News
Selasa, 19 Maret 2024 - 08:44 WIB

Solopos Hari Ini : Prabowo-Gibran Sulit Dikejar

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (19/3/2024).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang perolehan suara calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, terlihat sudah sulit dikejar oleh kedua pasangan lainnya berdasarkan hasil terakhir rekapitulasi suara nasional yang dipantau pada Senin (18/3/2024), diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (19/3/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, hingga Minggu (17/3/2024) malam, dari proses rekapitulasi yang sedang berjalan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengesahkan 33 dari 38 provinsi di Indonesia. Dua provinsi yaitu Provinsi Papua Barat Daya dan Jawa Barat dijadwalkan mengikuti rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional pada Senin malam, di mana hingga berita ini diturunkan hasil akhirnya belum dapat diketahui.

Advertisement

Sedangkan pada Selasa (19/3/2024) ini KPU akan menyelesaikan rekapitulasi suara tiga provinsi yang tersisa yaitu Maluku, Papua, dan Papua Pegunungan.
Ketua KPU, Hasyim Asy’ari di Kantor KPU, Jakarta, Senin, juga menjelaskan pihaknya sudah menyelesaikan semua rekapitulasi tingkat nasional penghitungan perolehan suara dari luar negeri di 128 wilayah panitia pemilihan luar negeri (PPLN) pada hari ke-20 rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU, Jakarta, Senin.

”Dengan demikian setelah digabungkan semua 128 PPLN, jumlah pengguna hak pilih dari daftar pemilih tetap [DPT], daftar pemilih tambahan [DPTb], daftar pemilih khusus [DPK] total 687.978,” ujar Hasyim. Hasyim menyebut pula KPU akan langsung menetapkan hasil Pemilu 2024 begitu rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional selesai.

Advertisement

”Dengan demikian setelah digabungkan semua 128 PPLN, jumlah pengguna hak pilih dari daftar pemilih tetap [DPT], daftar pemilih tambahan [DPTb], daftar pemilih khusus [DPK] total 687.978,” ujar Hasyim. Hasyim menyebut pula KPU akan langsung menetapkan hasil Pemilu 2024 begitu rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional selesai.

Dia mengatakan penetapan hasil Pemilu 2024 tidak perlu menunggu sampai batas akhir sampai tanggal 20 Maret 2024. Hal ini berkaca pada Pemilu 2019 yang penetapannya satu hari lebih cepat. ”Sebagaimana Pemilu 2019 batas akhir penetapan hasil Pemilu 2019 adalah 22 Mei 2019, tapi bisa ditetapkan 21 Mei 2019,” jelasnya.

Demo Kader PDIP Tanyakan Kejelasan Nasib Caleg

SUKOHARJO—Pertanyaan-pertanyaan mengenai nasib dua calon anggota legislatif (caleg) asal PDIP yang diisukan tak lolos ke DPRD Sukoharjo akhirnya berujung dengan aksi unjuk rasa seribuan kader PDIP dari Kecamatan Weru, Kecamatan Baki, dan Kecamatan Mojolaban.

Advertisement

”Kami sudah berdarah-darah dan berjuang all out demi memenangkan PDIP dalam pemilu. Tapi caleg yang masuk empat besar justru batal dilantik menjadi anggota DPRD Sukoharjo,” kata Ketua Ranting PDIP Desa Karangtengah, Kecamatan Weru, Didik Rudiyanto, dalam orasinya di depan Kantor KPU.

Kadin Minta Pemerintah Konsisten

JAKARTA—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta pemerintahan yang baru nanti konsisten menjaga upaya keberlanjutan kemandirian alat kesehatan (alkes) melalui penerapan peraturan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

“Melalui penerapan TKDN secara konsisten, ekosistem industri alkes akan terbangun secara otomatis dan efek berganda di rantai pasok industri alkes akan segera terbentuk melalui terbentuknya industri pendukung industri alkes,” kata Ketua Komite Tetap Alat Kesehatan KADIN Indonesia Bidang Kesehatan, Randy H. Teguh, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Advertisement

Kementerian Perindustrian telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 31 Tahun 2022 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Tingkat Komponen dalam Negeri Alat Kesehatan dan Alat Kesehatan Diagnostik In Vitro. Peraturan tersebut, kata Randy, menggabungkan unsur pengembangan produk dan biaya produksi untuk membentuk nilai akhir TKDN.

Umat Hindu Kini Punya Sekolah Khusus

JAKARTA—Kementerian Agama (Kemenag) meresmikan pendidikan Widyalaya yang merupakan satuan pendidikan umum dengan ciri khas agama Hindu. Para orang tua yang beragama Hindu diminta mulai menyekolahkan anak-anak mereka di Widyalaya.

Selanjutnya, sebanyak 105 pasraman formal dari 34 provinsi di Indonesia telah resmi beralih menjadi pendidikan Widyalaya. Sekolah Widyalaya ini terdiri atas jenjang paling rendah, yaitu dari pendidikan usia dini hingga sekolah menengah atas atau setingkat SMA.

Advertisement

“Saya ucapkan selamat dan saya kira ini tepat disyukuri bersama. Ini menjadi ajang untuk berlomba-lomba memajukan kualitas di bidang pendidikan,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal (Plt. Sekjen) Kemenag Abu Rokhmad mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (19/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif