Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan.

 
Tangkapan layar Solopos Virtual Talkshow: Berani Berubah Berdigital, Kamis (23/9/2021) yang disiarkan melalui media sosial Solopos. (Akhmad Ludiyanto/Solopos)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Solopos Virtual Talkshow: Berani Berubah Berdigital, Kamis (23/9/2021) yang disiarkan melalui media sosial Solopos. (Akhmad Ludiyanto/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Teknologi digital yang sudah berkembang di masyarakat sejak beberapa tahun lalu diyakini akan mengubah tatanan pada masyarakat di masa depan. Namun tiba-tiba muncul pandemi Covid-19 yang dimulai 2020.

Kondisi ini memaksa masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah dan harus beradaptasi dengan dunia digital, misalnya sekolah dari rumah, bekerja dari rumah, dan berbelanja dari rumah. Semua itu memanfaatkan teknologi digital.

Membicarakan perubahan ini, Solopos yang didukung oleh Tiki, perusahaan jasa pengiriman, mengadakan Solopos Virtual Talkshow: Berani Berubah Berdigital, Kamis (23/9/2021) yang disiarkan melalui media sosial Solopos.

Talkshow dalam rangka HUT ke-51 Tiki ini menghadirkan Marketing Executive Tiki Solo, Cahyo Asmoro, General Manager Logistic Sritex Logistic, Arif Sanjaya, pemilik Bikhoir Group, Didit Ardiyanto, Founder Batik Jumputan Inten, Intani Asih Wonodewi, dan Digital Marketing Anthusiast, Bella Zadithya. Talkshow dipandu Redaktur Pelaksana Solopos.com, Danang Nur Ihsan.

Baca Juga: Kuliah Perdana ITNY : Generasi Z Harus Bisa Berkompetisi dalam Perkembangan Teknologi

Menjemput Barang ke Rumah

Dalam kesempatan itu, Cahyo Asmoro mengatakan Tiki sudah selalu siap dengan perubahan-perubahan, termasuk di era teknologi digital saat ini. Kebutuhan masyarakat pun dipenuhi dengan berbagai layanan baru. “Dengan adanya kegiatan masyarakat yang kini banyak dilakukan dari rumah, mereka menggunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya untuk berbelanja. Kami pun hadir antara lain dengan aplikasi Tiki App yang berisi beragam layanan yang bisa diakses melalui ponsel dari rumah,” ujarnya.

Cahyo menambahkan, selain ada aplikasinya, Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan. Sehingga pelanggan tak perlu lagi datang ke kantor Tiki untuk membawa barang yang akan dikirimkan.

Bahkan, kini Tiki mulai merambah jasa pengantaran makanan dengan layanan Jemput Antar (Putar). Layanan ini sudah ada di Solo dan melayani area Solobaru, Colomadu, dan Kartasura. “Tarif flat 14.000 per kilogram dengan estimasi waktu tiba 3 jam,” imbuhnya.

Di sisi lain, Tiki juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pelayanan jasa pengiriman, salah satunya melalui acara talkshow Solopos ini dan pelatihan-pelatihan bagi pelaku UMKM.

Baca Juga: Harga BBM di Indonesia Paling Murah Se-Asia Tenggara? Cek Perbandingannya

Sementara itu, Arif Sanjaya dari Sritex Logistic mengatakan digitalisasi bisnis sudah menjadi keharusan. Menurutnya, Toko Sritex yang ia dirikan merupakan salah satu jawaban atas kebutuhan masyarakat saat ini. “Toko Sritex dibuat agar masyarakat bisa mengakses produk Sritex dalam jumlah kecil. Dan karena kami sudah punya tim IT, punya bisnis logistik, maka kami create bisnis ini dalam dua pekan dan berjalan sampai sekarang,” ujarnya.

Sedangkan Intan dari Batik Jumputan Inten mengatakan dirinya memulai penjualan 2014 dengan konsep penjualan digital/online. “Penjualan online untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan luar Solo untuk beli batik di Solo. Jasa logistik berperan penting, karena ketepatan waktu pengantaran, jaringan distribusi luas, harga kompetitif sangat mempengaruhi keputusan customer,” ujarnya.

Sementara itu, Didit Ardiyanto dari Bikhoir Group mengatakan pengguna jasa e-commerce semakin bertambah dan Tiki sangat berperan di dalam bisnisnya. “Tiki berperan dalam bisnis kami yang tadinya konvensional sekarang beralih digital. Sangat membantu saya dalam suport pengiriman,” ujarnya.

Sedangkan Digital Marketing Enthusiast, Bella Zadithya antara lain memaparkan tentang peran jasa pengiriman dan tips-tips dalam bisnis online.
“Mengetahui profiling pasar sangat penting bagi UMKM untuk membidik calon pelanggan. Misalnya dengan menilik respons iklan yang dipasang di beberapa media sosial,” ujarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Beredar Rumor Garuda Indonesia akan Dipailitkan, Ini Respons Manajemen

Perbaikan situasi ini menjadi momentum penting dalam langkah-langkah perbaikan kinerja Garuda saat ini hingga ke depannya akan terus dioptimalkan secara bertahap dan terukur.

Penumpang Pesawat Tetap Harus Tes PCR Meski Sudah Vaksin 2 Kali

Perubahan aturan perjalanan dengan pesawat itu tertuang dalam Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3-1 di Wilayah Jawa dan Bali.

Penumpang KRL Jogja-Solo Meningkat, Minggu Paling Ramai

Tren kenaikan volume penumpang KRL pada Oktober juga dipengaruhi oleh semakin terkendalinya kasus Covid-19 di Yogyakarta dan Solo.

Jokowi : Kepala Daerah Jangan Latah! Harus Fokus pada Produk Unggulan

Presiden Jokowi berharap agar pasar dalam negeri Indonesia jangan sampai direbut oleh produk-produk negara lain.

Solo-Jakarta & Jogja-Jakarta PP Bisa Naik Bus Damri, Ini Tarifnya

Selama masa pandemi Covid-19, perusahaan mengimbau agar pelanggan menerapkan metode cashless yakni dengan pemesanan tiket Damri secara online.

Ultah Perak, Charles & Keith Rilis Koleksi dari Bahan Daur Ulang

Memperingati ulang tahun perak, Charles and Keith meluncurkan koleksi limited edition The Anniversary Series dari bahan daur ulang.

Ganti Kartu ATM BCA Lama ke Chip Sebelum Diblokir, Begini Caranya

Selain mendukung kebijakan BI, seperti dikutip dari laman bca.co.id, kartu debit berteknologi chip diklaim lebih aman sehingga bisa mengurangi risiko pencurian data kartu.

Mahfud MD Tegaskan Korban Pinjol Ilegal Jangan Bayar

Jika mengacu pada aspek hukum perdata yang juga menjadi sikap pemerintah, kegiatan pinjol ilegal dinyatakan tidak memenuhi syarat sehingga bisa dinyatakan batal atau dibatalkan.

Berantas Pinjol Ilegal, Kemenkominfo Gandeng Google dan Apple

Guna memberantas pinjol ilegal yang kian meresahkan masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Google dan Apple.

Pengin Tajir Seperti Jeff Bezos? Simak 5 Tips Bisnis & Investasi Ini

Bermula dari mendirikan Amazon pada 1994 di garasinya di Seattle, Amerika Serikat, Jeff Bezos terus meraih sukses melalui investasi serta strategi yang dilakukannya selama ini.

Lagi Naik Nih! Simak Harga Emas Antam Rabu, 20 Oktober 2021

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Rabu (20/10/2021) mengalami kenaikan dibandingkan harga sebelumnya.

BPH Migas Tegaskan Solar Bersubsidi Hanya untuk Kendaraan Ini

BPH Migas) menerbitkan surat relaksasi distribusi solar bersubsidi untuk mengatasi kekurangan kuota pasca-penurunan level PPKM.

PPKM Turun Level di Banyak Daerah, Pertamina Jamin Stok Solar Aman

PT Pertamina menjamin stok solar cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pemulihan kegiatan ekonomi seusai penurunan level PPKM di banyak daerah.

Superbike dan MotoGP Diharapkan Dorong Bisnis Properti di Mandalika

Jika dikaitkan dengan perhelatan World Superbike 2021 dan MotoGP 2022, sebetulnya ini akan menambah eksposur atau awareness terhadap lokasi tersebut.

Atasi Kelangkaan BBM Bersubsidi, Pertamina Tindak 91 SPBU Nakal

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga memberikan sanksi kepada 91 lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Indonesia.

Tak Kompak! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 19 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada hari ini, Selasa (19/10/2021) tercatat bertolak belakang untuk cetakan Antam dan UBS.