Terbebani Biaya Operasional, Gembira Loka Zoo Hanya Buka Akhir Pekan

Gembira Loka Zoo mulai pekan depan hanya buka pada Sabtu dan Minggu.

 Pengunjung menikmati suasana GL Zoo saat uji coba operasional wisata di masa penerapan PPKM level 3. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati suasana GL Zoo saat uji coba operasional wisata di masa penerapan PPKM level 3. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Objek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) atau Kebun Binatang Gembira Loka Jogja memutuskan hanya buka di akhir pekan yakni pada Sabtu dan Minggu di masa uji coba pembukaan wisata selama PPKM. Tinggrinya biaya operasional menjadi alasan kebijakan ini diambil selain karena masih sepinya wisatawan.

“Mulai Senin pekan depan GL Zoo tidak buka penuh, tapi hanya buka dua kali dalam sepekan, Sabtu dan Minggu saja. Ini untuk mengurangi beban operasional yang kami tanggung,” kata Direktur Utama GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo, Jumat (24/9/2021).

Kurang lebih hampir dua pekan pelaksanaan uji coba operasional wisata di DIY, GL Zoo menilai kunjungan wisatawan belum memuaskan. Hal ini karena proses pemindai wisatawan melalui aplikasi Pedulilindungi dan berujung banyak yang ditolak masuk. Sebelumnya, destinasi wisata ini buka setiap hari kecuali Jumat. Harga tiket yang diberlakukan yakni Rp60.000 pada Senin-Kamis dan Rp75.000 di akhir pekan.

Baca Juga: Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

“Setelah uji coba selama 10 hari ternyata pengunjung yang bisa masuk rata-rata per hari tidak lebih 70 orang,” kata Joko.

Menurut dia, penyebab dari minimnya jumlah pengunjung selama masa uji coba tersebut karena anak usia di bawah 12 tahun tidak bisa masuk lantaran belum divaksin. Mereka yang tak lolos aplikasi PeduliLindungi jumlahnya bahkan mencapai lima atau enam kali dari yang lolos masuk per harinya.

“Kalau yang bisa masuk hari itu 30 orang, berarti yang ditolak sekitar 200 an orang, karena orang tua biasanya bawa anak kecil yang belum vaksin,” ucap Joko.

Tersaring PeduliLindungi

Dia menyadari pentingnya peraturan pemerintah yang mewajibkan wisatawan lolos aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk selama masa uji coba pembukaan destinasi wisata. Kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 masih harus diantisipasi meski kasus kian melandai. Penerapan pemindai melalui aplikasi itu juga untuk mencegah pengunjung dari luar daerah berbondong-bondong menuju objek wisata dan akan menimbulkan kerumunan.

Baca Juga: Bawa Anak Kecil, Pengunjung Gembira Loka Zoo Jogja Balik Kanan

“Kami bukan memprotes kebijakan itu. Kami tetap mendukung kebijakan pemerintah,” ungkapnya.

Dengan operasional hanya di akhir pekan, manajemen mencoba untuk menawarkan pilihan wisata yang menarik bagi pengunjung. Nantinya pengunjung pada pagi mulai pukul 06.00 Wib hingga 08.00 Wib GL Zoo membuka kegiatan olahraga bagi mereka yang gemar olahraga pagi.

“GL Zoo sudah beberapa pekan ini uji coba kegiatan olahraga pada Sabtu dan Minggu. Selama dua jam mulai pukul 06.00 Wib pagi kami buka untuk olahraga outdoor. Tidak hanya olahraga bersepeda, tapi juga bisa joging di tempat wisata ini,” katanya.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Pelaksanaan PTM Tingkat SMP Di Kulonprogo Sudah 90 Persen

Capaian angka sebesar 90 persen untuk pelaksanaan PTM di level SMP menjadi angin segar dunia pendidikan di Kulonprogo.

Besok, Sekolah-Sekolah di Sleman yang Gelar PTM akan Di-Swab

Disdik Sleman akan menggelar sampling tes swab bagi siswa dan guru di sekolah yang menggelar PTM. Tes swab ini akan digelar di tiga kapanewon (kecamatan).

Covid-19 Melandai, Penumpang KRL Jogja-Solo Capai 5.488 Orang Per Hari

Jumlah penumpang KRL Jogja-Solo mengalami peningkatan signifikan imbas dari penurunan kasus harian Covid-19 di Kota Jogja dan Solo.

Resmi Dab! Anak Usia 12 Tahun di Sleman Boleh Berwisata & ke Bioskop

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman secara resmi telah mengizinkan anak usia 12 tahun ke bawah masuk ke tempat wisata dan nonton bioskop.

Pelaku Tabrak Lari di Sleman Tertangkap, Ini Identitasnya

Polres Sleman akhirnya menangkap pelaku tabrak lari yang menewaskan seorang perempuan di daerah Moyudan.

Korban Tabrak Lari di Sleman Meninggal, Pelaku Tinggalkan Mobil di SPBU

Seorang perempuan di Sleman, Yogyakarta, menjadi korban kecelakaan tabrak lari hingga meninggal dunia.

Buron 8 Tahun Kasus Korupsi Dana Gempa Bantul Ditangkap di Hotel

Buron 8 tahun terkait kasus korupsi dana program rehabilitasi rekonstruksi gempa Bantul tahun 2006, Lilik Karnaen, 64, ditangkap di salah satu hotel di Bandung, Selasa (19/10/2021) pukul 05.30 WIB.

Buron 14 Tahun, Maling Dana Bantuan Gempa Jogja Ditangkap

Terpidana kasus korupsi program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-gempa Jogja pada 2007 silam, Liliek Karnaesn, 64, ditangkap setelah 14 tahun buron.

140 Bus Wisata Coba Masuk Jogja pada Akhir Pekan

Sekitar 140 unit bus pariwisata mencoba masuk ke Kota Jogja pada akhir pekan lalu.

Hujan Deras & Angin Kencang Landa Jogja, Sejumlah Daerah Banjir

Hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Jogja, Senin (18/10/2021) menyebabkan banjir dan baliho rusak di sejumlah lokasi.

Pedagang Daging Anjing asal Sragen Divonis 10 Bulan Penjara

Pedagang daging anjing asal Sragen, Jawa Tengah (Jateng) dinyatakan bersalah atas kasus penyelundupan puluhan anjing oleh Pengadilan Negeri (PN) Wates, Kulon Progo.

Nani Satai Beracun Mengaku Menyerahkan Diri, Bukan Ditangkap Polisi

Fakta baru terungkap dalam persidangan kelima kasus satai beracun dengan terdakwa Nani Apriliani Nurjaman di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Senin (18/10/2021).

Promosikan Budaya, Bandara YIA Pamerkan Karya Seni Rupa

seniman seni rupa dari DIY dan Kabupaten Purworejo menggelar acara pameran seni rupa di terminal keberangkatan Yogyakarta International Airport (YIA).

Program MBKM, Mahasiswa ITNY Susun Digitalisasi Peta Desa di Bantul

Melalui kegiatan Membangun Desa/KKN Tematik MBKM, mahasiswa berpartisipasi dalam membantu penyusunan site plan, profil desa, maupun digitalisasi peta desa.

Cegah Laka Air, Warga Harus Memahami Karakteristik Sungai

Pengetahuan tentang kondisi sungai penting diketahui sebelum melalukan aktivitas di sekitarnya agar tidak terjadi laka air.