SOLOPOS.COM - Penampakan tikungan 10 di Sirkuit Internasional Mandalika. (Antara Foto/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, LOMBOK — Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) disebut memiliki tikungan terbanyak di dunia. Di antara 17 tikungan yang dimiliki, tikungan 10 dikatakan sebagai andalan. Kenapa?

Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (7/10/2021), top speed pembalap akan terjadi di tikungan 10. Kecepatan laju sepeda motor di tikungan tersebut bisa mencapai 320km/jam, mantap bukan?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto, mengatakan momen ini akan menjadi laboratorium uji coba berbagai faktor penting di sepeda motor. Tikungan inilah yang menjadi salah satu unggulan Sirkuit Internasional Mandalika.

Baca juga: Guyonan Gus Dur Soal Lumpur Lapindo, Receh Tapi Bikin Ngakak

Dikutip dari Antara, Sirkuit Mandalika yang dijuluki The Flowing Circuit atau sirkuit mengalir menjadi tantangan bagi para pembalap untuk memacu adrenalin dan keterampilan balapan. MGPA menyebut tantangan terberat berada di tikungan 10 Sirkuit Mandalika.

Akan tetapi di balik bahayanya, Sirkuit Mandalika menyuguhkan panorama alam yang begitu indah, sehingga pengalaman menonton balapan akan terasa semakin berkesan.

Baca juga: Ada Bahaya Likuifaksi di Sirkuit Mandalika, Ini Solusi Pengelola

Seperti diketahui, sirkuit jalan raya Mandalika memiliki lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan. Ketika tidak ada balapan, fasilitas tersebut akan berubah fungsi menjadi jalan raya biasa. Bayangkan bagaimana rasanya melintas di jalan raya balap kelas MotoGP dan Superbike? Menarik bukan?

Lapisan aspal paling atas di sirkuit tersebut menggunakan jenis aspal terbaik yang dipesan dari Inggris. Jenis aspal ini memiliki membuat jalanan lebih mulus dan anti-selip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya