Solopos Hari Ini: Penerbangan Internasional Dibuka Lebar

Solopos hari ini mengusung headline terkait pintu penerbangan internasional ke Indonesia kembali dibuka mulai hari ini, Kamis (14/10/2021) meski belum ada maskapai yang mengajukan permohonan slot penerbangan.

 Koran Solopos Edisi Kamis (14/10/2021)

SOLOPOS.COM - Koran Solopos Edisi Kamis (14/10/2021)

Solopos.com, SOLO — PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menyampaikan hingga saat ini belum ada maskapai berjadwal yang mengajukan permohonan untuk slot penerbangan internasional menjelang dibukanya Bandara Ngurah Rai, Bali.

Koran Harian Solopos Edisi Kamis (14/10/2021) mengusung headline terkait penerbangan internasional yang dibuka lagi.

Penerbangan Internasional Diberi Insentif, Pintu Dibuka Lebar

JAKARTA-Pintu penerbangan internasional ke Indonesia kembali dibuka mulai hari ini, Kamis (14/10/2021). Meski demikian, hingga Rabu (13/10/2021), belum ada maskapai yang mengajukan permohonan slot penerbangan.

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menyampaikan hingga saat ini belum ada maskapai berjadwal yang mengajukan permohonan untuk slot penerbangan internasional menjelang dibukanya Bandara Ngurah Rai, Bali.

Baca Juga: Besok, Bandara Bali Dibuka Kembali Layani Penerbangan Internasional

VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan mengatakan dalam proses pelaksanaan penerbangan, biasanya maskapai membutuhkan waktu dua-tiga bulan untuk melakukan persiapan. Persiapan tersebut dimulai dan membuka penjualan, penyiapan fleet, kru, penzinan, dan sebagainya.

Sejauh ini, sebagai operator bandara, AP I juga masih terbuka untuk slot penerbangan internasional. “Saat ini belum ada yang mengajukan penerbangannya,” ujarnya, Rabu.

Senada, Stakeholder Relation Manager Bandara Ngurah, Bali Taufan Yudhistira, menjelaskan saat ini belum terdapat pengajuan dan jadwal penerbangan yang diajukan untuk penerbangan internasional. “Kalau jadwal memang tergantung maskapainya. Kami sudah persiapan penuh fasilitas maupun personel,” katanya.

Baca Juga: Penerbangan Milenial Super Air Jet Sasar Rute Surabaya

Terkait dengan slot penerbangan, Direktur Utama AirNav Indonesia M. Pramintohadi Sukarno mengatakan kesiapan pembukaan kembali rute penerbangan internasional untuk penerbangan komersial berjadwal dari dan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Pramintohadi menjelaskan AirNav telah menggunakan aplikasi Chronos yang akan membantu pengaturan slot time penerbangan.

Nantinya, pengaturan slot time tersebut disesuaikan berbagai kebutuhan protokol kesehatan untuk para penumpang pesawat yang akan berangkat maupun yang baru mendarat. Informasi selengkapnya bisa dibaca di Koran Solopos edisi Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Level PPKM Turun, Garuda Indonesia Bidik Penambahan Frekuensi Penerbangan

Berita lain yang disajikan di halaman depan Harian Solopos adalah cerita sukses di balik masuknya Desa Sangiran dalam 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia.

Sukses Krikilan Berkat Perjuangan Bersama

SRAGEN-Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, yang mengelola kawasan wisata pendukung destinasi wisata Sangiran, sukses menjadi salah satu 50 desa wisata terbaik Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Apa yang dilakukan desa itu sehingga mampu sukses?

Kepala Desa Krikilan, Widodo, menjelaskan pencapaian Desa Wisata Sangiran yang mereka kelola merupakan kerja keras semua pihak, baik pelaku wisata, kepemudaan dan Pemerintah Desa Krikilan. Visi misi kades menjadikan Desa Krikilan menjadi desa wisata sudah terwujud.

Baca Juga: Hore! Museum Sangiran Dibuka, Anak-Anak Boleh Masuk Lur

“Tentunya kami mengatur strategi untuk terus mengembangkan dan meningkatkan potensi yang ada. Pasar Budaya kami adakan setiap Minggu dengan Sangir atau Sarapan Ning Punden Tingkir. Lalu kami bicara mengenai paket wisata,” kata dia. Informasi selengkapnya bisa dibaca di Koran Solopos edisi Kamis (14/10/2021).

Di Halaman Soloraya, Koran Solopos mengangkat headline terkait kondisi bangunan Keraton Solo yang rusak dimakan usia karena kurangnya perawatan.

Bangunan di Kompleks Keraton Solo Rusak

SOLO-Belasan bangunan di kompleks Keraton Solo rusak. Sementara itu, rencana revitalisasi sejumlah bangunan di kawasan cagar budaya (KCB) Keraton mendapatkan tanggapan dari Maha Menteri Keraton, K.G.P.H.P,A. Tedjowulan.

Pengajuan renovasi sudah dilakukan pada 2018. Sementara, pendataan kondisi bangunan berlangsung pada 2017. Saat itu, pihaknya mengajukan revitalisasi bangunan yang sudah rusak parah kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Keraton Solo Disurati Kemendikbud, Dinilai Lalai hingga Bangunan Kumuh

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, mengatakan belasan bangunan yang rusak itu, di antaranya Panggung Sanggabuwana, Keputren, dan eks-Saraswati-Gondorasan yang menjadi Kantor Maha Menteri.

Lalu Keraton Kilen, Tursino Puri, penataan kandang kereta dan mobil tua, Ndalem Sasana Mulya, Pagelaran dan Siti Hinggil, pekapalan timur Masjid Agung, Siti Hinggil Kidul, serta kandang Kyai Slamet.

Beberapa bagian jendela di Panggung Sanggabuwana terjadi kerusakan, tidak bisa ditutup, cat terkelupas, dan lapuk. Informasi selengkapnya bisa dibaca di Koran Solopos edisi Kamis (14/10/2021).


Berita Terkait

Berita Terkini

Putri Gus Dur Usut Kakek-Kakek Pemulung Dihajar Warga

Mengutip keterangan akun Instagram @kabarnegri, kakek pemulung itu dikerumuni warga karena dituding mencuri dompet.

Heboh Ajaran Eksklusif LDII, Begini Kabar Terbarunya

Tudingan itu antara lain tentang ajaran LDII yang mengkafirkan orang Islam dari kelompok lain, pernikahan harus dengan sesama jemaah LDII, serta orang lain salat di masjid LDII harus dicuci lagi. 

Miris, Ayah di Lampung Diduga Cabuli 3 Anak

Perbuatan cabul ayah terhadap tiga anaknya ini terungkap setelah ada laporan dari paman korban.

Rentetan Teror Aceh, Prajurit TNI Tewas Ditembak Orang Misterius

Insiden penembakan terjadi di Jalan Lhok Krincong Gampong Lhok Panah, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie, Aceh pada Kamis (28/10/2021) sekitar pukul 17.15 WIB.

Terbongkar Praktik Prostitusi Anak di Bawah Umur di Bali

Praktik prostitusi melalui media sosial yang mempekerjakan anak di bawah umur berhasil dibongkar aparat kepolisian di Tabanan, Bali

Sejarah Hari Ini : 29 Oktober 2018, Lion Air Jatuh di Perairan Karawang

Berbagai peristiwa terjadi pada 29 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini, salah satunya terkait musibah pesawat Lion Air jatuh di Karawang.

Duh Indonesia, Dana Bedah Rumah Rp20 Miliar Dipakai Bancaan

Perkara ini bermula ketika ditemukan ada kejanggalan terkait bantuan keuangan khusus untuk bedah rumah.

Selamat! 2.850 Anggota Polri Terima Penghargaan dari Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah memberikan penghargaan kepada 2.850 anggota Polri atas pengabdian dan dedikasinya dalam bertugas.

Bukti Pidana Ditemukan, Kapan Rachel Vennya Tersangka?

Menurut Kabid Humas, tim penyidik Polda Metro Jaya menemukan ada unsur tindak pidana yang diduga telah dilanggar oleh Rachel Vennya.

Kasus dan Kematian Akibat Covid-19 di Rusia Meningkat, Moskow Lockdown

Penguncian atau lockdown secara sebagian di Moskow diterapkan menjelang penutupan tempat kerja berskala nasional selama sepekan mulai 30 Oktober.

Amerika Serikat Terbitkan Paspor Pertama untuk Gender-X

Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS) pada Rabu (27/10/2021) mengumumkan perilisan paspor dengan tanda gender-X. 

Mantap! 116,62 Juta Orang Indonesia Sudah Vaksinasi Dosis Pertama

Penduduk Indonesia yang telah menerima vaksinasi dosis pertama hingga Kamis (28/10/2021) siang sudah mencapai 116,62 juta.

Putri Mako Jadi Rakyat Biasa, Bikin Paspor akan Tinggal di AS

Putri Mako dari Kekaisaran Jepang resmi menjadi rakyat jelata seusai menikahi sang pujaan hati bernama Kei Komuro.

Mantan Orang Kepercayaan Susi Pudjiastuti Ditahan Kejagung

Kepala Pusat Penerangan Hukum pada Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengemukakan Syahril telah ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan di Rutan Salemba.

Bocah Madura Jadi Miliarder di Arab Saudi, Punya Koleksi Mobil Mewah

Farid, miliarder cilik berusia 8 tahun keturunan Madura mendapat warisan dari ayahnya di Arab Saudi.