Jatim
Kamis, 18 April 2024 - 21:17 WIB

Puluhan Ribu Orang Kunjungi Ngawi saat Lebaran, Ini Tempat Wisata Tervaforit

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Air Tejun Srambang Park. (ngawikab.go.id)

Solopos.com, NGAWI – Sebanyak 71.043 wisatawan mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, selama musim libur Lebaran 2024. Tempat wisata Air Terjun Srambang Park menjadi yang paling favorit dikunjungi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Ngawi, Wiwien Purwaningsih, mengatakan selama masa libur Lebaran pada 29 Maret hingga 17 April 2024, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Ngawi sebanyak 71.043 orang. Puluhan ribu orang itu mengunjungi di 18 destinasi wisata yang tersebar di Ngawi.

Advertisement

Terdapat tiga lokasi wisata utama yang tingkat kunjungannya terbanyak. Yakni wisata air terjun Srambang Park di Kecamatan Jogorogo, Kebun Teh Jamus di Kecanatan Sine, dan Taman Wisata Tawun Ngawi.

“Untuk jumlah kunjungan di Srambang Park mencapai 15.000 orang pada H+3 dan H+4 Lebaran 2024. Di Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi juga terpantau banyak, namun laporannya belum masuk,” kata dia, Kamis (18/4/2024).

Wiwien menjelaskan jumlah kunjungan wisatawan pada libur Lebaran kali ini lebih tinggi dibandingkan dengan momentum yang sama di 2023. Sesuai data, pada libur Lebaran 2023, jumlah kunjungan wisata di Ngawi tercatat sekitar 46.000 orang.

Advertisement

Dia menambahkan banyaknya kunjungan wisatawan selama libur Lebaran 2024 tersebut, secara otomatis berdampak pada pelaku usaha di sekitar objek wisata mulai kuliner, oleh-oleh, hingga jasa sewa wahana yang ada di sekitarnya.

Pihaknya terus mendorong para pelaku wisata untuk berinovasi dan berkreasi guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Ngawi.

Di samping itu, dinasnya juga intensif melakukan pembinaan dan pendampingan terutama terhadap para pelaku desa wisata yang dikelola BUMDes agar tempat usahanya tetap eksis.

Advertisement

“Dinas juga menarik wisatawan dengan promosi dan menggelar kegiatan hiburan, utamanya di tempat wisata Taman Tawun yang dikelola pemda. Dinas juga melakukan perbaikan sarana dan prasarana di lokasi wisata setempat untuk menambah kenyamanan wisatawan saat berkunjung,” katanya yang dikutip dari Antara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif