SOLOPOS.COM - Pengurus Pradana Cahaya Nasional (PCN) Cabang Sukoharjo dan Cabang Klaten mengikuti pengambilan sumpah saat proses pelantikan di Balai Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sabtu (25/9/2021). (Istimewa/Emanuel Eusebius Sala)

Solopos.com, SUKOHARJO — Jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, kini terang benderang setelah dipasangi belasan lampu penerangan jalan umum tenaga surya atau PJU TS bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pengelolaan PJU-TS itu diserahkan ke pengurus Pradana Cahaya Nasional (PCN) Cabang Sukoharjo yang dilantik pada Sabtu (25/9/2021). Kepala Desa Karangasem, Bambang Minarno, mengatakan sebagian jalan perdesaan membutuhkan lampu penerangan jalan terutama akses menuju permukiman penduduk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selama ini, beberapa lokasi jalan perdesaan gelap gulita lantaran tak ada lampu penerangan jalan umum. “Kami prioritaskan pemasangan belasan lampu penerangan jalan di jalan perdesaan yang kerap dilewati masyarakat. Lantaran kondisi jalan gelap gulita, sebagian masyarakat tak berani melewati jalan tersebut pada malam hari,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (25/9/2021).

Baca Juga: Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bambang menyebut kondisi jalan perdesaan Karangasem, Sukoharjo, yang minim lampu PJU rawan aksi kriminalitas. Kondisi jalan cukup sepi dan jauh dari permukiman penduduk.

Karena itu, tak sedikit masyarakat yang menghindari jalan yang minim lampu penerangan saat beraktivitas pada malam hari. Kondisi geografis wilayah Desa Karangasem terletak di perbukitan. Masyarakat sangat membutuhkan lampu penerangan jalan guna membantu aktivitas pada malam hari.

“Kami bakal berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan [Dishub] Sukoharjo ihwal pengelolaan lampu PJU-TS. Nantinya, lampu PJU-TS menjadi aset daerah yang dikelola Pemkab Sukoharjo. Jika ada lampu yang mati atau rusak, perbaikan lampu jadi wewenang instansi terkait,” ujarnya.

Baca Juga: Bimsalabim! Lahan Tidur Di Jangglengan Sukoharjo Disulap Jadi Produktif

Program Indonesia Sehat

Sebelum Desa Karangasem, Sukoharjo, Kementerian ESDM telah memberikan bantuan lampu PJU TS yang tersebar di Sukoharjo dan Boyolali. Di Sukoharjo, pemasangan lampu PJU-TS tersebar di 165 lokasi sedangkan Boyolali 110 lokasi.

Dalam kesempatan itu, pengurus PCN Pusat melantik pengurus PCN Cabang Sukoharjo dan PCN Cabang Klaten. Ketua Umum PCN, Emanuel Eusebius Sala, menyatakan lampu PJU-TS direncanakan dipasang di sejumlah desa wilayah Kecamatan Bulu.

Pemasangan lampu PJU-TS merupakan bagian dari program Indonesia Sehat. Selain pemasangan lampu PJU-TS, PCN tengah menunggu hasil validasi data rumah tidak layak huni (RTLH).

Baca Juga: Penerapan Aplikasi PeduliLindungi di Toko Swalayan Sukoharjo Belum Optimal, Ini Penyebabnya

PCN merupakan asosiasi penyelenggara program dan pengelola dana coorporate social responsibility (CSR) berupa dana hibah dari BUMN, BUMD, PMA, PMDN serta perusahaan swasta berskala nasional.

“Penyaluran dana CSR perusahaan tak hanya menitikberatkan pada kegiatan fisik melainkan kegiatan nonfisik seperti pengembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah [UMKM] di Sukoharjo,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya