SOLOPOS.COM - Ilustrasi penasaran (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Banyak yang penasaran apa sih artinya istilah Tikus Pithi Anoto Baris?

Menurut terjemahannya dalam bahasa Jawa, tikus pithi merupakan sejenis tikus yang memiliki bentuk fisik kecil dan hidup di pohon serta makan buah-buahan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara itu, diberitakan Solopos.com sebelumnya, tikus pithi juga disimbolkan sebagai rakyat jelata yang memiliki angan-angan dan cita-cita untuk meraih mimpi.

Baca Juga: Jenang Bekatul dan Burung Tekukur, Cikal Bakal Lahirnya Karanganyar

Namun, mimpi itu tidak pernah terwujud karena ulah para penguasa yang korupsi dan bertindak semaunya sendiri. Akibatnya, rakyat kecil ini pun bersatu mencari jalan untuk menentukan hidupnya sendiri guna menggapai impian.

Seorang budayawan, Sujiwo Tejo mengatakan, artinya Tiku Pithi Anoto Baris sebagai kalimat yang menggambarkan ketamakan manusia dalam sistem yang kendur.

Baca Juga: Profil Ustaz Abdul Somad, Ulama yang Diisukan Ditangkap Densus 88

Menurutnya, tikus pithi bisa dimaknai sebagai pemberontakan rakyat dari penjuru Nusantara.

Istilah Tikus Pithi Anoto Baris ternyata juga masuk dalam salah satu mitos dalam Ramalan Jayabaya.

Baca Juga: Mbah Dipo Telah Tiada, Siapa Pengganti Juru Kunci Gunung Semeru?

Sujiwo Tejo dalam tulisannya berjudul Waspadai Ramalan Ke-7 Joyoboyo menafsirkan ramalan ketujuh Joyoboyo itu sebagai barisan pemberontakan rakyat nusantara dari berbagai penjuru.

Sebagai informasi, Ramalan Jayabaya telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Jawa sebagai mitos. Munculnya kepercayaan terhadap ramalan itu terjadi karena masyarakat Jawa yang memiliki ilmu titen dan kebiasaan menghubungkan peristiwa dengan ucapan para pujangga alias othak-athik-gathuk.

Baca Juga: Misteri Peri Cantik Penggoda di TPU Bonoloyo Solo, Pernah Diisengin?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya