Sudah Ada PJU, Warga Karangasem Sukoharjo Tak Perlu Takut Keluar Malam

Belasan lampu PJU bertenaga surya kini menerangi jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, bantuan dari Kementerian ESDM.

 Pengurus Pradana Cahaya Nasional (PCN) Cabang Sukoharjo dan Cabang Klaten mengikuti pengambilan sumpah saat proses pelantikan di Balai Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sabtu (25/9/2021). (Istimewa/Emanuel Eusebius Sala)

SOLOPOS.COM - Pengurus Pradana Cahaya Nasional (PCN) Cabang Sukoharjo dan Cabang Klaten mengikuti pengambilan sumpah saat proses pelantikan di Balai Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sabtu (25/9/2021). (Istimewa/Emanuel Eusebius Sala)

Solopos.com, SUKOHARJO — Jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, kini terang benderang setelah dipasangi belasan lampu penerangan jalan umum tenaga surya atau PJU TS bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pengelolaan PJU-TS itu diserahkan ke pengurus Pradana Cahaya Nasional (PCN) Cabang Sukoharjo yang dilantik pada Sabtu (25/9/2021). Kepala Desa Karangasem, Bambang Minarno, mengatakan sebagian jalan perdesaan membutuhkan lampu penerangan jalan terutama akses menuju permukiman penduduk.

Selama ini, beberapa lokasi jalan perdesaan gelap gulita lantaran tak ada lampu penerangan jalan umum. “Kami prioritaskan pemasangan belasan lampu penerangan jalan di jalan perdesaan yang kerap dilewati masyarakat. Lantaran kondisi jalan gelap gulita, sebagian masyarakat tak berani melewati jalan tersebut pada malam hari,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (25/9/2021).

Baca Juga: Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bambang menyebut kondisi jalan perdesaan Karangasem, Sukoharjo, yang minim lampu PJU rawan aksi kriminalitas. Kondisi jalan cukup sepi dan jauh dari permukiman penduduk.

Karena itu, tak sedikit masyarakat yang menghindari jalan yang minim lampu penerangan saat beraktivitas pada malam hari. Kondisi geografis wilayah Desa Karangasem terletak di perbukitan. Masyarakat sangat membutuhkan lampu penerangan jalan guna membantu aktivitas pada malam hari.

“Kami bakal berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan [Dishub] Sukoharjo ihwal pengelolaan lampu PJU-TS. Nantinya, lampu PJU-TS menjadi aset daerah yang dikelola Pemkab Sukoharjo. Jika ada lampu yang mati atau rusak, perbaikan lampu jadi wewenang instansi terkait,” ujarnya.

Baca Juga: Bimsalabim! Lahan Tidur Di Jangglengan Sukoharjo Disulap Jadi Produktif

Program Indonesia Sehat

Sebelum Desa Karangasem, Sukoharjo, Kementerian ESDM telah memberikan bantuan lampu PJU TS yang tersebar di Sukoharjo dan Boyolali. Di Sukoharjo, pemasangan lampu PJU-TS tersebar di 165 lokasi sedangkan Boyolali 110 lokasi.

Dalam kesempatan itu, pengurus PCN Pusat melantik pengurus PCN Cabang Sukoharjo dan PCN Cabang Klaten. Ketua Umum PCN, Emanuel Eusebius Sala, menyatakan lampu PJU-TS direncanakan dipasang di sejumlah desa wilayah Kecamatan Bulu.

Pemasangan lampu PJU-TS merupakan bagian dari program Indonesia Sehat. Selain pemasangan lampu PJU-TS, PCN tengah menunggu hasil validasi data rumah tidak layak huni (RTLH).

Baca Juga: Penerapan Aplikasi PeduliLindungi di Toko Swalayan Sukoharjo Belum Optimal, Ini Penyebabnya

PCN merupakan asosiasi penyelenggara program dan pengelola dana coorporate social responsibility (CSR) berupa dana hibah dari BUMN, BUMD, PMA, PMDN serta perusahaan swasta berskala nasional.

“Penyaluran dana CSR perusahaan tak hanya menitikberatkan pada kegiatan fisik melainkan kegiatan nonfisik seperti pengembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah [UMKM] di Sukoharjo,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Jika Kondisi Darurat, Wonogiri Aktifkan Lagi Tempat Isoter

Pengaktifan kembali tempat isoter di Gedung PGRI menyesuaikan kasus Covid-19.

Tak Diizinkan Orang Tua, Sebagian Siswa SMP di Wonogiri Tak Ikuti PTM

Keikutsertaan siswa SMP dalam PTM terbatas tergantung keputusan siswa/orang tua/wali.

100.000-An Warga Solo Tak Punya Akta Kelahiran, Diduga Ini Penyebabnya

Ternyata masih banyak warga Solo yang belum memiliki akta kelahiran, jumlahnya mencapai 18% atau hampir 100.000 orang dari total penduduk Kota Bengawan.

Automatic Ozone Machine Bikin PTM di SDN II Butuhan Klaten Kian Nyaman

Dua siswa kelas V SDN II Butuhan, Delanggu, mampu membikin automatic ozone machine yang berfungsi membunuh virus dan bakteri dalam suatu ruangan (termasuk Covid-19).

Projo Fasilitasi 1.400 Dosis Vaksinasi di Banyudono Boyolali

 Banyudono dipilih menjadi lokasi sentra vaksinasi ini lantaran cakupan vaksinasi terbilang rendah.

Zona Hijau, Satgas Covid-19 Butuhan Klaten Tetap Gelar Operasi Yustisi

Operasi yustisi yang melibatkan pamong desa, polisi, sukarelawan, dan lainnya di Butuhan itu digelar setiap satu kali dalam sepekan.

Cerita Karyawan Pinjol Bikin IRT di Wonogiri Bunuh Diri: Gajinya Besar

Karyawan perusahaan pinjol ilegal yang diduga menyebabkan ibu-ibu di Wonogiri bunuh diri mengaku digaji besar dan mendapat fasilitas apartemen.

Mantap! Sukoharjo Ekspor Beras Mulai Tahun Depan

Pemkab Sukoharjo menargetkan bisa mulai ekspor beras yang ditanam menggunakan metode Indeks Pertanaman (IP) 400 pada 2022 mendatang.

Umbul Pelem Klaten Bayarkan Iuran BPJS Ketenagakerjaan Ratusan Warga

Umbul Pelem, Wunut, Klaten, membayarkan iuran jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan kepada 650 kepala keluarga.

Selter Pasar Ikan Sumbang Transaksi hingga Rp1 Miliar di SGS 2021

Merchant sektor kuliner khususnya selter Pasar Ikan menyumbang transaksi hingga Rp1 miliar pada event SGS 2021 hingga Kamis (21/10/2021).

Alun-Alun Wonogiri Dibuka, PKL Wajib Ingatkan Konsumen Tak Bermasker

Pemkab Wonogiri membolehkan pedagang kaki lima (PKL) berjualan lagi di kawasan alun-alun mulai Sabtu (16/10/2021) malam.

Diluncurkan di Solo, BNI Xpora Mudahkan Akses UMKM ke Pasar Ekspor

BNI meluncurkan program BNI XPora yang bertujuan membantu dan memudahkan akses kalangan UMKM menuju pasar global.

Evaluasi Oke, PTM SD di Boyolali akan Diperluas

Berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan PTM di 56 SD inti, Disdikbud menemukan tidak ada hal negatif termasuk tidak ada komplain dari masyarakat.

Serahkan Bantuan pada 5.680 PKL, Bupati-Dandim Ingatkan Prokes Covid-19

Bupati dan Dandim Karanganyar memanfaatkan momen penyerahan bantuan kepada 5.680 PKL untuk mengingatkan prokes Covid-19.

PPKM Level 2, Penerangan di 9 Ruas Jalan Sukoharjo Dinyalakan Lagi

Dishub Sukoharjo akhirnya menyalakan kembali lampu penerangan jalan umum (PJU) di sembilan ruas jalan menyusul turunnya PPKM ke level 2.