Jateng
Rabu, 8 Mei 2024 - 20:05 WIB

Namanya Dicoret dari DCT, Caleg Terpidana Kasus Pemilu Gugat KPU Purworejo

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada Bantul. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo digugat oleh calon anggota legislatif yang menjadi terpidana kasus tindak pidana pemilu, Muhammad Abdullah, di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang. Muhammad Abdullah tidak teirma namanya dicoret dari daftar caleg tetap peserta Pemilu 2024.

Juru bicara Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang, Elwis Pardamaian Sitio, membenarkan gugatan yang dilayangkan caleg DPRD Kabupaten Purworejo dari Partai NasDem tersebut.

Advertisement

“Gugatannya sudah masuk dan mulai disidangkan,” katanya, Rabu (8/5/2024).

Menurut dia, penggugat meminta PTUN untuk membatalkan Surat Keputusan KPU Kabupaten Purworejo Nomor 1530 Tahun 2024 tentang Perubahan DCT Anggota DPRD Kabupaten Purworejo dalam Pemilu 2024.

“SK KPU tertanggal 16 Februari 2024 tersebut mencoret nama penggugat dari DPT,” kata dia yang dikutip dari Antara.

Advertisement

Dia mengatakan persidangan perkara itu dilakukan melalui mekanisme e-court, kecuali saat pemeriksaan saksi.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi Jawa Tengah menjatuhkan hukuman percobaan kepada caleg DPRD Kabupaten Purworejo Muhammad Abdullah dalam kasus tindak pidana pemilu

Dalam putusan banding, Pengadilan Tinggi menjatuhkan putusan enam bulan penjara dengan ketentuan pidana tersebut tidak perlu dijalani kecuali dalam masa satu tahun percobaan terdakwa melakukan lagi tindak pidana yang bisa dipidana.

Advertisement

Putusan pidana tersebut lebih berat dari vonis Pengadilan Negeri Purworejo yang menjatuhkan hukuman tiga bulan penjara. Abdullah terbukti melanggar Pasal 493 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Politikus Partai NasDem itu terbukti telah melakukan kampanye dengan melibatkan anak di bawah umur dan rekaman videonya disebarkan melalui media sosial.

Berdasarkan putusan tersebut, Muhammad Abdullah dicoret dari DCT berdasarkan SK KPU Kabupaten Purworejo setelah pemungutan suara pemilu pada 14 Februari 2024.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif