SOLOPOS.COM - Salah satu objek wisata di Kulonprogo yang siap dibuka, Kedung Pedut. (Instagram @kedungpedut)

Solopos.com, KULONPROGO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersiap membuka sejumlah objek wisata menyusul penurunan status PPKM dari level 3 ke level 2 di wilayah tersebut. Total ada 31 objek wisata di Kulonprogo yang akan dibuka secara terbatas, atau bersifat uji coba.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito, mengatakan 31 objek wisata tersebut juga telah mendapatkan infrastruktur QR code dari pemerintah pusat untuk penerapan aplikasi PeduliLindungi. Meskipun, dalam penerapannya pengelola wisata masih terganjal soal akses sinyal atau internet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hari ini kami bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait termasuk instansi TNI, Polri rapat terkait dengan uji coba pembukaan objek wisata. Pembukaan objek wisata secara terbatas berdasarkan Inmedagri, Ingub DIY, dan surat edaran dari Kadispar DIY. Sekali lagi ini masih uji coba ya, belum dibuka sepenuhnya” kata Joko, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Susah Terapkan PeduliLindungi di Objek Wisata Kulonprogo, Ini Masalahnya

Meski demikian, Joko belum berani memastikan kapan 31 objek wisata di Kulonprogo itu akan dilakukan pembukaan secara terbatas. Dinas Pariwisata Kulonprogo masih menunggu surat edaran Bupati Kulonprogo terkait penurunan level PPKM berjenjang sebelum resmi membuka objek wisata secara terbatas.

“Jadi, jadwal resmi uji coba pembukaan objek wisata masih menunggu surat edaran ya. Posisinya saat ini sudah naik [ke meja Bupati] untuk mendapatkan tanda tangan. Setelah surat edaran tertandatangani, secara resmi akan kita buka objek wisata secara terbatas. Saat ini, objek wisata masih melakukan persiapan,” ungkap Joko.

Dikatakan Joko, pembukaan 31 objek wisata di Kulonprogo juga masih dibatasi sebanyak 25 persen dari total kapasitas. Di sisi lain, penerapan aplikasi PeduliLindingi masih terkendala dengan sinyal internet. OPD terkait diminta untuk segera mempersiapkan sarana maupun prasarana agar penerapan aplikasi PeduliLindungi di objek wisata mampu berjalan efektif.

“Sehingga, kami menerapkan kearifan lokal dengan meminta wisatawan untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19. Kebijakan tersebut diterapkan bagi pengelola wisata yang kesulitan untuk menerapkan aplikasi PeduliLindungi,” ujar Joko.

Baca juga: Dukung Percepatan Vaksinasi, Kodim 0731 Kulonprogo Datangi Pasar

Daftar 31 objek wisata di Kulonprogo yang siap dibuka:

1. Pantai Glagah

2. Pantai Congot

3. Pantai Trisik

4. Pantai Bidara

5. Pantai Mlarangan Asri

6. Mangrove Pasir Kadilangu

7. Mangrove Jembatan Api-api

8. Waduk Sermo

9. Pule Payung

10. Wisata Alam Nglinggo

11. Puncak Suroloyo

12. Wisata Alam Tritis

13. Desa Wisata Tinalah

14. Goa Kiskendo

15. Ekowisata Sungai Mudal

16. Kalibiru

17. Kedung Pedhut

18. Kembangsoka

19. Sendangsono

20. Dolan Ndeso Boro

21. Taman Bambu Air

22. Taman Bendung Kamijoro

23. Gunung Kuniran

24. Towilfiets



25. Ayunan Langit

26. Segajih Live in

27. Grojogan Sewu

28. Puncak Kleco

29. Canthing Mas Puncak Dipowono

30. Arus Progo Rafting

31. Goa Kebon







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya