SOLOPOS.COM - Ilustrasi Akses Wifi dan LIfi (Techcrunch)

Solopos.com, SOLO – Wifi menjadi senjata utama bagi sebagian orang yang aktivitasnya ditunjang koneksi internet. Berikut cara untuk menghindari aksi pembobolan wifi.

Ada empat hal yang penting diperhatikan untuk menghindari aksi pembobolan wifi. Empat hal tersebut sebagiamana cara yang dibagikan Dittipidsiber Bareskrim Polri melalui unggahan di akun Twitternya, Kamis (28/10/2021).

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Baca Juga: Chat Histroy WhatsApp iPhone Kini Bisa Dibedol ke HP Android

Pertama, wifi sangat memungkinkan dibobol apabila sistem keamanan wifi pada perangkat anda lemah. Ada ciri yang layak dicurigai saat aksi pembobolan dilakukan, kecepatan internet menurun alias lemot dan kuota lebih cepat habis dibanding penggunaan normal.

Dittipidsiber Bareskrim Polri menganjurkan menerapkan cara sederhana untuk menghindari kerugian itu. Pertama adalah menyetel pengaturan wifi.
Caranya adalah masuk pada fitur setelan wifi pada perangkat yang digunakan dan mengatur router nirkabel pada wifi. Tentu saja setelan disesuaikan dengan provider jaringan internet yang digunakan.

Baca Juga: Curang, 2 Add-on Diblokir Mozila Firefox

Berikutnya tak perlu malas mengganti password atau kata kunci. Aktifkan password dan beri variasi untuk mempersulit pembobol wifi dalam mendeteksinya. Dittipidsiber Bareskrim Polri menyarankan kombinasi huruf besar dan kecil serta angka maupun simbol pada pemilihan password.

Langkah ke tiga adalah menggunakan teknologi password terbaru yakni dengan WPA2. Dittipidsiber Bareskrim Polri merekomendasikan sistem kemananan tersebut karena telah menggunakan teknologi enkripsi standar aman untuk penggunaan wifi.

Baca Juga: 7 Juta Lebih Anak Muda Alami Pelecehan di Game Online

Sebagai informasi, metode enkripsi untuk pengaturan nirkabel antara lain WEP, WPA dan WPA 2. Untuk jurus terakhir menghindari pembobolan wifi adalah mematikan fitur WPS pada pengaturan wireless router.

Kenapa demikian, Dittipidsiber Bareskrim Polri mengungkapkan ada beberapa software yang bisa membantu peretas membaca pin WPS. Untuk itu, mematikan setelan password pada wifi adalah cara alternative menghindari pembobolan tanpa password.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya