Lifestyle
Rabu, 1 Mei 2024 - 23:16 WIB

Ini Penyebab Tubuh Terasa Pegal saat Bangun Tidur

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bangun tidur. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketika bangun tidur di pagi hari, semua orang pasti mengharapkan badan dan pikiran menjadi kembali segar agar siap menghadapi hari. Meski begitu kadang kala walau sudah tidur dengan cukup tapi saat bangun tidur tubuh malah terasa pegal.

Hal ini tentu membuat seseorang frustasi. Untuk menghindari otot dan sendi terasa sakit, ketahuilah alasannya di info sehat kali ini. Menurut psychologytoday.com yang dikutip pada Minggu (28/4/2024) terdapat berbagai alasan yang mungkin menyebabkan hal ini terjadi. Mulai dari perlengkapan tidur yang digunakan hingga penyebab lain seperti inflamasi pada tubuh.

Advertisement

Berikut ini beberapa penyebab serta penjelasan dari tubuh pegal saat bangun tidur dan cara mengatasinya:

1. Perlengkapan tidur

Ketika merasa pegal saat bangun tidur, hal pertama yang dapat diperiksa adalah perlengkapan tidur, seperti matras dan bantal. Nyaman atau tidaknya tempat tidur hanya bisa dirasakan oleh Anda sendiri.

Advertisement

1. Perlengkapan tidur

Ketika merasa pegal saat bangun tidur, hal pertama yang dapat diperiksa adalah perlengkapan tidur, seperti matras dan bantal. Nyaman atau tidaknya tempat tidur hanya bisa dirasakan oleh Anda sendiri.

Beberapa hal yang perlu diingat untuk penggunaan matras yang nyaman adalah matras harus memberikan kenyamanan dan dapat menopang tubuh Anda. Kasur yang bagus ialah yang menopang tubuh keseluruhan dan tidak membuat pinggul tenggelam. Selain itu ia memungkinkan untuk memberikan kenyamanan pada titik-titik tekanan seperti lutut, pinggul, bahu, dan kepala serta membiarkan otot-otot Anda untuk rileks terutama pada punggung.

Selain kasur, bantal juga berpengaruh terhadap tidur. Bantal yang tepat dapat memberikan perbedaan pada kualitas bangun tidur seseorang. Bantal mempunyai peran untuk menyelaraskan tulang belakang leher Anda agar tidak ada ketegangan atau tekukan pada otot leher saat tidur.

Advertisement

2. Peradangan dan masalah tidur

Penyebab berikutnya tubuh terasa pegal saat bangun tidur adalah peradangan. Peradangan kronis dan secara berlebihan diketahui sebagai penyebab penyakit, berkurangnya aktivitas fisik, dan penuaan dini. Akibat beberapa faktor yang mungkin terjadi, peradangan dapat menjadi penyebab bangun tidur tak nyaman dan merasa  kurang istirahat.

3. Terluka dan sakit

Ketika sakit atau sedang terluka, tubuh merespon dengan inflamasi. Ini dapat menyebabkan sakit dan ketidaknyamanan yang mungkin menganggu bagaimana saat Anda tidur dan membuat sakit fisik dan kaku saat bangun tidur. Ini terjadi jika Anda sedang melawan demam atau  terkilir pada pergelangan kaki dan penyakit lebih serius serta kronis lain, termasuk radang sendi.

Hal yang dapat dilakukan untuk hal ini dengan mengobati kondisi tersebut. Ini akan membantu tidur lebih baik dan mengurangi ketidaknyamanan dan kelelahan saat bangun tidur.

Advertisement

4. Penuaan

Penyebab berikutnya mengapa tubuh terasa pegal saat bangun tidur adalah efek penuaan. Penuaan muncul sebagai hasil dari inflamasi dan penyebab dari inflamasi itu sendiri. Sistemik, inflamasi tingkat rendah menjadi lebih umum dengan usia. Begitu pula rasa kaku, sakit, dan tak segar pada pagi hari.

Hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi ini adalah dengan merawat diri Anda, secara fisik dan mental. Atur stress, jaga berat badan yang sehat, dan aktif secara fisik. Jadikan kesehatan sebagai hal utama dengan mengunjungi dokter Anda secara rutin.

5. Terlalu sedikit atau banyak olahraga

Penelitian menunjukan bahwa olahraga meningkatkan kualitas tidur sepanjang kehidupan. Ia juga mengurangi sakit fisik ketika tidur dan menurunkan tingkat kelalahan di siang hari.

Advertisement

Berolahraga terlalu banyak atau terlalu intens dapat menyebabkan cedera, peradangan, dan nyeri yang mengganggu tidur. Cedera berlebihan yang terkait dengan olahraga menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Olahraga sangat baik untuk tubuh, kesehatan, dan tidur, tetapi jika Anda berolahraga terlalu keras atau terlalu sering kemungkinan Anda akan merasakan beberapa efek negatif, termasuk saat tidur dan rasa sakit di pagi hari, dan sepanjang hari.

Untuk itu National Institutes of Health  dan American Heart Association merekomendasikan paling tidak 150 menit olahraga setiap pekan untuk orang dewasa yang sehat atau 30 menit sehari selama 5 hari dalam sepekan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif