SGS 2021 Libatkan 117 Merchant Termasuk dari UMKM

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pelaku bisnis online juga turut berpartisipasi dalam event Solo Great Sale (SGS) 2021.

 Ilustrasi salah satu tempat pamer UMKM. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi salah satu tempat pamer UMKM. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pelaku bisnis online juga turut berpartisipasi dalam event Solo Great Sale (SGS) 2021. Total ada sekitar 117 merchant peserta SGS 2021 yang berasal dari kategori UMKM, Industri Kreatif dan Bisnis Online.

UMKM, industri kreatif dan bisnis online diharapkan bisa ikut meramaikan event SGS tahun ini. Terlebih Solo juga memiliki potensi dalam pengembangan UMKM dan industri kreatif, serta bisnis online.

Berdasarkan informasi yang diunggah di aplikasi Solo Sale Go, sejumlah merchant kategori UMKM, Industri Kreatif dan Bisnis Online, di antaranya ada usaha pembuatan wayang kulit dan souvenir, usaha batik, usaha makanan dan minuman, distributor logam mulia, kerajinan, cinderamata, bengkel kendaraan listrik dan sebagainya.

Baca Juga: Menghadirkan Semangat Sekaten, Pemkot Jogja Gelar Sekati YK Ing Mall

Pelibatan UMKM dalam program SGS ini juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termausk dari pemerintah pusat. Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, mengatakan pelibatan UMKM dan ekonomi digital dalam pelaksanaan SGS menjadi kelebihan tersendiri.

“Ini menjadi sinergi berbagai pihak untuk mengangkat UMKM dan mendorong percepatan ekonomi di masa pandemi,” kata dia dalam pembukaan SGS lalu.

Apresiasi juga disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki. “Kami mengapresiasi pelaksanaan SGS. Saat ini yang perlu digenjot adalah UMKM. Belanja produk UMKM adalah hal tepat. Belanja di tengah pandemi ini ibadah. Ini meski menjadi contoh kota lain. Semoga target tercapai,” kata dia saat berkunjung ke Solo belum lama ini.

Baca Juga: Rekomendasi Bisnis di Masa Pandemi yang Bisa Dicoba

Dia juga mendukung pelaksanaan SGS yang memanfaatkan ekonomi digital. “Ini sejalan dengan semangat transformasi digital di Kementrian Koperasi dan UKM,” lanjut dia.

Dia menyebutkan saat ini sudah ada sekitar 15,9 juta UMKM yang telah terhubung ke ekosistem digital. Jumlah itu naik 100% dibandingkan sebelum pandemi yang hanya sekitar 8 juta UMKM. Ditargetkan pada 2024 nanti ada 30 juta UMKM yang terhubung ke ekosistem digital.

Ketua Panitia SGS 2021, M. Farid Sunarto, belum lama ini juga menyampaikan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan SGS tahun ini juga melibatkan sejumlah merchant dari sektor UMKM. Diharapkan pelaksanaan SGS juga dapat mengembangkan sektor UMKM di Solo dan sekitarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Dirut Beberkan Perkembangan Restrukturisasi Utang Garuda Indonesia

Garuda Indonesia memastikan bahwa seluruh aspek kegiatan operasional penerbangan akan tetap berlangsung dengan normal.

Biar Ekonomi Tumbuh 5%, Investasi 2022 Ditarget Capai Rp1,2 Kuadriliun

Pemerintah menetapkan target pertumbuhan ekonomi pada 2022 sebesar 5,2 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), dalam APBN 2022.

Kembali Digelar, PLN Journalist Award 2021 Siapkan Hadiah Rp400 Juta

Terdapat 9 kategori karya jurnalistik yang dilombakan dalam PLN Journalist Award 2021.

Punya Peternakan di Wonogiri, Ini Deretan Bisnis Widodo Makmur Perkasa

Widodo Makmur Perkasa merupakan perusahaan holding yang membawahi lima lini bisnis dari peternakan sapi sampai konstruksi dan energi terbarukan.

Animo Berbisnis Tinggi, Aku Saudagar Muda 2021 Terima 2.510 Pendaftar

setiap peserta yang lolos proses seleksi, akan menjadi reseller untuk memasarkan produk–produk unggulan UMKM mitra binaan Rumah BUMN BNI.

Catat, Begini Cara Mengajukan KPR Rumah Subsidi di BTN

Banyak lembaga keuangan yang menawarkan kredit kepemilikan rumah (KPR) yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan rumah idaman, termasuk untuk generasi milenial dan Z.

Airlangga: Akselerasi Transformasi Digital Percepat Pemulihan Ekonomi

Indonesia memiliki bonus demografi yang mendukung pembentukan ekosistem digital yang berkelanjutan dengan mayoritas penduduk generasi Z dan milenial.

11 Anak Muda Tangguh Terima Apresiasi SATU Indonesia Awards dari Astra

Semangat dan kegigihan 11 anak muda tersebut semakin terasa pada acara Awarding 12th SATU Indonesia Awards 2021 yang diadakan secara virtual pada hari ini, Kamis (28/10/2021).

Widodo Makmur Perkasa Tawarkan Saham Hingga 25%

PT Widodo Makmur Perkasa Tbk melangsungkan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) dengan melepas 25% saham.

Dirut Garuda Liburan Pakai Fasilitas Kantor? Ini Penjelasan Manajemen

Belum lama ini Serikat Karyawan Garuda melaporkan dugaan Direktur Utama Irfan Setiaputra liburan bersama keluarga dengan menggunakan fasilitas kantor.

Hari Listrik Nasional, PLN Beri Kado Istimewa untuk 17 Pelanggan

PLN sebagai penyedia kelistrikan senantiasa berkomitmen untuk dapat menyediakan listrik yang berkualitas,

Ini Permintaan Kadin kepada Buruh terkait Tuntutan Kenaikan UMR 2022

Formulasi penetapan UMP/UMR sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai turunan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Siap-Siap, Insentif Pajak Mulai Dikurangi Tahun Depan di Sektor Ini

Pemerintah menegaskan akan mengurangi pemberian insentif pajak secara bertahap pada tahun depan.

Jelang Akhir Tahun, KPP Madya Solo 19 Kali Sita Aset Wajib Pajak

Kurang dari dua bulan jelang akhir tahun ini, KPP Madya Solo berhasil melakukan 19 kali penyitaan dengan total tunggakan pajak lebih dari Rp26 miliar.

Lagi Turun Nih! Buruan Cek Harga Emas Pegadaian Kamis 28 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (28/10/2021) turun dari hari sebelumnya, baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Festival Kuliner Online Logan Food di Solo Banyak Diskon, Ayo Serbu!

Festival ini menggandeng lebih dari 75 stan kuliner khas Kota Solo. Di antaranya Tumpeng Solo, sate Pak Manto, bakmi Bu Yayuk, bakso Titoti, dan Kusuma Sari.