SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati suasana GL Zoo saat uji coba operasional wisata di masa penerapan PPKM level 3. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Objek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) atau Kebun Binatang Gembira Loka Jogja memutuskan hanya buka di akhir pekan yakni pada Sabtu dan Minggu di masa uji coba pembukaan wisata selama PPKM. Tinggrinya biaya operasional menjadi alasan kebijakan ini diambil selain karena masih sepinya wisatawan.

“Mulai Senin pekan depan GL Zoo tidak buka penuh, tapi hanya buka dua kali dalam sepekan, Sabtu dan Minggu saja. Ini untuk mengurangi beban operasional yang kami tanggung,” kata Direktur Utama GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo, Jumat (24/9/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kurang lebih hampir dua pekan pelaksanaan uji coba operasional wisata di DIY, GL Zoo menilai kunjungan wisatawan belum memuaskan. Hal ini karena proses pemindai wisatawan melalui aplikasi Pedulilindungi dan berujung banyak yang ditolak masuk. Sebelumnya, destinasi wisata ini buka setiap hari kecuali Jumat. Harga tiket yang diberlakukan yakni Rp60.000 pada Senin-Kamis dan Rp75.000 di akhir pekan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

“Setelah uji coba selama 10 hari ternyata pengunjung yang bisa masuk rata-rata per hari tidak lebih 70 orang,” kata Joko.

Menurut dia, penyebab dari minimnya jumlah pengunjung selama masa uji coba tersebut karena anak usia di bawah 12 tahun tidak bisa masuk lantaran belum divaksin. Mereka yang tak lolos aplikasi PeduliLindungi jumlahnya bahkan mencapai lima atau enam kali dari yang lolos masuk per harinya.

“Kalau yang bisa masuk hari itu 30 orang, berarti yang ditolak sekitar 200 an orang, karena orang tua biasanya bawa anak kecil yang belum vaksin,” ucap Joko.

Tersaring PeduliLindungi

Dia menyadari pentingnya peraturan pemerintah yang mewajibkan wisatawan lolos aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk selama masa uji coba pembukaan destinasi wisata. Kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 masih harus diantisipasi meski kasus kian melandai. Penerapan pemindai melalui aplikasi itu juga untuk mencegah pengunjung dari luar daerah berbondong-bondong menuju objek wisata dan akan menimbulkan kerumunan.

Baca Juga: Bawa Anak Kecil, Pengunjung Gembira Loka Zoo Jogja Balik Kanan

“Kami bukan memprotes kebijakan itu. Kami tetap mendukung kebijakan pemerintah,” ungkapnya.

Dengan operasional hanya di akhir pekan, manajemen mencoba untuk menawarkan pilihan wisata yang menarik bagi pengunjung. Nantinya pengunjung pada pagi mulai pukul 06.00 Wib hingga 08.00 Wib GL Zoo membuka kegiatan olahraga bagi mereka yang gemar olahraga pagi.

“GL Zoo sudah beberapa pekan ini uji coba kegiatan olahraga pada Sabtu dan Minggu. Selama dua jam mulai pukul 06.00 Wib pagi kami buka untuk olahraga outdoor. Tidak hanya olahraga bersepeda, tapi juga bisa joging di tempat wisata ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya