SOLOPOS.COM - Penampakan Telaga Sarangan yang surut pada musim kemarau. (Instagram/@magetanbanget)

Solopos.com, MAGETAN — Kondisi Telaga Sarangan yang mengering menjadi fenomena unik yang ramai dibahas di media sosial. Penampakan Telaga Sarangan yang mengering sehingga tampak seperti pantai itu terekam dalam video yang dibagikan admin akun Instagra, @magetanbanget, Sabtu (9/10/2021).

Video itu memperlihatkan bibir telaga yang mengering tampak ditumbuhi rerumputan. Jika biasanya warga hanya bisa berjalan-jalan di area paving block telaga, kini mereka bisa duduk-duduk santai di area telaga yang mengering tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sarangan dadi pantai mergo banyune surut,” demikian keterangan video yang ditulis admin Instagram @magetanbanget.

Baca juga: Inilah WADA yang Bikin MotoGP di Sirkuit Mandalika Terancam Batal

Sejumlah warganet tampak kaget melihat fenomena Telaga Sarangan mengering dan tampak seperti pantai itu. “Mosok kayak gitu sekarang,” komentar @mstrexjatega.

“Airnya surut malah semakin dingin kalau malam,” sambung @nurrahmah.safitri.

“Terakhir ke sana airnya penuh dan dingin,” imbuh @donita4756.

Sebagai informasi, fenomena surutnya air di Telaga Sarangan merupakan hal yang lazim terjadi di musim kemarau. Hal ini disebabkan sedimentasi telaga yang berada di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, itu semakin parah. Akibatnya, fungsi telaga sebagai penampung air tidak maksimal karena penurunan kapasitas.

Baca juga: Siap-Siap Lur, Wisata Air Cokro Tulung di Klaten Kembali Dibuka

Dikutip dari Antara, pada 2019 lalu Kabid SDA Dinas PUPR Magetan, Yuli Iswahyudi, mengatakan sedimentasi telaga disebabkan erosi tanah dari pegunungan serta sampah yang mengendap di dasar telaga. Selama ini Dinas PUPR telah melakukan filterisasi air di Dam Ngluweng sebagai penanganan sedimentasi Telaga Sarangan.

Akan tetapi sampai saat ini Dinas PUPR belum berani melakukan normalisasi telaga alami tersebut. Sebab, mereka tidak memiliki peralatan pengeruk sampah dan tanah di dasar telaga.

Baca juga: Sepi Banget, Seperti Ini Penampakan Telaga Sarangan Saat PPKM Darurat

Berdasarkan pengalaman Solopos.com, Telaga Sarangan merupakan salah satu objek wisata terkenal di kawasan Gunung Lawu. Telaga alami yang berlokasi di Magetan, Jawa Timur, selalu ramai pengunjung, apalagi setiap akhir pekan maupun musim liburan.

Telaga ini menawarkan keindahan pemandangan yang sangat asri dengan udara sejuk. Pengunjung biasanya menjelajahi Telaga Sarangan menumpang speed-boat dengan biaya sewa sekitar Rp150.000 bisa mengangkut hingga enam orang.

Wisatawan juga bisa mencicipi aneka kuliner di warung pinggiran Telaga Sarangan. Pengunjung juga bisa menginap di beberapa penginapan di sekitar Telaga Sarangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya