi vitamin tertentu. Namun, saat ini berbagai jenis multivitamin telah berkembang menjadi suplementasi untuk daya tahan tubuh, meningkatkan konsentrasi, mencegah penuaan, hingga menurunkan berat badan. Padahal, jika pola makan Anda sudah mencukupi kebutuhan gizi, Anda sebenarnya tak perlu mengonsumsi multivitamin lagi. Pasalnya, berbagai jenis vitamin dan mineral yang ada dalam multivitamin Anda bisa ditemukan pada sumber-sumber alami seperti sayur dan buah-buahan.

Suplementasi multivitamin juga tidak dimaksudkan sebagai pengganti nutrisi yang diperlukan tubuh Anda. Ini karena struktur vitamin dalam pil atau tablet multivitamin Anda sedikit berbeda dengan vitamin asli yang bisa Anda dapatkan dari alam. Jadi sebisa mungkin usahakan untuk mencukupi kebutuhan gizi Anda dari sumber yang alami. Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi multivitamin ternyata tidak meningkatkan performa atau kondisi kesehatan seseorang. Pada orang-orang yang nutrisinya sudah tercukupi, multivitamin bersifat tidak lebih dari obat kosong (efek plasebo).

Dosis multivitamin yang aman

Perhatikan anjuran pemakaian pada label produk multivitamin yang Anda konsumsi atau tanyakan pada dokter Anda. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan dan jangan dikonsumsi melampaui waktu yang ditentukan oleh dokter. Terutama bagi ibu hamil, jangan minum multivitamin apa pun sebelum berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Baca Juga:  Alas Bedak Mengandung SPF, Efektifkah Lindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Efek minum multivitamin setiap hari ternyata tidak bisa disepelekan. Mengutip laman hellosehat.com, Jumat (24/9/2021), sebuah studi dalam Journal of the American Medical Association pada 2007 dan penelitian lain dalam jurnal medis Inggris tahun 2004, Lancet, mengemukakan hasil yang cukup mengejutkan tentang bahaya multivitamin. Dari ratusan ribu pasien yang diteliti, mereka yang minum multivitamin setiap hari menunjukkan angka harapan hidup yang lebih rendah.

Hasil riset lain yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition pada 2007 membuktikan bahwa wanita yang minum suplemen multivitamin dengan kandungan vitamin C, E, beta karoten, selenium, dan zat besi semakin berisiko menderita kanker kulit. Karena itu, perhatikan lagi kandungan multivitamin yang Anda konsumsi setiap hari dan bahaya yang mungkin mengintai. Biasanya multivitamin yang tersedia di apotek atau pusat kesehatan mengandung zat-zat berikut ini.


Berita Terkait

Berita Terkini

Manfaat Menonton Film Horor Bisa Melepaskan Stres dan Kecemasan

Selain mendatangkan manfaat, film horor dapat berdampak negatif pada beberapa orang, terutama mereka yang lebih sensitif terhadap kecemasan.

6 Langkah Cegah Gelombang 3 Covid-19

Pemerintah menyiapkan enam strategi khusus untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19.

Tak Kuat Cuaca Esktrem, Perempuan di Bekasi Mandi dengan Air Es

Seorang perempuan melakukan hal unik untuk mendapatkan kesegaran di cuaca yang panas, yakni dengan mandi dengan air es.

Begini Cara Memacu Kualitas Belajar Si Kecil

Untuk meningkatkan kualitas belajar Si Kecil dan memaksimalkan memori otak serta tumbuh kembang anak, pemberian nutrisi terbaik juga perlu diperhatikan. Mulai dari makanan pokok, camilan, hingga asupan tambahan seperti susu anak.

Resep Cara Membuat Pancake Teflon dan Pakai Takaran Sendok

Berikut ini terdapat resep dan cara membuat pancake dengan teflon dan hanya pakai takaran sendok. Hasilnya lembut dan enak!

Bos Indomaret Tabrakan di Tol Cipularang, yang Dikenal Jalan Terangker

Lokasi kecelakaan Bos Indomaret, Yan Bastian, di Tol Cipularang ternyata dikenal angker dan menyimpan kisah misteri.

Doa Mimpi Buruk dan Hal yang Harus Dilakukan dalam Islam

Selain doa, berikut ini terdapat hal yang harus dilakukan kalau mengalami mimpi buruk dalam ajaran Islam, sesuai disarankan Nadhlatul Ulama (NU).

Hasil Penelitian: Tak Perlu 10.000 Langkah per Hari Agar Panjang Umur

Penelitian baru dari para ilmuwan di Amerika Serikat menyimpulkan tidak perlu 10.000 langkah per hari untuk bisa panjang umur.

Waduh Seram! Penumpang Becak Mendadak Hilang Misterius

Pemilik akun lainnya memberikan cerita lebih lengkap kejadian penumpang becak mendadak hilang secara misterius itu lantaran terjadi di sekitar tempat tinggalnya.

Pulang ke Rumah Seperti Tukul, Begini Cara Rawat Pasien Stroke di Rumah

Tata laksana rawat pasien stroke di rumah memang tidak mudah, namun jangan menyerah.

Trending Topic di Twiter, Ini Penyebab Satpam BCA Selalu Ramah

Warganet pun ramai-ramai membuat cuitan tentang topik ini, hingga kata Satpam BCA pun menjadi trending di Twitter.

Hasil Penelitian: 3 Vaksin Ini Tidak Butuh Booster Hingga 8 Bulan

Para peneliti menemukan tanda yang menunjukkan ketiga vaksin menghasilkan perlindungan kuat dan tahan lama dari risiko keparahan penyakit sehingga tidak perlu booster.

Kenali Kram Otot Seperti Dialami Pebulutangkis Denmark Anders Antonsen

Olahraga dalam waktu yang lama atau aktivitas fisik, terutama dalam cuaca panas, dapat menyebabkan kram otot.

Keren! Bocah 15 Tahun Ini Bisa Mainkan Musik DJ dan Wayang Bersamaan

Meski berumur 15 tahun, Lionel pandai bermain piringan hitam dan mampu mengombinasikan dengan permianan wayang.

Inil Bacaan Doa Saat Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Inilah doa yang dipanjatkan ketika berziarah kubur lengkap dengan arti dan tata caranya.

Hari Pangan Sedunia 2021: Sudah Tepatkah Kita Memperlakukan Pangan?

Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan global terhadap kelaparan serta untuk menyoroti perlunya memastikan pola makan yang sehat untuk semua.